Advertisements
MadBoxer - Subaru Powered Motorcycle

MadBoxer, Motor Gokil Bertenaga Subaru WRX STI!

Apa jadinya bila mesin Flat Four 2,5 Liter Subaru WRX STI dipasang ke sepeda motor? Yup, motor gokil bernama MadBoxer adalah jawabannya!

 

 

Biasanya, jika kita ingin motor bermesin Boxer (Flat) Engine, pilihannya hanya ada Boxer Twin milik BMW R1200 series & atau Flat-Six milik Honda Goldwing. Tapi nggak lagi, karena pria berkebangsaan Selandia Baru, Ian McElroy, sukses menanamkan mesin Flat-Four 2,5 Liter Turbocharger ke motor ciptaannya yang bernama MadBoxer! Dan yang paling mencengangkan, MadBoxer ini lulus uji kelaikan jalan juga lho…!

 

MadBoxer - Subaru Powered Motorcycle

 

Selandia Baru kembali menelurkan sosok-sosok inovatif di kancah dunia roda 2. Setelah sebelumnya ada John Britten bareng Britten V1000 dan Chris Gordon bareng CGR500 – kali ini ada lagi Ian McElroy bareng MadBoxer. Tapi berbeda dengan kedua seniornya tersebut yang mendevelop motor berspek balap, Ian punya konsep sendiri dengan menggabungkan mesin mobil Subaru kedalam sosok motor yang nggak cuma nyeleneh, tapi juga kompleks dan memusingkan bahkan cuma dengan melihatnya.

 

 

Sama seperti pendahulunya dari Selandia Baru, MadBoxer juga merupakan motor yang butuh pengorbanan panjang untuk diselesaikan. Kisahnya dimulai pada tahun 2009, ketika seorang desainer bernama Ian McElroy bermain-main dengan software grafis desain grafis CAD… Dirinya penasaran, apakah mesin Flat-Four Subaru kesayangannya bisa dimuat dalam frame sepeda motor yang mungil. Dan jawabannya, nggak ada yang mustahil…!

So, setelah menyelesaikan desain grafis untuk bagian frame dan part-part lainnya, Ian McElroy membutuhkan bantuan builder kenamaan untuk mengubah konsep ciptaannya jadi motor yang nyata. Untungnya, ide McElroy ini mengundang banyak simpati dari para sesama pecinta roda 2. Tapi adalah sosok Marcel van Hooijdonk (mirip nama pemain bola euy, wkwkwk), yang bersedia membantu menyelesaikan proyek MadBoxer ini – secara finansial dan teknis.

 

MadBoxer - Subaru Powered Motorcycle

Momen pengerjaan MadBoxer yang membutuhkan waktu bertahun-tahun

 

Apa bagian pertama yang perlu perhatian khusus? Yup, tentu dapurpacunya. Mesin EJ25 – Flat Four 2457 cc 16 Valve – milik Subaru ini dikawinkan dengan turbo milik WRX STI, serta transmisi 2-percepatan semi-otomatis. Mesin tersebut kemudian dicustom untuk menghasilkan final gear bertipe rantai laiknya motor standar.

Belum diketahui output power mesinnya, yang jelas Subaru WRX STI 2,5 Liter standar punya power 300 HP dengan torsi luar biasa di angka 410 N.m… Angka torsi yang cukup untuk menggerakkan sebuah kapal perang standar.

 

MadBoxer - Subaru Powered Motorcycle

Maaf, jangan salah paham, tapi ini swingarm depan MadBoxer…

MadBoxer - Subaru Powered Motorcycle

Nah yang ini baru swingarm belakang….

 

Kerumitan selanjutnya adalah mendesain bagian kemudi MadBoxer. Setelah memindahkan tuas transmisi ke setang, Ian McElroy & van Hooijdonk kembali dipusingkan dengan desain suspensi depan hub center steering yang sangat kompleks… Tipe kemudi ini juga pernah digunakan di Yamaha GTS1000 & Elf-Honda Racing. EA’s Blog nggak paham seperti apa detail hub center steering di MadBoxer ini, tapi yang jelas ini proyek yang fuckin*g nightmare buat diselesaikan.

 

 

Untuk meminimalisir kerja, beberapa part dicomot dari motor sport Amerika, Buell Racing. Yang paling khas bisa Brosist lihat di bagian pengereman yang identik banget dengan motor sport Buell. Tangkinya juga mencomot milik Kawasaki. Meskipun demikian, seabrek part lainnya tetap dibuat secara custom lho!

Contohnya seperti swingarm (depan-belakang) trellis yang super eksotik, frame unik, serta tentunya sistem kemudi hub center steeringnya. Butuh waktu sekitar 8 tahun untuk mengkombinasikan semua part tadi kedalam sebuah motor bernama MadBoxer… Tapi hasilnya? Terbayar lunas Brosist!

 

MadBoxer - Subaru Powered Motorcycle

 

 

Berbobot sekitar 313,5 Kg, MadBoxer tentu bukan sosok motor yang ringan laiknya superbike ataupun touring bike. Tapi saat melihat ke-eksotikan sosoknya, dipadu performa mesin yang memiliki angka torsi berkali-kali lipat mesin motor standar – this thing is fuckin’ awesome!

Uniknya, bagian tersulit mendevelop motor ini menurut Ian McElroy bukan hanya datang dari spek & kerumitan pembuatannya. Menurutnya, yang lebih sulit adalah membuat MadBoxer lolos uji kelaikan motor di Selandia Baru. Yup, benar sekali… Motor yang satu ini statusnya fully Road Legal, dan bisa diproduksi masal juga lho! Gokil kan?

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist… 

 

 

Advertisements

14 comments

Tinggalkan Balasan