Advertisements
CGR500 - V8 Engine

Chris Gordon CGR500: 8-Silinder, 9 Tahun Pengorbanan, 100% Masterpiece!

Buah Dari Kesabaran

CGR500: First Run!

 

 

Selesai mengerjakan proyek CGR500, motor balap bermesin 500cc V8 (8-silinder) ini pun langsung diuji kehandalannya oleh Juara Superbike Lokal Selandia Baru, Dennis Charlett. Tentu saja ada beberapa masalah yang ditemui, namun mesin ini sukses meraung hingga 18.000 RPM dan menghasilkan dentuman suara knalpot yang membuat pengunjung Sirkuit Ruapuna (lokasi test) geleng-geleng keheranan.

 

CGR500 - V8 Engine

 

Di test kedua, masalah yang dialami CGR500 pun sirna dan kini jadi sebuah motor balap 500cc tulen! Sayangnya, Chris Gordon enggan untuk dynotest CGR500, apalagi untuk mengikutsertakannya pada balap lokal di Selandia Baru. Menurutnya, balapan di era modern ini telah berubah dari yang ia alami era 90-an silam…

“Saya sudah sangat senang dengan pencapaian sejauh ini (CGR500), dan saya rasa sudah cukup, waktunya untuk mencari inspirasi lainnya,” Ucap Chris Gordon saat diwawancarai majalah MSL UK.

 

 

CGR500 - V8 Engine

CGR500, mejeng bareng Britten V-1000 yang legendaris!

 

Mendengar kabar tentang CGR500, salah satu dealer kenamaan Honda Casbolts di Christchurch Central, Selandia Baru – langsung tertarik dengan proyek yang dikerjakan oleh Chris Gordon. So, Honda Casbolts pun menawarkan Chris sejumlah permintaan untuk dipajang di dealer, satu podium bersama dengan karya fantastis lainnya, Britten V-1000. Dan yang diutarakan pengunjung dealer? Nggak satupun yang percaya kalau CGR500 adalah motor homemade!

“Banyak sekali orang melihatnya (saat dipajang di dealer), dan saya mendapat komentar positif tentang CGR500. Selama dua tahun terakhir, saya perlahan-lahan mulai merindukannya kembali, dan sekarang CGR500 sudah kembali berada di pelukan saya.” Pungkas Chris Gordon.

 

 

Bisa membayangkan sebuah supersport 500cc V8, DOHC 32-Valve, 19.000 RPM, 6-speed Gearbox, Handmade Trellis Frame, Handmade Bodykit, Dual Liquid-cooled, serta seabrek part handmade lainnya digabung jadi satu? Well, EA’s Blog sih nggak bakal kebayang betapa gokilnya CGR500! Apalagi, Chris Gordon juga berniat untuk menyempurnakan CGR500 ke level yang selanjutnya: Race-ready bike! WOW, just WOW…!

 

CGR500 - V8 Engine

 

Tapi dibalik semua hal amazing di CGR500, yang lebih menakjubkan justru adalah pengorbanan serta kisah dibalik CGR500 itu sendiri. Chris Gordon, seorang pria Selandia Baru tanpa background pendidikan engineering, menghabiskan waktu selama 9 tahun (2003-2011) untuk belajar secara otodidak, dan menyelesaikan karya yang bisa jadi merupakan salah satu masterpiece di dunia roda 2…!

Waktu 9 tahun apabila diibaratkan sebagai seorang anak – mungkin anak tersebut sekarang sedang frustasi membaca update status & share kegoblokan tentang PKI dari teman-temannya.

 

 

Advertisements

13 comments

Tinggalkan Balasan