Advertisements
Suzuki X7 GT250-5

Suzuki X7 (GT250), Kreasi Brutal Berbuah Fenomenal!

Sebelum Honda meraja dengan motor 4-Tak serba iritnya, dan sebelum Yamaha RD250 LC jadi idola dikalangan para remaja Benua Biru, dan sebelum Ninja RR jadi pilihan hipsters di Indonesia – pabrikan berlogo “S” juga punya kisah menarik bareng Suzuki X7!

 

 

Balik ke tahun 1965 silam, Suzuki melakukan revolusi dikelas sport 250cc dengan merilis Suzuki X6 Hustler… Motor klasik yang tak cuma bermodal tampang menarik, tapi juga berbekal mesin yang ciamik. Yup, inilah momen perdana pabrikan Jepang berani mengklaim motor 250cc parallel-twin (masal) mampu menembus 100 mph (166 km/h) – kecepatan yang biasanya hanya bisa dicapai oleh motor 350cc 2-stroke, ataupun 500cc 4-stroke.

Singkat cerita, X6 akhirnya ngehits dan hingga kini jadi sosok legend bagi pecinta Suzuki.

 

Suzuki X7 (GT250)

Suzuki X6 Hustler

 

Namun memasuki era 70-an, Suzuki dihadapkan dengan situasi yang pelik. Yamaha merilis RD250 yang memiliki tampilan jauh lebih menarik, serta mesin nggak kalah kencang (which is kemudian jadi pemimpin pasar)… Datang juga ancaman dari Kawasaki S1 dengan mesin inline-triple 250cc nan eksotis… Sementara Honda nggak mau ketinggalan mengancam Suzuki dengan gelontoran motor 4-tak yang variatif.

Nggak mau tenggelam dengan popularitas Yamaha RD250 yang makin menjadi-jadi, pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu, Jepang, ini kemudian berencana untuk mendevelop sosok penggantinya dengan filosofi yang nggak kalah “brutal” dibanding X6 Hustler… Inilah momen dimana proyek Suzuki X7 dimulai.

 

 

Tujuan utamanya? Jelas! Untuk membuat sport 250cc 2-Tak yang nggak cuma kencang, tapi juga ringan dan lincah untuk dikendarai. Apalagi, saat itu Suzuki juga dibantu oleh raihan Grand Prix yang fenomenal bersama Barry Sheene… So, 250cc 2-stroke pure-performance di Suzuki X7 nampaknya bukan hal yang mustahil.

 

 

Di sektor bodi & frame, Suzuki mengkonsep ulang desain X6 Hustler. Namun karena bobotnya diluar perkiraan sebelumnya, mereka memutuskan untuk membuat konsep desain dari awal. Frame  steel-diamond khas ala motor klasik dipilih untuk menggantikan sasis double-cradle di versi sebelumnya, bodi & tangki bahan bakar dibuat seminimalis mungkin, serta velg cast-wheel ala RG500 Gamma dipilih untuk menggantikan velg spoke-wheel agar bobot Suzuki X7 bisa direduksi secara optimal.

Beralih ke sektor permesinan, Suzuki juga merombak ulang konstruksi mesin di edisi X6 lawas. Mereka menggunakan konfigurasi reed-valve (lawas) yang serupa dengan Yamaha RD250, namun memposisikannya serendah mungkin mendekati kruk as… Dilihat dari effortnya, Suzuki nampknya ingin mesin ini punya responsifitas setara motor trail kompetisi yang mengerikan.

 

Suzuki X7 (GT250)

 

Hasilnya? Konsep ini bukan cuma memiliki tampang yang lebih keren dari RD250, Suzuki X7 mampu membuat sport 250cc Yamaha tersebut harus kembali ke meja engineer untuk didesain ulang… Gimana nggak, Suzuki X7 punya bobot yang lebih 20 Kg dibanding edisi sebelumnya, punya wheelbase lebih pendek (lebih lincah), serta punya power lebih besar yang dicapai pada RPM jauh lebih rendah!

 

Suzuki X7 (GT250)

 

Majalah kenamaan Classic Motorcycle Mechanics (one of my favorite) bahkan menyebut power milik Suzuki X7 “breathtaking”, lantaran powernya langsung menghentak saat throttle dibuka… Berbeda dengan motor 2-tak pada umumnya, yang powernya baru nongol di kitiran atas. Topspeednya? Masih sama sekitar 100 mph kok! Bedanya, Suzuki X7 mampu mencapainya bahkan hanya dengan adu drag ¼ mil (402 meter), wkwkwk…

 

 

Seperti yang bisa kita duga, hanya butuh waktu sekitar 3 bulan bagi Suzuki X7 untuk bisa menggulingkan pasar motor ‘learner bike’ yang sebelumnya dikuasai Yamaha RD250… Dalam sekejap, Suzuki X7 langsung jadi favorit dikalangan para remaja Eropa lantaran performa & kelincahannya melibas tikungan. Belum lagi ditambah dengan finishing & kualitas mumpuni khas Suzuki.

Tak ingin market sharenya direbut Suzuki, Yamaha langsung memutuskan untuk merombak RD250 menjadi sosok berbeda yang terinspirasi dari ajang balap Grand Prix… Hingga kemudian lahirlah RD250 LC YPVS yang mengusung mesin 2-tak liquid-cooled! Meski punya bobot lebih berat, namun jagoan terbaru Yamaha ini punya power lebih beringas dibanding edisi sebelumnya…! Duel pun makin memanas.

 

Suzuki X7 (GT250)

 

Sayangnya, duel antara Suzuki X7 vs Yamaha RD250 ini justru mengakibatkan sebuah problem baru di tanah Eropa. Tingkat kecelakaan meningkat pesat, dan sebagian besar diantaranya justru berasal dari kelas ‘learner bike’ yang dihuni oleh duet sport 250cc tersebut… Inilah awal mula diproklamirkannya keselamatan berkendara, sekaligus pengubahan regulasi learner bike menjadi 125cc seperti yang kita kenal saat ini.

 

Suzuki X7 (GT250)

 

Apakah hal tersebut menyudahi perlawanan Suzuki X7? Ternyata tidak!

Faktanya, kelas ini tetap ramai diminati oleh para speedfreakers yang ingin motor kencang, namun juga mudah dikendarai, serta minim perawatan. Suzuki X7 yang tertinggal pun ikutan berbenah… Liciknya, Suzuki mendesain ulang mesin X7 yang gokil, ditambah dengan liquid-cooled plus peningkatan kompresi, dan penggunaan frame alumunium, kemudian voila… Jadilah Suzuki RG250-series!

 

Spesifikasi Suzuki X7

 

 

Manufaktur : Suzuki Motor Co.

Model : X7 (GT250-EN)

Tahun Pembuatan : 1978-1983

 

Engine : 2-Tak, Air-Cooled, Parallel-Twin, Crankcase Reed Valve, Pointless Electronic Ignition (PEI)

Bore x Stroke : 54 x 54 mm

Kapasitas Silinder : 247 cc

Rasio Kompresi : 6,7 : 1

Penyuplai BBM : 2x Karburator Mikuni 26mm

Max Power : 30 HP @ 8.000 RPM

Max Torsi : 27.5 N.m @7.000 RPM

 

 

Dimensi P x L x T : 2.005 x 740 x 1.065 mm

Tinggi Jok : 787 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.310 mm

Berat Kosong : 128 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 15 Liter

 

Rangka : Steel Diamond Frame

Suspensi Depan : Telescopic Fork

Suspensi Belakang :  Twin Shock absorber, Steel Swingarm

Rem Depan : Cakram Hidrolik, 260mm Disc, Kaliper 1 Piston

Rem Belakang : Drum Brake (Tromol)

Ban Depan : 2.75 – 18

Ban Belakang : 3.00 – 18

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Kawasaki S1 250, Stylish Classic Strokers !!

Suzuki RGV250SP, 250cc Race-Oriented Hyper Kencang

 

 

Advertisements

7 comments

Tinggalkan Balasan