Advertisements
Honda Super Cub - Takahiro Hachigo

Catatkan Rekor Penjualan 100 Juta Unit, All Hail Honda Super Cub!

Di Indonesia, Honda BeAT terjual 2 juta unit pertahun, dan sejauh ini terjual lebih dari 10 juta unit di tanah air. Tapi, skutik entry level tersebut sama sekali belum mendekati angka penjualan motor Honda terlaris di dunia, Honda Super Cub.

 

 

So, ada yang penasaran berapa data penjualan Honda Super Cub sejauh ini? 10 juta unit, atau mungkin 20 juta unit? No. Selama masa baktinya, Honda Super Cub telah terjual lebih dari 100 juta unit diseluruh penjuru dunia. Yes, seratus juta unit!

Sebagai gambaran betapa masifnya penjualan tersebut… Kalau dikumpulkan dalam satu tempat, seluruh Super Cub yang telah terjual bisa menutup separuh proyek kota kontroversial baru bernama Meikarta. Crazy, isn’t it?

 

Honda Super Cub

 

Secara pencapaian, Honda Super Cub adalah tonggak sejarah yang luar biasa bagi pabrikan berlogo sayap tunggal. 100 juta unit tentu hal yang sama sekali nggak mudah untuk diraih… Honda BeAT Indonesia bahkan butuh 45 tahun lagi untuk mencapai angka yang serupa! Dan nggak satupun produk kompetitor yang bahkan mendekati angka tersebut. Tapi, tahukah Brosist – yang spesial dari Super Cub bukan cuma soal angka.

 

 

Honda Super Cub pertama, C100, dibangun pada bulan Agustus 1958 di pabrik Yamamoto Honda di utara Tokyo. Sejak momen bersejarah tersebut – Super Cub masih dijual hingga artikel ini ditulis, dan telah diproduksi di 16 pabrik di 15 negara di seluruh dunia. Itu artinya motor bebek paling legendaris di Dunia ini telah diproduksi selama hampir 60 tahun! Lebih tua dibanding kedua orang tua saya sekalipun.

 

 

Iklan Honda Super Cub

Iklan Honda Super Cub Jadul

 

Sejak pertama dirilis, konsep utama Honda Super Cub tak pernah berubah hingga saat ini. Sosoknya tetap dikenal sebagai motor bebek yang mudah digunakan, sangat tangguh, sparepart ada dimana-mana, bahkan terkenal sebagai motor yang susah rusak! Super Cub menjadi inspirasi pengembangan motor bebek modern Honda.

Desainnya juga sangat ikonik, saking ikoniknya pada tahun 2014 motor bebek ini menjadi kendaraan pertama yang mendapatkan registrasi merek dagang tiga dimensi di Jepang.

 

Honda Super Cub - Takahiro Hachigo

Honda Super Cub – bareng Bos Besar Honda, Takahiro Hachigo

 

Merayakan pencapaian 100 juta unit penjualan tersebut, Honda turut mengadakan upacara khusus di Pabrik Kumamoto, yang juga dihadiri oleh Presiden dan CEO Honda, Takahiro Hachigo. Bos besar Honda tersebut berkomentar:

 

“Honda Super Cub, yang diciptakan di Jepang, mewujudkan semangat Honda untuk melayani orang-orang di seluruh dunia dengan sukacita untuk memperluas kehidupan mereka. Potensi dengan mengejar pengembangan produk tanpa kompromi, dengan kemudahan konsumen sebagai yang paling diutamakan. Akibatnya, seri Super Cub telah lama dinikmati oleh pelanggan di seluruh dunia dan mampu mencapai tonggak 100 juta unit dalam produksi kumulatif di seluruh dunia. Honda akan terus berada di garis depan perubahan zaman dan berusaha untuk menawarkan produk yang melampaui harapan pelanggan kami. ”

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

6 comments

  • jimmoth

    Pertama bonceng motor ya motor ini, pertama naik motor ya motor ini…

  • Ceberus

    Andai masih dijual di indo, pasti masih banyak yg minat, banyak jg kok penduduk sini yg suka model* klasik, hehehe..

    Emang kalo soal mesin sih gausah ditanya, durable banget cuy! Dan ini motor pelopor the real “kuda besi”

  • Kalo Honda C70, Astrea 700/800 itu masuk klan SuperCub juga nggak kang?

  • mesinnya msh dipakai sampe sekarang di generasi Revo dan Supra X, konon katanya sangat kuat dan cepat klo di oprek tp kenapa dikancah balap nasional nyungsep semua yak ampe manggil orang jepang (HRC) buat tuning blade tp tetep keok ama Jupe Burhan, bahkan takluk ama Kawasaki Kaze dan Edge…

    ???

  • Tony mbeler

    Di Jepang motor ini masih dilestarikan sebagai motornya pak pos…khas banget suaranya…

Tinggalkan Balasan