Advertisements
Honda Grazia

Honda Grazia, Skutik India yang Lebih Mirip Penerus Vario 150 eSP!

Kombinasi antara eleganisme Honda Air Blade dan praktikalisme Honda Vario 150 eSP? Oh yes! Tapi sedihnya, motor yang berlabel Honda Grazia ini, bukan untuk Indonesia…

 

 

Yang satu ini bakal jadi skutik mid-end terbaru pabrikan berlogo sayap mengepak. Bukan Vario, bukan pula PCX… Bukan di Vietnam, bukan pula di Indonesia. Melainkan perpaduan antara desain sporty Honda Air Blade Vietnam, dengan eleganisme ala Vario 150 Indonesia – yang dipadukan dalam sosok Honda Grazia India.

 

Ini desain skuter matik India secara keseluruhan...

Ini desain skuter matik India secara keseluruhan…

Honda Grazia

Sementara ini desain Honda Grazia…

 

Sosok skutik yang sebentar lagi dirilis Honda Motorcycle Scooter India (HMSI) ini benar-benar bikin kejutan. Nggak cuma bagi Indonesia, tapi juga bagi media India yang biasanya selalu update berita terbaru – tapi nggak satupun yang mengindikasikan kehadiran Honda Grazia. Faktanya, skutik ini nggak cuma bikin kejutan secara kehadiran, tapi juga dari desain & detailnya.

 

 

Seperti yang bisa Brosist saksikan sendiri, desainnya bak gabungan antara Honda Air Blade Vietnam & Vario 150 eSP Indonesia. Dengan desain lampu LED & bodi depan yang elegan, serta dek rata & buritan sporty ala Vario 150. Secara visual, Honda Grazia jauh lebih menarik dibanding skuter matik khas India yang biasanya dibekali desain membulat a’la Vespa klasik… Lebih mirip skutik ASEAN (Vietnam, Thailand & Indonesia) dibanding skutik India.

 

Honda Grazia

 

Sementara detail lainnya juga nggak kalah menarik. Ada cluster speedometer kombinasi digital, velg 12 inci, cakram depan dengan fitur Combi Brake System (CBS), dan body belakang yang mirip banget kayak Vario 150. Nggak ketinggalan, ada juga bagasi depan yang menyembunyikan fitur baru bernama socket charger… Which is good!

 

 

Sementara dari sisi dapurpacunya, Honda Grazia dirumorkan bakal menggunakan mesin 125cc yang identik dengan sesama skutik India lainnya, Honda Activa 125. Mesin tersebut masih sekelas dibawah jantungpacu yang diusung oleh Vario 125 eSP – lantaran hanya berbekal pendingin udara, serta hanya mampu memuntahkan power maksimum 8,5 HP. Jauh lebih inferior dari basic mesin Vario 125 yang sudah berpendingin cairan serta mampu mengail tenaga hingga 11,2 HP.

 

 

Mungkinkah Honda Grazia bakal jadi basis desain untuk Vario 150 edisi facelift kedepannya, Kang Eno? Nggak menutup kemungkinan kok! Meskipun sebenarnya PT. AHM agak sulit ditebak. Karena faktanya, Honda Vario 150 eSP dirumorkan bakal mendapat rombakan tahun depan – demi mengejar value yang dimiliki Yamaha Aerox 155 VVA. Nah, benar-benar sebuah kebetulan kan?

 

 

Apalagi banyak part milik Honda Grazia yang identik dengan Vario 150 eSP (coba lihat body samping & buritannya). Plus, sudah dibekali dengan lampu LED & speedometer digital yang memang dirumorkan bakal digunakan di Vario 150 Facelift. Tapi yang paling ditunggu – menurut EA’s Blog – adalah perpaduan antara Air Blade & Vario 150… That would be a game changer, yang bakal membuat Aerox 155 VVA nggak berkutik meskipun fiturnya bejibun.

Seperti namanya, Grazia, yang apabila ditranslate dari bahasa Italia berarti rahmat, atau belas kasih…

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

3 comments

Tinggalkan Balasan