Advertisements
Suzuki Burgman 400

Damn, Suzuki Burgman 400 Terbaru Makin Cakep Euy!

Bermodal rombakan desain terbaru, perbaikan handling, tambahan fitur anti maling, plus peningkatan kapasitas bagasi, Suzuki Burgman 400 terbaru akhirnya dilepas kepasaran!

 

 

Dalam 1/2 dekade terakhir, Suzuki jadi merek motor terakhir yang saya andalkan kalau ada debat desain sepeda motor. Saking anehnya, Brosist mungkin perlu aspirin & paracetamol hanya untuk memikirkan bagaimana caranya desain tersebut diapprove oleh Suzuki. Tapi, please, berikan sebuah pengecualian untuk Suzuki Burgman 400 Terbaru!

 

Suzuki Burgman 400

Looks good, isn’t it?

 

Diklaim sebagai pelopor maxi-scoot dunia (mungkin Suzuki nggak kenal ada merk bernama Honda), generasi Suzuki Burgman 400 versi lawas bukanlah tipe maxi-scoot idaman EA’s Blog. Desainnya terlalu rounded, membulat, dan terkesan ‘gendut’. Beberapa orang bilang desain seperti ini elegan, tapi menurut saya: boring as hell! Tapi thanks untuk rombakan total di bagian body, Suzuki Burgman 400 Terbaru kini nggak malu-maluin lagi.

 

 

Tampilan bagian depan hingga buritannya dibuat sedikit lebih sporty, lebih nungging, tapi nggak terlalu over tajam laiknya Yamaha XMAX 400 – which i don’t like it. Dimensinya tetap gambot ala maxi-scoot, tapi nggak terlihat over gendut seperti Honda Forza 300 yang minim lekukan body.

In fact, Suzuki Burgman 400 Terbaru bak kombinasi keduanya, dengan tambahan warna hitam matte yang ciamik plus kelir velg merah yang nampak kontras dengan body… Rasanya seperti lihat desain Satria RU LSCM, simpel, nggak neko-neko, tapi luar biasa cantik. God, i love this one!

 

Suzuki Burgman 400

Lampunya sudah LED, dan desainnya makin sporty

 

Ada beberapa ubahan detail lainnya juga, seperti lampu utama, sein & stoplamp yang kini telah menggunakan LED, velg depan lebih lebar, plus ubahan lain yang mendukung pengurangan bobot hingga 7 kg dibanding edisi lawas. Makin keren + makin futuristik + makin ringan = 2 jempol keatas.

 

Suzuki Burgman 400

Mesin 400cc, DOHC 4-Valve (Overbore) milik Suzuki Burgman 400

 

Mesinnya? Well, masih tetap silinder tunggal, DOHC 4-Valve, berkapasitas 400cc (karena namanya juga Burgman 400). Mesin berkonfigurasi overbore ini diklaim mampu memuntahkan power maksimum 30,8 HP @ 6.300 RPM… Bukan angka yang spesial, karena ZED yang cuma berkapasitas 250cc punya power yang nggak jauh beda.

Tapi jangan underestimate mesin selonjorannya, torsi maksimumnya tercatat di angka 36 N.m dengan putaran mesin yang cuma 4.800 RPM… Menggunakan rumus matematika blo’on ala EA’s Blog, itu artinya Suzuki Burgman 400 terbaru 70% lebih bertorsi dari CBR250RR, dengan putaran mesin yang cuma setengahnya. Dan klaim efisiensi BBM-nya mencapai 30 Km/L – which means, berpotensi lebih irit dari CBR250RR.

 

 

Untuk melengkapi semuanya, fiturnya juga ditambah. Contohnya seperti bagasi bawah jok yang kini mampu menampung 42 liter, belum ditambah 2 bagasi tambahan di depan dengan kapasitas 6,3 liter plus socket charger 12V untuk cas smartphone atau GPS. Intinya, meskipun nggak dibekali dek rata – dengan ukuran bagasi gigantic diatas – maxi-scoot ini tetap mampu bawa beras satu karung tanpa kesusahan.

 

 

Penggunanya juga nggak perlu khawatir aksi curanmor lantaran sudah dibekali sistem kunci kontak yang bahkan lebih memusingkan dibanding GSX-R150… Suzuki menyebutnya SAIS (Suzuki Advanced Immobilizer System). Karena bukan cuma dibekali sistem keyless laiknya baby-gixxer, Suzuki Burgman 400 terbaru juga punya pengunci switch magnetic yang cuma bisa dibuka dengan remote kunci bawaan masing-masing unit.

Kalau masih gagal juga ngakalin otak curanmor, tenang, ada juga built-in chain lock – alias lokasi pengikat kunci tambahan yang dibolt langsung ke rangka Burgman 400 terbaru saat diparkir.  Jangankan maling yang gak ber-otak, saya aja ribet jelasinnya.

 

 

Suzuki Burgman 400 terbaru mulai dipasarkan ke dealer Eropa mulai hari ini. Di Inggris, harganya sedikit mengalami kenaikan menjadi £6,299 – atau bila dirupiahkan sekitar Rp. 112 jutaan. Jangan harap harganya bakal sama apabila maxi-scoot ini diboyong ke Indonesia, karena pajak motor mewah (diatas 250cc) bisa membuat harganya tembus 200 jutaan!

Tapi bukan itu yang diharapkan, melainkan Suzuki Burgman 400 terbaru ini bisa menjadi basis pengembangan desain bagi maxy-scoot 150-180cc Suzuki Indonesia yang kabarnya dipersiapkan untuk tahun depan… Jangan kacaukan suasana lagi, Suzi!

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

16 comments

Tinggalkan Balasan