Advertisements
Kawasaki Ninja 250 Facelift

Kata Orang Jepang, Ninja 250 Facelift Masih 2 Silinder!

Nggak ada yang lebih menarik dibanding pembahasan calon motor 250cc paling hot ditahun 2018: Ninja 250 Facelift!

 

 

Untuk Brosist yang masih mengharapkan kehadiran Ninja 250 bermesin 4 silinder, simpan dulu mimpinya jauh-jauh. Ke bulan planet Pluto juga nggak masalah. Pasalnya, info dari Majalah Young Machine Jepang menyebutkan sosok Ninja 250 Facelift yang bakal dirilis nantinya masih mengusung mesin 250cc twin-cylinder (2 silinder)! Kabar baiknya, ada seabrek update yang juga bakal didapatkan sang Ninja.

 

Bocoran spyshot New Ninja 400 yang kepergok lagi syuting iklan...

Bocoran spyshot New Ninja 400 yang kepergok lagi syuting iklan…

 

Dilansir majalah Young Machine, sosok Kawasaki Ninja 250 Facelift nantinya bakal punya banyak kemiripan dengan Ninja 400 terbaru… Sementara Ninja 400 sendiri –  seperti yang kita lihat di spyshot iklan yang bikin heboh Amerika – bakal punya banyak kemiripan dengan New Ninja 650. Bingung karena muter-muter? Oke, gampangnya begini: urutan pengembangannya New Ninja 650 > Ninja 400 > Ninja 250 Facelift.

 

 

Oiya, Ninja 400 yang baru bukan seperti Ninja 400 edisi lawas yang mirip ER-6F loh ya. Mesin Ninja 400 yang baru ini lebih mirip pengembangan dari Ninja 300, sementara detailnya comotan dari Ninja 650… Nah, sportbike inilah yang nantinya bakal melawan kedigdayaan Yamaha YZF R3 di benua biru.

Intinya, kalau dilihat sih Kawasaki Heavy Industries di Jepang sepertinya ingin Ninja 250 Facelift, New Ninja 400, serta New Ninja 650 bukan cuma mirip secara tampilan, tapi juga secara konsep motor itu sendiri.

 

Kawasaki Ninja 250 Facelift

Begini nih sketsa desain Ninja 250 Facelift terbaru ala Young Machine… Gimana, cucok?

 

Sosoknya didesain mirip dengan sang kakak yang baru dirilis, Ninja 650. Dari bocoran sketsa desain diatas, bisa kita lihat sportbike 250cc geng-ijo ini bakal dibekali desain yang lebih tajam, sporty, serta agresif – dengan model headlamp yang makin tajam, serta bodi yang berubah total dibanding edisi lawas.

Detailnya pun bakal ikut mendapat banyak update. Yang paling kentara adalah swingarm belakang alumunium banana plus velg yang bermodel ala Ninja 650. Lebih menariknya lagi, ukuran velgnya pun dikabarkan bakal bertambah lebar – yang berarti bakal mengusung tapak ban yang juga lebih lebar.

 

Kawasaki Ninja 250 Facelift

Swingarm alumunium & velg New Ninja 650

 

Menurut sumber yang sama, Ninja 250 Facelift ini bakal menggunakan ban berukuran 120-150 di depan & belakang… Itu artinya lebih gambot dari CBR250RR! Cocok dengan wishlist kids jaman now, suka yang gambot-gambot. Saya tetap suka Aura Kasih, btw.

Satu hal yang disayangkan, suspensi depannya justru dikabarkan masih menganut model teleskopik standar… Belum menganut model upside down laiknya CBR250RR yang kini jadi trend dikalangan pecinta sportbike. Young Machine menjelaskan pemilihan suspensi depan teleskopik ini dilakukan oleh geng-ijo supaya bobot Ninja 250 terbaru tetap ringan dan mudah dalam hal perawatan. Oke, whatever Kawasaki, serah lu deh!

 

 

Sementara mesinnya, well, Ninja 250 Facelift besar kemungkinan bakal tetap mengusung mesin 249cc 2 silinder… So, (belum) pakai mesin 4 silinder seperti yang pernah digosipkan sebelumnya. Kabar baiknya, mesinnya bakal berbeda total dibanding edisi lawas! Mesin terbaru ini bakal mendapat rombakan total di bagian silinder head (klep digedein), intake & exhaust – yang membuat powernya bakal meningkat dibanding generasi sebelumnya yang hanya mampu mengail power 32 HP.

Yang paling menarik, geng-ijo ternyata juga bakal merombak sasis Ninja 250 lawas lho! Ini ditujukan supaya sang Ninja terbaru bisa memiliki bobot yang lebih ringan, serta handling yang jauh lebih baik dibanding edisi lawas. Denger Kawasaki bikin sasis mantep untuk motor sport 250cc itu kayak keajaiban dunia lho!

 

 

Power maksimumnya dikabarkan belum mampu menyamai bengisnya mesin CBR250RR (38 HP), akan tetapi topspeednya diberitakan bakal nggak jauh beda… Penasaran kenapa mesin 250cc twin STANDAR bakal susah mengakali power lebih besar dari CBR250RR? Kita bahas di next artikel.

Oh iya, semua yang dibahas tadi kata Young Machine Jepang loh ya. Soalnya saya belum lihat.

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

15 comments

  • ryan

    kalo gsxr kang?

  • Gobleh

    Kawasaki ini kalo masalah kubikasi selalu nyeleneh sendiri, tapi harga masih mepet-mepet rival. Benar-benar value yang menggoda.

  • silent reader

    Wah menarik nih utk artikel lanjutanya mang,berarti utk mesin std cbr250rr udah maks dong ya mang,ahh buat kawasaki tidak masalah spertinya menggunakan teleskopik,yg model skrg aja masih jd pemimpin pasar sport 250 haha

  • Malesin

    Clue:
    “Jadi new Ninja itu sebenarnya yang mana mas? 4 silinder, supercharged atau 2 silinder 250cc? Yang mana? Hmmm memangnya harus milih salah satu ya?”

    – Leopold S.

    • Marfuah MM

      Desain membosankan gitu2 aja gak ada yg wah.
      Cenderung bisa ditebak.
      Untung dah puluhan tahun dr model jadul taun 83 mpe sekarang & giliran update gitu2 doang.
      Najis ma merek 1 ini.
      Noh contoh pabrikan ember bekas ahm bikin ceboker 250 rr tampil keren sadis plus sasis bener2 terlihat kekar tur menyatu ma body alias fairing….!!!!
      Terlihat simpel langsing gak gembrot kek er250 kawak padahal 250 cc..!!!
      Gak rugi dibeli mahal2 nih ceboker 250rr..wkwkwkk

  • Renhan

    Jgn mudah percaya ama orang jepang mang, inget awal2 dulu ngaku saudara tua lho wkwkwkwk

  • Nury Fananto

    Perhatikan knalpot, buritan, dan segitiga ergonominya
    Mengacu rr mono kah?
    (Apalagi jika rangkanya teralis)

  • Vendeta

    Kang gak rame2 ikutan bikin artikel market share roda dua spt blog “kondang” yg lain?

  • Kayaknya strateginya kayak honda cbr150 mesin apa adanya inclass dgn ergonomi sport turing pulus desain agresif.

  • Topman

    jangan mimpi 4 cyl, usd aja ga dapet wkwkk
    btw bodi ninja series sekarang agak2 gimana gitu, hidung muncung banget ekor pendek, berasa bodinya lebih maju drpd motornya

  • adie

    4cyl tetap mungkin, tp 2 cyl adalah pilihan paling bijak kalau tujuan mereka adalah profit yng besar. 😀

    “Penasaran kenapa mesin 250cc twin STANDAR bakal susah mengakali power lebih besar dari CBR250RR? Kita bahas di next artikel.”

    Di tunggu kang next artikelnya. haha. 😀

  • Salam kenal, ane tunggu artikel selanjutnya kang, kayaknya lebih menarik lagi pembahasannya, walaupun saya masih punya motor klas metic, hehehe

  • uzhenk

    Berarti frame yang terbaru gak sekali gubrak langsung ambyar.. tuh mesin

    Kasian dulu temen, lagi parkir kesenggol buntut yang patah malah sambungan sasis tengah, alhasil itu mesin berhamburan.. mancawura

Tinggalkan Balasan