Advertisements
Zontes 310S

Lagi, Motor Tiongkok Bertampang Fantastis! (feat Zontes 310S)

Lagi, setelah sebelumnya ada moge 650cc, 400cc, serta beberapa motor retro-modern berkapasitas 125-250cc, kali ini sebuah pabrikan asal tiongkok bernama Zontes (Haojiang), kembali meluncurkan motor terbarunya bernama Zontes 310S. Dan jangan salah, meskipun statusnya Mocin a.k.a Motor China, tapi yang satu ini berbekal desain fantastis dan beragam fitur kekinian lho Brosist!

 

 

Seperti yang pernah EA’s Blog ucapkan sebelumnya di artikel Mocin, jangan lagi remehkan Tiongkok sebagai produsen roda 2 – khususnya untuk Haojiang (Zontes)… Karena hanya dalam kurun waktu 3 tahun, mereka mampu mengubah teknologi produksi motor yang sampah kayak begini:

 

Zontes 310S

 

Jadi masterpiece seperti ini:

 

Zontes 310S

 

Coba lihat sosok sport tourer bermesin 310cc diatas… Yup, sosok motor yang dikenal dengan nama Zontes 310S ini punya tampang yang fantastis. Bodinya bongsor mirip Yamaha Fazer 250 di India, namun yang satu ini punya headlamp LED bertampang bengis – mengingatkan kita akan sosok Honda CBR250RR yang ciamik… Bukan Fazer 250 yang, well, piece of crap.

 

 

Dan lebih kerennya lagi, ada juga winglet dan visor (winshield) yang membelah angin di kecepatan tinggi. Belum lagi ditambah dengan desain buritan sporty, knalpot ‘double pipe’ ala MV Agusta, velg Y-spoke dengan ban tapak lebar, serta braket belakang yang didesain khusus untuk piranti aksesoris box penyimpanan. Hmmmm, kayak mirip motor Eropa yang mana ya…?

Tapi jangan kagum dulu sebelum lihat detail dan fiturnya. Zontes 310S sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih yang bahkan belum ditemui di motor Jepang dikelasnya… Sebut saja suspensi depan upside down, speedometer LCD full digital yang eksentrik, holder GPS, rem ABS besutan Bosch (setara moge Eropa), plus swingarm alumunium dengan desain ala KTM Duke-series.

 

Zontes 310S

 

Jika Brosist sama seperti EA’s Blog – which is gemar stalking Aura Kasih sambil lihat-lihat foto naked-bike bertampang keren – Zontes juga memberikan opsi tipe lain yang bergenre Streetfighter… Dan sama-sama keren banget lho!

 

Zontes 310S

 

Di sektor mesinnya, Zontes 310S dibekali mesin 310cc, DOHC 4-Valve, Liquid-cooled, serta disokong oleh piranti elektronik dari Delphi. Zontes mengklaim mesin ini mampu digeber hingga kecepatan 160 km/jam, dengan konsumsi bahan bakar yang tetap irit yakni 37km untuk setiap 1 liter bensin… Dan untuk memenuhi standar yang diterapkan Uni Eropa, motor ini juga sudah lolos regulasi EURO 4 juga lho!

 

 

Zontes 310S dijual di Prancis dengan banderol €4,590, atau bila dirupiahkan sekitar Rp. 73 jutaan… Meski tergolong mahal jika dibandingkan dengan harga motor 250cc di Indonesia, tapi sport tourer bertampang super-keren ini ternyata masih jauh lebih murah ketimbang Yamaha R3 yang dibanderol €5,799 atau sekitar Rp. 93 jutaan! Padahal, Zontes 310S sudah dibekali dengan berbagai fitur & detail yang jauh mumpuni dibanding sportbike 320cc pabrikan garputala tersebut…!

 

Zontes 310S

 

Ngarep masuk ke Indonesia? Jangan bermimpi! Selama pemerintah kita masih makan makanan mengandung micin – yang menyebabkan tingginya pajak motor 250-500cc – kita cuma bisa menemui jalan buntu untuk memiliki sport 300-400cc buatan Eropa, Jepang, China, bahkan Zimbabwe sekalipun (kalau ada), dengan harga murah.

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

7 comments

  • Jezza

    Wih keren tapi……. ini pendapat pribadi ya kenapa setiap motor China selalu terlihat seperti “upsize toy bike” padahal keren

  • namaku ady

    Desainnya bagus,tinggal aftersales nya diperbaiki, seharusnya kita orang Indonesia malu,karena kita belum bisa membuat motor yang murni brand lokal, sedangkan cina meskipun kebanyakan industri lokal kecil,tapi sanggup memproduksi brand sendiri

  • banteng bodas

    yang nakednya lumayan keren, tapi gak tau, kesannya kaya motor modifan bukan kaya motor mass production biasa

  • topman

    disini mafianya kuat, jangan harap merk lokal bisa eksis… kalo disono mafianya ya pemerintahnya, merk luar ga berkutik disana walo ditiru/dipalsuin habis2an, demi motong RnD merk lokal

  • Zhang Vik

    Buset Bang, itu kayak transformasi dari level motor Indihe entry-level-suka-bonceng-7-kadang-atraksi-aneh2 sampe ke level moge-buat-nyari-chick-gold-digger

  • b6000bcx

    Knalpot bertumpuk kayak kodok kawin.

    #katatetanggasebelah

    Dimata Mereka selain merk sembahannya selalu dibully

Tinggalkan Balasan