Advertisements
2018 Honda CB1000R

Honda CB1000R is Back, Nih 13 Ubahan Totalnya!

New Feature

 

Assist-Slipper Clutch

 

2018 Honda CB1000R

 

Dan setelah penantian panjang selama 10 tahun – seperti di CBR1000RR Fireblade – akhirnya kita bakal menemui fitur assist-slipper clutch di Honda CB1000R terbaru. Assist clutch berfungsi untuk membuat pengoperasian kopling menjadi sangat ringan.

Sementara slipper clutch berfungsi untuk membuat proses perpindahan transmisi (upshift & downshift) jadi jauh lebih mulus lantaran efek back torque yang tereliminir… Fitur yang bakal sangat berguna di motor berkapasitas gambot, dengan kopling yang terkenal berat & keras.

 

Sistem Elektronik Terbaru

 

 

Selain bakal menggunakan sistem Throttle Ride-by-Wire laiknya Superbike CBR1000RR Fireblade, Flagship Super-Naked Honda kini juga mendapat sistem elektronik canggih laiknya kompetitor! Honda CB1000R kini berbekal 4 mode berkendara, yakni Standar, Sport, Hujan, dan Custom pilihan rider yang dapat disesuaikan.

Thanks untuk Ride-by-Wire & Sistem ECU terbaru, aspek performa lainnya juga dapat disesuaikan dengan taste rider masing-masing. Honda telah memberikan akses kepada rider untuki menyesuaikan output power mesin, engine brake, serta kontrol traksi… Fitur turunan yang menarik dari Sang Fireblade!

 

Dual-Channel ABS

 

 

Kalau di generasi sebelumnya, ABS dijual sebagai opsi terpisah – maka kini setelah ada peraturan EURO4, Rem Anti-Lock Brake System bakal menjadi standar di Honda CB1000R 2018. Apaan sih keunggulan Dual-Channel ABS, dibanding Single-Channel ABS biasa, Kang Eno? Simpelnya, Dual-channel ABS merupakan penyempurnaan (versi advanced) dari Single-channel ABS yang biasanya dipakai motor entry-level.

Detailnya, Dual-Channel ABS tak hanya bekerja laiknya ABS standar, tapi juga menggabungkan antara rem depan dan belakang sekaligus. So, kinerja-nya jadi lebih kompleks, lebih rumit, dan harganya juga jadi lebih mahal ketimbang ABS Single-channel biasa! Nah, dengan adanya sistem kerja tadi, hasilnya rider nggak perlu ragu untuk menekan rem depan ataupun belakang, ataupun keduanya – karena bekerja berbarengan kok!

 

Power-to-Weight Ratio

 

2018 Honda CB1000R

 

Meski hanya bertambah sekitar 20 HP dibanding power maksimum versi lawas, namun pengurangan bobot total Honda CB1000R terbaru yang mencapai 8 Kg (dari semula 220 Kg ke 212 Kg), membuat sang flagship CB-series terbaru ini memiliki power-to-weight ratio yang 82% lebih baik dibanding pendahulunya!

Artinya apa? Yup, sang super-naked flagship yang kini bertampang retro modern tak hanya punya estetika yang jauh lebih baik… Tapi sekaligus juga menawarkan sensasi akselerasi, handling serta kelincahan bermanuver yang jauh lebih baik!

 

Advertisements

6 comments

Tinggalkan Balasan