Advertisements
Review New Honda Scoopy eSP R12, A Girly Thing!

Review New Honda Scoopy eSP R12, A Girly Thing!

Membelah Kota Bandung

City Riding

 

Review New Honda Scoopy eSP R12, A Girly Thing!

 

Untuk seseorang yang bertinggi 175cm, bobot 65kg, gebetan bak Aura Kasih (nggak penting), dan sehari-hari geber sport 250cc berbobot 150 Kg – riding New Honda Scoopy eSP R12 justru lebih mirip seperti mainan. Bukan karena bobot 90kg-nya terasa enteng, atau kaki menapak sempurna ke aspal, tapi postur EA’s Blog dalam sekejap berubah, mendadak jadi serasa Ivan Gunawan naik sepeda hadiah Pak Presiden.

 

 

Ergonominya khas seperti Scoopy generasi sebelumnya, setang terasa lebih rendah dibanding BeAT-series, dengan ruang kaki yang cukup untuk pria dengan TB 175cm dan ukuran sepatu 43. Bahkan lebih lega dari Address yang notabene bodinya lebih bongsor… Honda adalah rajanya dalam hal mendesain kenyamanan berkendara di sepeda motor, dan New Honda Scoopy eSP R12 ini adalah salah satu contohnya.

 

Review New Honda Scoopy eSP R12, A Girly Thing!

 

Coba bermanuver mengikuti iringan rombongan yang dikawal Komunitas Honda Bandung, New Honda Scoopy eSP R12 ini lebih lincah dibanding pendahulunya. Diajak merubah arah secara mendadak, suspensi dan grip bannya memberikan feedback positif – seakan nurut kemanapun badan berayun saat selap-selip di kepadatan kota Bandung, which is (sebenarnya) mengagetkan, lantaran kemacetan dimana-mana.

 

 

Satu poin yang amat-sangat disayangkan, kelincahan dari suspensi dan kaki-kaki anyar ini justru nggak dibarengi dengan peningkatan performa mesin… Sejauh pengamatan EA’s Blog, performanya malah mengalami penurunan dibanding Scoopy generasi sebelumnya.

 

Saat tuas gas dibejek mendadak, ada jeda cukup lama sampai powernya (yang nggak seberapa) bisa kita rasakan… Waktu throttle dipuntir, injektor PGM-FI, roller, kampas ganda, dan v-belt terasa kayak lagi whatsapp-an, saling kasih perintah mana yang harus lebih dulu bekerja. Entah ini disebabkan kaki-kaki gambotnya atau bukan, tapi hasilnya benar-benar mengecewakan!

 

Advertisements

11 comments

  • Art

    Sependapat dengan kang eno. Seperti kehilangan karakter mesin beat yg enteng

  • EKA

    Skutik mah jangan ngarep kenceng,,

  • efbees

    Nggak ngarep kenceng jg kok. Kan udah dimention di atas sama honda beat yg punya performa gesit, setidaknya pengennya matic ya kayak beat gitu tenaganya

  • Davy

    Untuk sementara skuter matic yang paling menggoda adalah yang bagasinya paling gede, poin selanjutnya kenyamanan dipake harian atau boncengan (kaki-kaki, ergonomi, dan jok), udah itu baru desain.
    Untuk saat ini saya pake Aerox 155 versi S untuk skutik padahal najis sama desainnya, beli cuma butuh bagasi doang. Dipake dari bulan Maret sampe sekarang ga ada kendala, tapi jujur, sama sekali ga ada joy of riding nya pake skutik, rasanya pengen cepet pulang ganti pake Duke 250 yang udah pengen dibelai digarasi.

  • jimmoth

    Apapun skutiknya,di tangan emak-emak mah dilibas semuanya…

  • km baru 15 km ? wajar…. sepertinya sifat Scoopy masih terbawa. pengalaman punya Scoopy 2016 sebelum 1000km atau sebelum service pertama ya rasanya ga enak seperti itu, tenaga ngempos, untuk mencapai 100 km/jam on speedo aja susah, tapi setelah service pertama & ganti oli, performanya sedikit membaik dan terus membaik meskipun ya tidak bisa seperti Honda Beat series. pernah ane bahas di artikel ini :

    https://ndesoedisi.com/2017/01/25/setelah-service-pertama-karakter-asli-honda-scoopy-esp-mulai-keluar/

  • Kapten Jack

    Hahahahahahhh..
    Bener dugaan saya: ujung2nya disuruh beli gsx :V

  • Free1

    “Jika memang cari yang punya performa tinggi, saran saya: Work Harder, Buy GSX-R150!”
    Itulah yang saya lakukan kang… beli gsx r150

  • Joko Arya

    Berati kyk cewek cakep, chubby, ngegemesin, diajak jalan² kesana kemari asyik.
    Tapi begitu diajak mencapai kepuasan, kayak dingin, gak bergairah, kurang menantang, dsb.
    Ni motor cocoknya dipake buat selingkuhan dari motor yg berperforma tinggi.

  • Somplak

    Mesin esp keberatan roler…pakai roler beat f1 lngsng njengat…

  • gus

    lol “nih anak gedenya pasti cakep..”

Tinggalkan Balasan