Advertisements
Generasi Honda CB-series

Revolusi Desain Honda CB-Series Semakin Dekat?

Hadirnya Honda CB150R Exmotion & Project NSC (calon Honda CB1000R terbaru) mengindikasikan perubahan konsep dasar Honda CB-series… Dari motor streetfighter modern, menjadi sosok motor Retro-modern yang kekinian!

 

 

Honda CB-series adalah salah satu family motor tertua, paling terkenal, dan paling laris di dunia – yang masih diproduksi hingga artikel ini ditulis. Usianya bahkan lebih tua dari orang tua saya. Dan selama lebih dari 1/2 abad masa baktinya tersebut, banyak banget tipe yang jadi trendsetter hingga paling laris seantero jagad raya.

 

Generasi Honda CB-series

 

Di Eropa & Amerika, Honda CB750 jadi superbike pertama yang mengusung mesin 4 silinder modern. Di Jepang, Honda CB400 Super Four jadi legenda hingga saat ini. Sementara di Indonesia, sosok CB-series berkapasitas mungil (CB100 & CB200) jadi idola di eranya masing-masing… Belum termasuk negara lain yang juga punya cerita tersendiri bareng sport Honda ini. Bukan melebihkan, cuma menggambarkan betapa masifnya jangkauan sang CiBi.

 

 

Balik ke era 1960-an silam, Honda CB-series lahir sebagai motor sport yang memegang teguh tradisi mesin 4-tak modern… Tipenya Soichiro Honda banget deh! Meskipun diasapi sport bermesin 2-tak yang lebih powerful, lebih kencang, dan lebih exciting, namun Honda CB nggak goyah. Bahkan, sampai artikel ini ditulis, CB-series masih mengusung konsep ramah lingkungan seperti para pendahulunya. And never changed!

 

CB7502

The Legendary, Honda CB750 Four!

 

Dulu, jaman dimana Aura Kasih belum lahir, Honda CB-series terkenal sebagai motor sport 4-stroke bertampang klasik yang elegan, dan nggak terlalu agresif laiknya kompetitor. Tapi diawal 2000-an, konsepnya berubah! Hadirnya seabrek streetfighter bertampang agresif membuat CB-series dipaksa mengikuti arus, dan merubah filosofi desainnya… Dari motor sport yang elegan, menjadi streetfighter yang tajam, sporty, dan agresif.

 

 

Dimulai dari CB600F Hornet, kemudian CB1000R, kemudian CB250F Twister di Amerika Latin, CB160R Hornet di India, CB250R di Jepang, CB300R di Thailand, CB650F di Eropa, hingga All-New CB150R Streetfire di Indonesia. Semuanya punya kesamaan, yakni bermodal desain streetfighter yang sporty dan futuristik. Sukses kah? Ternyata nggak semuanya.

 

Honda CB1000R

Honda CB1000R, nggak jelek sih… Cuma gimanaaaa gitu.

 

Dikelas flagship, Honda CB1000R babak belur digempur Yamaha MT-10 & Suzuki GSX-S1000 yang jauh lebih menarik. Dikelas middleweight, Honda CB650F tak berdaya melawan Yamaha MT-07 & Kawasaki Z650 yang jauh lebih populer. Dikelas 250-400cc, Honda CB300R jadi bulan-bulanan Yamaha MT-03 & KTM RC390.

Bahkan di Indonesia, Honda CB150R Streetfire generasi awal hancur lebur dibabat New Vixion Lightning beberapa tahun lalu – sebelum direfresh menjadi All-New CB150R Streetfire.

 

2017 Honda CB650F EICMA 2016

 

Kenapa? Karena somehow, desain Streetfighter Honda terlalu “datar” jika dibandingkan dengan kompetitor. Tak ada kesan greget, sekalipun sudah dibantu dengan part ciamik & mesin mumpuni. Diperparah lagi, harganya juga nggak bisa dibilang lebih murah dari pesaing!

Coba lihat Yamaha, mereka sukses membuat MT-series yang masih seumur jagung (jika dibandingkan CB-series) jadi streetfighter terpopuler di dunia dengan konsep desain keren, mesin sensible & harga bersaing. Tapi perubahan konsep desain dari Honda? It didn’t work!

 

Honda CB150R EXMOTION 21

Dan yang satu ini puncaknya, Honda CB150R Exmotion! Coba lihat dengan teliti kemiripan sang Exmotion dengan 3 motor konsep diatas…

 

Akhirnya pada tahun 2017 ini, EA’s Blog melihat ada perubahan konsep Honda CB-series! Persis seperti perubahan konsep sportbike Honda beberapa tahun lalu (yang ternyata kejadian beneran, berubah total). Indikasi awalnya bisa dilihat sejak setahun yang lalu, kala Honda menghadirkan seabrek konsep motor custom classic yang keren. Namun puncaknya ada di momen perilisan Honda CB150R Exmotion di Thailand beberapa waktu lalu… Yang beda banget dari seluruh generasi Honda CB-series sebelumnya.

 

 

Berbalut desain berkonsep Neo Cafe Racer, Honda CB150R Exmotion hadir dengan kombinasi tampang motor klasik dan modern. Lampunya bulat tapi sudah LED, Bodinya ala cafe racer tapi dengan shape yang tetap beraroma modern, dan banyak fiturnya yang bahkan belum ditemui di kompetitor sekelas. Nggak heran kalau motor yang menghabiskan Rp. 2,4 Miliar untuk proses developmentnya ini mendapatkan banyak apresiasi dari pecinta roda 2. Termasuk saya.

 

Honda - Project N.S.C

Honda – Project NSC

 

Dan kabar baiknya nggak berakhir di CB150R Exmotion… Lewat pameran Tokyo Motor Show 2017, Honda juga memperkenalkan Project NSC (Neo Sport Cafe) yang rumornya bakal jadi basis untuk generasi Honda CB1000R terbaru. Yang bikin tambah menarik, desainnya ternyata punya konsep yang sama persis dengan sang adik berkapasitas mungil, CB150R Exmotion. Mulai dari body ala cafe racer modern, lampu bulat LED, hingga fitur yang seabrek banyaknya…!

Ini tentu jadi kabar baik bagi Brosist sekalian para fans Honda CB-series. Nampaknya Honda bakal merubah konsep CB-series modern, dari streetfighter menjadi motor retro modern yang jauh pebih eyecatching! Persis seperti yang mereka lakukan pada Honda CBR-series pada tahun 2015 lalu!

 

Honda CB150R Streetfire Special Edition Stallion Black

Bagaimana dengan yang satu ini?

 

Apakah Honda CB150R Streetfire juga bakal kebagian update yang serupa? Seharusnya sih YES… Tapi, mengingat Honda di Indonesia kadang suka melakukan hal nyeleneh, yang bahkan kadang susah banget dicerna akal sehat. So, nggak nutup kemungkinan juga nantinya namanya dirubah menjadi Honda Streetfire. And…….. You know lah bagaimana endingnya.

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

12 comments

Tinggalkan Balasan