Advertisements
Seven Stars Honda CBR1000RR

Historical Livery: Seven Stars Honda!

Punya CBR warna hitam? Tapi bosen dengan inspirasi livery Repsol Winter Test yang pasaran? Tenang, ada inspirasi livery lainnya kok! Seven Stars Honda!

 

 

Livery ini jelas tak setenar Chesterfield Aprilia atau Repsol Winter Test yang terkenal lewat tontonan MotoGP – meskipun sama-sama berbasic warna hitam. Itu karena livery Seven Stars Honda terkenal di ajang Suzuka 8H Endurance Championship, bareng Honda CBR1000RRW (Race) generasi awal. Kayaknya dulu (seinget saya) nggak ada di TV, jadi nggak begitu populer. Beda kayak sekarang, youtube lebih dari TV. Katanya.

 

Seven Stars Honda CBR1000RR

 

Seven Stars itu merk apaan Kang Eno? Well, Seven Stars sendiri merupakan produsen rokok di Jepang… Persis seperti tim kenamaan era 90 sampai 2000’an seperti Camel Honda, Lucky Strike Yamaha, Rothmans Honda, dll. Ada Brosist yang pernah coba udud berlogo 7 bintang ini? Soalnya saya belum pernah.

 

Seven Stars Honda CBR1000RR

Tohru Ukawa – Seven Stars Honda Racing

 

Seven Stars Honda terkenal dengan livery dengan basic warna hitam di sekujur bodinya, plus aksen silver metalik tambahan di tangki bahan bakar. Decal Seven Stars, sponsor lain, plus grafis logo 7 buah bintang dengan warna putih nampak kontras dengan warna bodi yang gelap. Velgnya juga dikelir silver metalik, kelihatan cocok banget dipakai di Honda CBR1000RR Fireblade generasi awal.

 

 

Apa yang membuat livery ini terkenal seantero dunia, padahal ajang balapnya sendiri cuma terkenal di Jepang? Well, itu karena Seven Stars Honda adalah tim Factory HRC yang sukses menjuarai Suzuka 8H Endurance Championship pada tahun 2004 & 2005… Yes, back-to-back champions Bro! Ridernya adalah pebalap legend Jepang, Tohru Ukawa – beserta ‘golden boy’ HRC saat itu, Ryuichi Kiyonari.

 

 

Kabar ini kemudian menginspirasi sebuah produsen body aftermarket merilis bodykit Seven Stars Honda CBR1000RR Fireblade… Yang kemudian memancing para fans Fireblade di seluruh dunia (yang punya warna Fireblade hitam) untuk ikut memasang bodykit nya. And that’s it, akhirnya langsung terkenal!

Sayang, karena mulai dibannednya produsen rokok sebagai sponsor cabang olahraga dunia, akhirnya perlahan Seven Stars Honda pun hilang dari peredaran… Seperti halnya livery berbasis produsen rokok legendaris lain.

 

 

Gimana, ada yang terinspirasi modif cat hitam standar CBR150R, CBR250R atau CBR250RR jadi Seven Stars Honda? Dijamin, tampil beda deh…!

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist… 

 

 

Advertisements

9 comments

Tinggalkan Balasan