Advertisements
Zongshen RX4

Zongshen RX4, Kakak RX3 Siap Gempur Kelas A2!

Rilis motor 250cc yang dijual worldwide, kerjasama dengan produsen roda 2 legendaris Inggris (Norton) untuk memproduksi mesin 650cc, develop mesin 450cc Special Engine buat ikutan Rally Dakar 2017… Apalagi yang harus dibuktikan oleh Zongshen untuk mendapatkan atensi orang banyak? Yes, motor A2-license terbaru, Zongshen RX4!

 

 

Beberapa bulan pasca menandatangani kerjasama dengan produsen roda 2 Inggris, Norton, Zongshen kembali meluncurkan jagoan terbarunya yang bakal diekspor ke Asia, Australia & Eropa. Sosoknya merupakan saudara RX3 – atau yang dikenal di Indonesia dengan nama Viar Vortex 250. Namun kali ini Zongshen RX4 hadir dengan berkapasitas mesin jauh lebih besar, 450cc berpower 40 HP – atau setara motor A2-licensed di Eropa.

 

Zongshen RX4

 

Secara tampilan, Zongshen RX4 lumayan menggoda… Basic desainnya nggak jauh beda dari sang adik Zongshen RX3 Adventure. Bedanya, kalau RX3 mengcopy desain BMW GS jadul – maka Zongshen RX4 ini sudah dibekali dengan styling ala Beemer F800GS modern! Untuk menghindarkan dari jeratan kasus copypaste, Zongshen bahkan memberikan sentuhan grafis “GS” di bodinya. Ehem, uhuk…!

 

 

Dengan modal frame lebih kokoh, lampu depan LED asymmetric bergaya BMW R1200GS, suspensi depan upside down, dual cakram depan, Zongshen RX4 tentu bakal bikin ngiler para pengguna motor 250cc di tanah air… Termasuk pengguna moge 500-650cc yang fiturnya sebanyak genangan air di gurun sahara.

Masih kurang? Tuh lihat, ada tambahan kaliper cakram radial, ABS, plus aksesoris komplit seperti socket charger, box, panniers, engine cover, dll – yang bakal menunjang kemampuannya sebagai motor penjelajah. Lumayan lah, tinggal tambahin logo BMW jadi kelihatan kayak motor 200 juta… #eh

 

Zongshen RX4

 

Mesinnya juga nggak boleh dianggap remeh, Zongshen RX4 mengusung mesin 450cc, Liquid-cooled, yang dicomot langsung dari motor balap tim Zongshen Cyclone Racing Team di Rally Dakar 2017! Meski gagal mencatatkan hasil positif di ajang kenamaan tersebut – tapi yang patut digaris bawahi – keberanian Zongshen ikut serta berbuah manis bagi pengembangan mesin terbaru ini. Baik dari sisi material, spek maksimum, hingga durability.

 

Zongshen Dakar NC450

Zongshen Dakar NC450

 

Powernya diklaim mampu tembus 40,3 HP @ 8.000 RPM, dengan torsi badak diangka 37 N.m @ 7.000 RPM… Alias hampir 80% lebih njengat dibanding motor adventure bermesin 250cc! Sayangnya, berkat berbagai detail & fitur komplitnya, bobot Zongshen RX4 ikutan membengkak jadi sekitar 201 Kg, sekitar 20-30 kg lebih berat dibanding motor 250cc dengan genre yang serupa… Nggak usah hitung-hitungan power-to-weight ratio, CBR250RR tetap lebih joss kok! Wkwkwkwk…

 

 

Menurut rilis salah satu distributor motor Zongshen di Amerika Serikat, CSC (Callifornia Scooter Co. – yang sukses impor RX3, dan beberapa motor Zongshen lain), RX4 bakal meluncur di negeri paman sam paling lambat awal tahun 2018 mendatang… Itu artinya, pasar Eropa, Asia & Australia juga bakal kebagian juga tahun depan – mengingat statusnya memang sebagai motor ekspor… Bukan motor domestik. Akankah bakal di re-branding oleh Viar Indonesia, seperti kasus Zongshen RX3 yang di rebranding jadi Viar Vortex 250?

 

 

Peluangnya kecil tuh Brosist! Pasalnya, kapasitas mesinnya 450cc, yang berarti bakal terkena pajak barang mewah motor diatas 250cc. Artinya, harganya bisa melejit hingga 2 kali lipat jika diboyong ke Indonesia. Kita mah apa atuh, nggak kepengen moge 1000cc kok pak menteri… Mending jajanin Aura Kasih daripada isi bensin superbike. Penjenjangan sampai kelas A2 (40-45 HP) juga sudah cukup pak!

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

4 comments

Tinggalkan Balasan