Advertisements
Suzuki Burgman Fuel cell

Suzuki Burgman Fuel Cell, Solusi Untuk Masa Depan Lebih Baik!

The Better Future

Kelebihan Hidrogen Fuel-Cell?

 

Detail kerja singkat Hydrogen Fuel Cell

Detail kerja singkat Hydrogen Fuel Cell

 

Karena sistem ini menghasilkan energi lewat reaksi sel bahan bakar hidrogen (H) & oksigen (O2) yang jadi sumber bernafas Sobat UCers sekalian, maka satu-satunya emisi yang dihasilkan hanyalah H2O… Yup, yang keluar dari knalpotnya (kalau ada) bukan gas karbon berbahaya laiknya mesin bensin –  melainkan uap air!

 

 

Dan gokilnya, uap air hasil energi yang dihasilkan motor berbahan bakar fuel cell bisa diolah kembali menjadi bahan bakar hydrogen lewat proses water elektrolisis… Bak loop yang tak berujung. Karena saya kurang paham soal kimia, mending cari tahu sendiri gimana caranya ya Brosist. Yang jelas, kurang bersahabat gimana lagi coba?

 

Suzuki Burgman Fuel cell

 

Dan jangan lupa, lantaran penggerak rodanya menggunakan motor bertenaga listrik, otomatis motor dengan bahan bakar hidrogen juga bebas polusi suara laiknya electric bike…! Kelebihan lainnya, motor listrik juga dikenal memiliki hentakan torsi yang 3 kali lipat lebih dashyat dari motor bertenaga bensin konvensional.

 

Masih kurang?

 

 

Fuel cell juga memiliki tingkat efisiensi yang sangat luar biasa… Dalam sebuah presentasi mobil Honda Clarity, teknologi ini diklaim 5 kali lipat lebih efisien dibanding mesin bensin konvensional yang harus melewati reaksi pembakaran. Mesin bertenaga hydrogen tersebut bahkan 3 kali lipat lebih efisien dari mesin hybrid (electric + bensin) yang sebelumnya dikenal sangat irit bahan bakar!

Dan karena sistem pengisiannya mirip seperti bahan bakar minyak, so nggak perlu lagi yang namanya nge-charge lama laiknya motor bertenaga listrik tulen. Kerennya lagi, mesin fuel cell juga dipastikan bakal bekerja pada temperatur lebih rendah karena nggak memiliki reaksi pembakaran! Nggak ada lagi deh bahasa ‘biji mateng’, wkwkwkwk…

 

Suzuki Burgman Fuel cell

Siapa yang sangka maxi-scoot cakep begini bisa hidupin listrik 10 rumah subsidi?

 

Terkesima? Tunggu dulu…

Karena reaksi fuel cell tersebut menghasilkan tenaga listrik untuk menggerakkan roda, so daya yang dihasilkan juga bisa dipakai untuk kebutuhan lain. Dalam kasus Suzuki Burgman Fuel cell yang mampu menghasilkan tenaga 4,5 kW, cukup untuk menghidupkan listrik 10 rumah subsidi!

 

Advertisements

6 comments

  • anonimus

    Hati2 T E R C Y D U K perusahan2 item licin itu :v

  • anonimus

    Hati2 T E R C Y D U K perusahaan2 item licin :v

  • madzserpent

    Salam Kenal Kang Eno, semoga sehat selalu dan tetap rajin buat artikel dengan sudut pandang berbeda & akhirnya coment juga dah lama jadi SR, hehehe.

    kang mau tanya beberapa pertanyaan ne :
    1. teknologi Fuel Cell bisa menjadi solusi terbaik buat bahan bakar masa depan yang ramah lingkungan, kira2 bila dibandingkan dengan teknologi hybrid, electric dari berbagai aspek bagaimana?
    2. dengan berbagai kelebihan tersebut, apakah lebih baik jika “kita” melompat dan langsung focus ke teknologi ini, daripada “membuang waktu” mengejar ketertingggalan teknologi hybrid n electric?
    3. apakah ada “pihak independent” atau produsen otomotif di Indonesia yang sedang mencoba mengembangkan teknologi Fuel Cell?

    maaf kang pertanyaannya banyak, semoga akang berkenan menjawabnya dan berbagi ilmu-ilmunya, terima kasih.

    • enoanderson

      Bantu jawab dengan sepengetahuan saya ya kang:

      1. tadi udah saya tulis di artikel, fuel-cell itu sumber energi yang bukan berasal dari fosil, bahkan bisa menghasilkan bahan bakar dari buangan energinya sendiri. Posibilitasnya, ini bisa jadi bahan bakar yang mungkin nggak abis-abis untuk sekali ngisi, wkwkwk… Ditambah soal efisiensi yang 3x lipat lebih hemat dari mesin hybrid (electric + bensin).

      2. Melihat secara infrastuktur, bisa dibilang impossible kang. Lebih baik ikuti dulu negara-negara maju lain di Asia yang hijrah ke mesin listrik.

      3. Sejauh ini penerapan fuel-cell di Indonesia baru saya baca2 dipakai di Ancol kang, dan lagi digarap sama LIPI, tapi sama sekali bukan untuk dunia otomotif ataupun industrinya.

      Semoga bisa dikit membantu Kang madzserpent

  • aldi

    Kayak teknologi AIP di Kapalselam diesel modern

Tinggalkan Balasan