Advertisements
Triumph Daytona 765R Moto 2

Usung 3 Silinder, Mesin Terbaru Triumph Moto 2 Nggak Kalah Exciting Bro!

Mesin 3-silinder 765cc secara teori tentu nggak bakal se-exciting dan semenggelegar inline-4 600cc yang jadi identitas supersport sejak 3 dekade lalu, at least dimata engine holics… Tapi ditangan yang tepat, dan dengan ubahan yang tepat, mesin ini terbukti potensial lho. Seperti yang dilakukan oleh Triumph bareng prototype Moto 2 nya!

 

 

Meresmikan diri sebagai pengganti Honda (HRC) sebagai penyuplai mesin ke balapan Moto 2 World Championship, Triumph akhirnya mempublikasi perkembangan terbaru mesin balapnya tersebut… Dibantu mantan juara GP 125cc, produsen asal Inggris tersebut bahkan sudah melakukan test resmi di Sirkuit Aragon, beberapa waktu lalu.

 

Triumph Daytona 765R Moto 2

 

Triumph melakukan banyak ubahan di mesin 3-silinder 765cc berbasis Street Triple, untuk membuatnya siap digunakan para pebalap Moto 2 World Championship beberapa musim mendatang… Mulai dari power, laptime, hingga daya tahan mesin digeber di situasi ekstrim. Maklum, mesin ini bukan cuma digunakan di kecepatan tinggi secara terus menerus, tapi juga mendapat peningkatan putaran mesin yang ekstrim dibanding mesin standar!

Kerennya lagi, bukan cuma menyiapkan mesin untuk balapan – Triumph juga berniat memanfaatkan momen development ini untuk pengembangan supersport terbaru, Triumph Daytona 765R yang rencananya disiapkan sebelum 2019. Wah, ini sih namanya sambil menyelam bareng Aura Kasih minum air ya Brosist, hahahaha…

 

The Dawn of Moto 2 Inline Triple

 

Triumph Daytona 765R Moto 2

 

Seperti yang diceritakan sebelumnya – dibantu oleh mantan Juara Dunia GP 125cc & runner-up Moto 2, Julian Simon, Triumph melakukan banyak ubahan di mesin inline-triple 765cc. Jika dibandingkan dengan mesin Street Triple, wuih, jauuhh Bro! Mesin ini diklaim bakal lebih mirip dengan Daytona 765R yang juga dipersiapkan.

 

 

Apa saja ubahannya, Kang Eno? Yuk, kita bahas satu-persatu…

– Piston, intake & exhaust port dirombak total demi aliran bahan bakar yang optimal. Ini basic sih, muosok motor balap sekelas Moto 2 pakai piston standar!?

– Di bagian head cylinder, camshaft sudah pasti bakal dirombak total… Selain itu, klep titanium dan per klep racing (yang punya spek lebih keras, demi mencegah floating) dipercaya untuk mengawal putaran mesin yang meningkat tajam.

– Di area transmisi, mesin 765cc ini mendapatkan model Slipper Clutch terbaru bisa disetel sesuai settingan masing-masing team… Nggak ketinggalan, rasio gear 1 dibuat lebih panjang (khas ala motor balap) supaya nggak cepat nyentuh redline RPM.

 

Triumph Daytona 765R Moto 2

 

– Mesin 765cc 3-silinder ini mendapatkan dukungan ECU langsung dari Magneti Marelli, yang bukan cuma membuat powernya makin besar, tapi juga membuat putaran mesinnya meningkat tajam dari standarnya yang cuma 12.000 RPM… Nanti dengerin deh lengkingan mesinnya, nggak kalah dari 4-silinder 600cc!

– Cover mesinnya juga dirubah menggunakan part lebih ringan dan lebih ramping, serta menggunakan alternator low-output.

– Bak penampungan oli dibuat model terbaru, untuk memaksimalkan pelumasan silinder.

– Mesin ini kemudian dibalut dengan sasis, suspensi & swingarm prototype yang masih dalam pengembangan… Konon, frame ini juga bakal digunakan oleh Supersport terbaru, Triumph Daytona 765R!

 

Suaranya Melengking!

 

 

Berbeda dengan basis mesin Moto 2 musim ini yang masih menggunakan engine Inline-4 (4-silinder sejajar) 600cc berbasis Honda CBR600RR, mesin Moto 2 buatan Triumph bakal menggunakan konfigurasi 3-silinder 765cc. Meski punya jumlah silinder yang lebih sedikit, namun konfigurasi mesin ini punya akselerasi lebih baik yang memungkinkan rider Moto 2 keluar-masuk tikungan lebih cepat. Hal ini diungkapkan sendiri oleh Julian Simon, Test Rider yang sebelumnya juga pernah menunggang motor Moto2 (berbasis CBR600RR).

 

Triumph Daytona 765R Moto 2

 

Meski secara teori bakal punya output suara & lengkingan RPM yang lebih rendah, namun Triumph sukses mengatasi hal ini dengan meracik ECU khusus bareng Magneti Marelli… Penggunaan otak elektronik baru ini bakal membuat kitiran mesinnya meningkat dan menghasilkan suara mesin yang fantastis! Silahkan cek videonya dibawah deh ya Brosist!

 

“Pada tahap program pengembangan ini kita berada di tempat yang baik. Kami sangat senang dengan kecepatan yang ditunjukkan Julian dengan mesin terbaru dan umpan baliknya sangat positif. Kami memiliki keyakinan bahwa kami akan memberikan mesin yang tim akan menikmati balap dengan dan tontonan dan suara yang akan menggairahkan para penggemar. ” ungkap Steve Sargent, Chief Product Officer Triumph Motorcycles.

 

Triumph Daytona 765R Moto 2

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

10 comments

Tinggalkan Balasan