Advertisements
Sayang, nggak ada Scorpio warna pink. Karena bakal jadi match dengan foto ini...

Masih Adakah Harapan Bagi Yamaha Scorpio Reborn?

Era keemasan Honda Tiger & Yamaha Scorpio telah jauh berlalu. Tapi peninggalan keduanya masih ada, dan masih dikembangkan hingga saat ini – khususnya bagi sang kalajengking 225.

 

 

All-New Scorpio Z yang akrab disapa “Klingon” jadi tiket menuju alam baka bagi sang sport legendaris pabrikan berlogo garputala. Selain dibekali desain yang lebih konyol dibanding para pendahulunya, which makes no one bought it – Hadirnya New Vixion Lightning yang dibanderol lebih murah, lebih ganteng, lebih kaya fitur, dan nggak kalah secara performa, juga menjadi akhir era keemasan sang Scorpio.

 

Sayang, nggak ada Scorpio warna pink. Karena bakal jadi match dengan foto ini...

Sayang, nggak ada Scorpio warna pink. Karena bakal jadi match dengan foto bareng Jenny Cortez ini…

 

Meskipun masih ada beberapa stok produk yang dijual pada tahun 2014-2016 lalu (bahkan konon kabarnya masih ada sampai saat ini), tapi eranya sudah berakhir. Demikian pula dengan peninggalan mesin 225cc air-coolednya yang legendaris. Benarkah?

 

New Yamaha FZ25

Mesin Yamaha FZ25 adalah pengembangan dari mesin 225cc air-cooled Yamaha Scorpio. Lihat model mesinnya, sama persis bukan?

 

Bergeser 5.000 km ke arah barat daya Indonesia, di India, kondisinya justru berbeda 180Β°. Di Negeri Bollywood tersebut, mesin peninggalan Yamaha Scorpio justru menjadi nafas baru – baik bagi para penggemar motor sport disana, maupun bagi Yamaha India sendiri. Akhir tahun lalu, mereka merilis Yamaha FZ25, streetfighter gagah dengan jantung pacu berbasis Scorpio. Dan pintarnya, mereka nggak serta-merta copypaste mesinnya… Mereka mengupgradenya menjadi jauh lebih baik!

Pertama, diameter pistonnya dibesarkan 4mm sehingga menghasilkan kapasitas 249cc – bukan 225cc laiknya Yamaha Scorpio di Indonesia. Ubahan ini membuatnya punya power, serta torsi yang jauh lebih besar dibanding motor 150cc 4-Tak manapun yang dijual di Indonesia.

 

 

Kemudian, karburator Mikuni BS30 yang vampir BBM diupgrade menjadi Fuel Injection (Blue Core), membuat konsumsi bahan bakarnya tembus 35 km/l untuk city riding (40 km/l untuk penggunaan luar kota) saat dites media India… Bukan klaim sepihak dari Yamaha. Dan untuk tetap menjaga suhu optimal mesin, Oil Cooler juga turut disertakan. So, usernya nggak perlu repot modif oil cooler seperti yang kerap ditemui di user Yamaha Scorpio Indonesia.

 

New Yamaha FZ25 2

Yamaha FZ25 India

 

Dengan tambahan balutan desain yang modern dan ciri khas gambotisme ala India yang kental, FZ25 bukan cuma punya tampang lebih baik dari Yamaha Scorpio… Tapi juga satu keutuhan unit motor yang lebih advanced dibanding sang kalajengking 225cc. Streetfighter ini punya power-to-weight-ratio setara All-New R15, torsi yang 40% lebih besar, tapi konsumsi bahan bakarnya justru lebih irit.

 

Sketsa desain Yamaha Serrow 250 ala Young Machine

Sketsa desain Yamaha Serrow 250 ala Young Machine

 

Kembali bergeser 6.000 km ke arah timur laut Indonesia, di Jepang, Yamaha Motor Co. Ltd juga mulai menyadari betapa vitalnya upgrade yang dilakukan Yamaha India terhadap FZ25. Lebih menariknya, mereka bukan berniat menghadirkan sosok streetfighter tersebut ke Jepang – melainkan mencomot basis mesinnya ke genre motor yang menurut saya lebih cocok dan klop… Yes, adalah semi-trail 250cc dalam sosok Yamaha Serrow 250! Majalah Young Machine jadi yang pertama menginfokan hal tersebut.

 

 

Yamaha Serrow bukan nama baru bagi pabrikan garputala. Fans anime Bakuon juga pasti kenal motor yang satu ini. Faktanya, motor dual-sport tersebut adalah kembaran Yamaha Scorpio di Jepang dengan genre yang berbeda… Keduanya punya sejarah berbagi basis mesin yang sama.

Dan dengan hadirnya Serrow 250 yang berbasis mesin FZ25 di Jepang, tentu bakal jadi kabar yang sangat baik. Mengingat pabrikan garputala bakal punya 2 sosok Dual Sport 250cc yang berbeda tipe, WR250 & Serrow 250 – dimana WR250 ditujukan untuk para enthusiasts, sementara Serrow 250 bakal cocok untuk para penggemar trail yang lebih murah serta lebih mudah dalam perawatan. In fact, all Japanese love a cheap & cheerful sort of things.

 

New Scorpio

 

Balik ke Indonesia, bagaimana tentang masa depan Yamaha Scorpio ditanah air? Well, suram. Sampai artikel ini diterbitkan, nggak ada info sedikitpun mengenai rebornya sang Kalajengking legendaris. Tapi kabar baiknya, harapannya masih belum sepenuhnya berakhir… Karena di negeri nun jauh disana, peninggalan mesinnya tetap hidup – bahkan berhasil dikembangkan jadi sosok yang jauh lebih berkarakter dibanding Scorpio Z ‘Klingon’.

Pertanyaan terakhirnya: Mau dibawa kemana nasib Scorpio oleh Yamaha Indonesia?

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

21 comments

Tinggalkan Balasan