Advertisements
Honda CRF150L Indonesia

Please Welcome: All-New Honda CRF150L, Dual-Sport Paket Komplit!

Setelah ditunggu-tunggu sejak beberapa bulan lalu, dual-sport terbaru Honda CRF150L akhirnya resmi dirilis. Mengusung banderol lebih murah dari KLX 150, sebagus apa sih CRF terbaru ini?

 

 

9 tahun pasca Kawasaki KLX 150 dirilis dan melenggang sendirian dipasar Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya meluncurkan lawan sepadan – berlabel All-New Honda CRF150L… Bukan cuma sepadan, CRF150L bahkan mampu ‘mengejek’ kompetitornya tersebut, dengan modal desain, harga (value) & fitur yang ditawarkan.

 

Honda CRF150L Indonesia

 

Mengusung tagline “Take You to Off Fun Ride”, Honda CRF150L hadir dengan penyematan desain terbaru, fitur unggulan terbaru, dan basis mesin yang terkenal bandel & minim perawatan. Berbeda dengan perkiraan EA’s Blog sebelumnya, styling CRF150L ternyata dibuat identik dengan kedua kakaknya, CRF250L & CRF450L… Nggak jauh beda dari versi prototypenya, bukan berbasis mocin seperti dugaan (buruk) sebelumnya.

 

 

‘Isi’ nya terbilang komplit… Pecinta roda 2 yang seneng baca-baca brosur pasti bakal seneng deh! Diluar kekurangan estetika sasisnya yang masih menggunakan tipe double-cradle trandisional, Honda CRF150L sudah dibekali dengan suspensi upside down 37mm besutan Showa, plus Monoshock (Pro-link) di belakang.

Detailnya juga bukan kabar baik bagi fans KLX150, pasalnya CRF150L mengusung speedometer full-digital, raiser setang yang bisa diubah maju-mundur sesuai selera (nggak perlu beli raiser tambahan), serta minus spion bulat yang merusak pemandangan. Sementara di sektor kaki-kaki, Honda CRF150L hadir dengan bekal velg alumunium (21 & 18 inci), cakram ‘wavy disc’ (240 & 220 mm), tromol model belimbing – yang dibalut ban dual purpose berlabel IRC Trail.

 

Honda CRF150L Indonesia

 

Berbicara soal mesin, nah ini yang agak tricky. Pasalnya, Honda CRF150L menggunakan tipe mesin yang ibarat bumi-langit dengan kompetitor dari geng-ijo. Meski sama-sama berspek SOHC 2-Valve, Berpendingin Udara – tapi CRF150L pakai mesin dengan pengabut bahan bakar fuel-injection (PGM-FI), berbeda dengan KLX 150 yang masih pakai karburator tradisional.

Lebih baik mana sih, Kang Eno? Nanti kita bahas ya, sekaligus karakter mesinnya yang (secara mengejutkan) berbeda dari Verza 150…!

 

 

Diluar perbandingan basis mesin tersebut, Honda CRF150L menang telak dari dual-sport geng-ijo! Dari sisi performa, CRF mampu mengail power maksimum 12,7 HP @ 8.000 RPM serta torsi 12,43 N.m @ 6.500 RPM – jauh lebih unggul dari KLX 150 yang hanya mampu mengail power maksimum 11,5 HP & torsi 11,3 N.m. Begitupun dengan sparepartnya… Lantaran mengusung mesin berbasis Verza 150, otomatis Honda CRF150L bakal punya subtitusi part yang jauh lebih bejibun (dan murah) dibanding sang KLX.

Berkat pengabutan BBM yang jauh lebih presisi dengan bantuan fuel-injection, Honda mengklaim CRF150L memiliki konsumsi bahan bakar mencapai 39,3 km/liter… Melalui metode pengetesan EURO 3, dengan menggunakan metode pengetesan ECE R40.

 

Honda CRF150L Indonesia

 

Dengan target penjualan mencapai 35.000 unit pertahun, Honda CRF150L dibanderol Rp. 31.800.000 – dengan pilihan warna cuma satu, khas CRF-series, yakni Extreme Red (Merah-Putih). Kalau dibandingkan dengan kompetitor, harga ini lebih murah Rp. 1 jutaan dibanding KLX 150 BF yang kini dibanderol Rp. 32,8 jutaan (OTR Jakarta)… Di luar daerah, selisih harganya mungkin bisa sampai 1,5-2 jutaan nih! Youknowlah, ‘penyakit’ khas ala geng-ijo.

Dan kalau berminat menyaingi KLX BF SE (Rp. 34,4 jutaan) yang sudah berbekal aksesoris resmi, konsumen juga bisa order Honda Genuine Accessories berupa Bar Pad (hiasan stang), Heel Guard (pelindung kaki), Skid Plate (cover engine bawah), dan Rear Rack (rak barang belakang) – yang tersedia dengan harga (HET) Rp. 100.000 hingga Rp 850.000.

 

 

Untuk First Impression & Test Ride Spesial Honda CRF150L bakal kita bahas di artikel selanjutnya ya! Stay tuned bareng EA’s Blog…!

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

21 comments

  • ARV

    belum ada komentar nih kang?

  • silent reader

    Yg di modif super moto asli ane demen bener dah .. ane jual k45a buat ganti in apa ya .. cape nungging mulu hahaha

  • Manusia pada hakikatnya

    Bang eno.. Untuk tinggi 165cm nyampe ngak tuh kira kira bang?

  • Click!

    Hmmm.. Tp kl buat saya bentuk cylinder block dan head yg tampak plek verza itu menciderai penampilan. Terlalu manis utk motor off road dan kurang nyambung dgn desain crankcase yg cukup garang. Juga desain muffler hitam legam yg keliatan cheap.
    Lainnya keliatanya OK punya

  • B460NG

    Yaa… mau gak mau… si CRF ini udah jadi trendsetter baru dunia garuk tanah di Indonesia… ane sih berharap Si KLXnya Geng Ijo segera dapat penyegaran,… begitu juga Si Oranye Lokal…. dan juga Pabrikan S dan Y segera bergabung dalam permainan… dengan DR n WR seriesnya…

  • GeGe

    KLX 150 bakalan sulit ngembangin mesin baru kalo ga ada common-part ama type lain. palingan nanti bakal update jadi KLX 175 (pake mesin W175). atau mungkin update mesin KLX 150 bakal jadi karena ada New Ninja 150?

  • topman

    buat komenters, jangan nanyak ketinggian, ini motor trail woyy…
    kalo KLX menang di sasis makanya banyak engine swap, berjalannya waktu apa ya kelemahannya CRF…

  • m3gtr

    “Berbeda dengan perkiraan EA’s Blog sebelumnya, styling CRF150L ternyata dibuat identik dengan kedua kakaknya, CRF250L & CRF450L…”

    koreksi kang, CRF250R sama CRF450R

  • rein

    buat yg galau tinggi 165 cm pake trail udah pede aja penting yakin, ane juga 165 cm pake R1 2007 aja enjoy wkwkwkwk
    pake motor yg ground clearance tinggi itu fun kok asal gak pecicilan bawa trabas juga ok kok sekalian buat hobi baru

    • armandx3m

      Betul. Ane juga 165, pake motor custom yg roda dpn blkg R18 dengan ban profil tinggi plus shock tinggi. Pede aja. Yang penting ati2 n ngga pecicilan

  • rifkiplick

    tumben2 nya artikel “just info” semacam blog2 kondang lain…
    biasanya “nyacat” kalo gak “muji”…
    jujur, sy paling suka sm kang eno & om leo yg suka ngablak

Tinggalkan Balasan