Advertisements
Review New Honda Scoopy eSP R12, A Girly Thing!

Review New Honda Scoopy eSP R12, A Girly Thing!

Mendaki Gunung Lewati Lembah

New Honda Scoopy eSP R12 Ditantang Tanjakan Emen

 

 

Review New Honda Scoopy eSP R12, A Girly Thing!

 

Sejujurnya – secara spesifikasi – sama sekali nggak ada yang salah dari New Honda Scoopy eSP. Mesinnya masih satu basis dengan BeAT eSP (108cc, SOHC 2-Valve, Air-cooled, PGM-FI) yang mampu mengeluarkan power maksimum 9 HP dengan torsi 9,4 N.m… Aslinya malah lebih mumpuni dari BeAT eSP yang punya spek power 8,5 HP dan torsi 9 N.m.

Tapi kenyataannya dilapangan? Bedanya jauh banget! Scoopy anyar seperti kehilangan karakter mesin BeAT-series yang terkenal gesit, yang sering dimanfaatkan 4L@Y3R5 kalau manas-manasin ZED di kemacetan. 0-60 km/h terasa lambat diraih… 100km/h? Well, good luck!

 

 

Terbukti, unit New Honda Scoopy eSP R12 yang odometernya baru 15 km nampak kesulitan saat dipakai “bersenang-senang” membelah kemacetan kota Bandung. Lantas, gimana ceritanya kalau diajak mendaki gunung lewati lembah, melalui jalur Lembang – Tangkuban Perahu – Ciater dengan tanjakan yang menantang (plus rada angker juga)…? Jawaban versi singkatnya: Disaster!

Ngeden, loss power, ngeden, loss power, ngeden, loss power, dan terus berulang… Kejadian seperti ini bukan cuma bisa kita lihat di video persalinan ibu hamil, tapi juga di New Honda Scoopy eSP R12 ketika dihadapkan ke tanjakan tinggi.

 

Review New Honda Scoopy eSP R12, A Girly Thing!

 

Throttle saya bejek makin dalam pun rasanya percuma, buang-buang tenaga. Rasanya seakan-akan saya meminta sesuatu yang memang aslinya nggak ada di mesinnya. Terakhir kali saya merasakan hal yang serupa, terjadi ditahun 2015 lalu saat momen ulang tahun perdana D’Gujubar di Puncak II – bareng Vario Techno 110. Yang CVT nya bobrok total, dan menghabiskan duit Rp. 600 ribuan supaya akselerasinya enak lagi.

 

 

Dan perlu digaris bawahi, EA’s Blog berbobot 65kg lho… Kebayang kalau lagi bawa kuda nil cerewet seberat 150kg di jok belakang?

 

Review New Honda Scoopy eSP R12, A Girly Thing!

 

Kemudian suspensinya. Shock absorber belakang baru memang membuat kelincahan New Honda Scoopy eSP R12 bertambah… Tapi sayangnya, hal tersebut juga membuat kenyamanannya saat melewati jalan rusak juga berkurang. Bahkan saat melewati jalanan paving conblock, kita bisa merasakan kedua suspensi kesusahan meredam guncangan dari kaki-kaki mungilnya.

Melewati jalanan berbatu? Berharap saja semoga nggak ada lagi jalanan rusak parah di Indonesia.

 

 

Advertisements

11 comments

  • Art

    Sependapat dengan kang eno. Seperti kehilangan karakter mesin beat yg enteng

  • EKA

    Skutik mah jangan ngarep kenceng,,

  • efbees

    Nggak ngarep kenceng jg kok. Kan udah dimention di atas sama honda beat yg punya performa gesit, setidaknya pengennya matic ya kayak beat gitu tenaganya

  • Davy

    Untuk sementara skuter matic yang paling menggoda adalah yang bagasinya paling gede, poin selanjutnya kenyamanan dipake harian atau boncengan (kaki-kaki, ergonomi, dan jok), udah itu baru desain.
    Untuk saat ini saya pake Aerox 155 versi S untuk skutik padahal najis sama desainnya, beli cuma butuh bagasi doang. Dipake dari bulan Maret sampe sekarang ga ada kendala, tapi jujur, sama sekali ga ada joy of riding nya pake skutik, rasanya pengen cepet pulang ganti pake Duke 250 yang udah pengen dibelai digarasi.

  • jimmoth

    Apapun skutiknya,di tangan emak-emak mah dilibas semuanya…

  • km baru 15 km ? wajar…. sepertinya sifat Scoopy masih terbawa. pengalaman punya Scoopy 2016 sebelum 1000km atau sebelum service pertama ya rasanya ga enak seperti itu, tenaga ngempos, untuk mencapai 100 km/jam on speedo aja susah, tapi setelah service pertama & ganti oli, performanya sedikit membaik dan terus membaik meskipun ya tidak bisa seperti Honda Beat series. pernah ane bahas di artikel ini :

    https://ndesoedisi.com/2017/01/25/setelah-service-pertama-karakter-asli-honda-scoopy-esp-mulai-keluar/

  • Kapten Jack

    Hahahahahahhh..
    Bener dugaan saya: ujung2nya disuruh beli gsx :V

  • Free1

    “Jika memang cari yang punya performa tinggi, saran saya: Work Harder, Buy GSX-R150!”
    Itulah yang saya lakukan kang… beli gsx r150

  • Joko Arya

    Berati kyk cewek cakep, chubby, ngegemesin, diajak jalan┬▓ kesana kemari asyik.
    Tapi begitu diajak mencapai kepuasan, kayak dingin, gak bergairah, kurang menantang, dsb.
    Ni motor cocoknya dipake buat selingkuhan dari motor yg berperforma tinggi.

  • Somplak

    Mesin esp keberatan roler…pakai roler beat f1 lngsng njengat…

  • gus

    lol “nih anak gedenya pasti cakep..”

Tinggalkan Balasan