Advertisements
Detail Honda 150SS Racer

EBUSET! Detail Honda 150SS Racer Bikin Speechless…!

Jangan sekali-kali meremehkan kemampuan A.P. Honda Thailand dalam mendevelop motor Honda, baik untuk pasar domestik ataupun ekspor… Karena sekalinya “ngamuk” untuk mengejar ketertinggalan dari sport 150cc Indonesia (dengan menyiapkan Honda 150SS Racer), KELAR IDUP LO!

 

 

Honda 150SS Racer yang bakal dirilis dalam beberapa waktu kedepan terus menunjukkan hal yang sangat impresif. Yang terbaru, bocoran detail produk milik A.P. Honda Thailand ini sukses membuat fans sport 150cc di Indonesia menelan ludah. Bagaimana nggak, detailnya benar-benar jauh (banget) diatas Honda CB150R Streetfire di Indonesia lho Brosist! Apa saja yang menarik dari naked-bike bertampang eksentrik ini?

 

Lampu Utama LED Bergaya Modern-Klasik

 

Detail Honda 150SS Racer

 

Kita sudah sering melihat banyak sport 150cc yang dimodifikasi menggunakan lampu bulat ala motor klasik. Tapi tipe lampu bulat yang digunakan di Honda 150SS Racer berada di level yang jauh berbeda! Yup, sport 150cc Thailand ini bakal menggunakan lampu bulat bertingkat ala moge Ducati, plus sudah menggunakan tipe lampu Light Emitting Diode (LED) yang jauh lebih hemat daya accu.

 

Speedometer Honda 150SS Racer

 

Detail Honda 150SS Racer

 

Meski sama-sama sudah menggunakan speedometer LCD full-digital laiknya Honda CB150R Streetfire di Indonesia, namun tampilan panel speedometer milik Honda 150SS sudah menggunakan tampilan yang jauh lebih fresh, serta fitur yang lebih komplit.

 

 

Yup, detail speedometer berpanel negative LCD (mirip seperti Yamaha Xabre) ini telah dibekali dengan informasi Jam digital, Speedometer, Takometer, Gear indicator, Fuel level meter, Trip meter, Odometer, serta Fuel consumption meter yang menunjukkan angka konsumsi bahan bakar secara real-time…. Wuih, lengkapnya!

 

Suspensi Depan Upside Down

 

Detail Honda 150SS Racer

 

Meski bukan menjadi sport 150cc pertama yang menggunakan suspensi depan upside down (karena Yamaha Xabre sudah lebih dulu menggunakannya), namun Honda 150SS Racer bakal jadi sport 150cc Jepang pertama yang menggunakan tabung upside down berdiameter 41mm laiknya moge 600cc! Upside down besutan Showa yang dikelir gold ini bahkan lebih gambot dibanding Honda CBR250RR (37mm) yang notabene berkapasitas mesin lebih besar.

 

Swingarm Alumunium

 

Detail Honda 150SS Racer

 

Berbeda jauh dengan Honda CB150R Streetfire di Indonesia yang masih menggunakan model swingarm kotak standar, Honda 150SS Racer di Thailand bakal menggunakan tipe swingarm alumunium asymmetric dengan lekukan model banana ala Honda CBR250RR. Swingarm ini bakal dipadu dengan monoshock Pro-Link yang bakal mampu meredam pantulan suspensi belakang.

 

Ban Paling Gambot Dikelasnya

 

Detail Honda 150SS Racer

 

Jika sebelumnya All-New Yamaha R15 menyombongkan diri dengan mengusung ban 140/70-17 yang menjadi tapak ban terlebar dikelas sport 150cc, maka kali ini Honda 150SS Racer bakal meruntuhkan julukan tersebut. Bagaimana nggak, sport 150cc Thailand ini bakal menggunakan ban berukuran 150/60-17, alias yang paling lebar sekaligus yang pertama kali diaplikasikan dikelasnya.

 

 

Jika melihat dari kembangan bannya, prediksi EA’s Blog sih Honda 150SS Racer ini menggunakan Ban IRC RMC-series bertipe Radial Tyre, yang memang baru saja dikembangkan oleh Inoue Rubber Company (IRC) Jepang. Dengan begini, penggunanya nggak usah repot-repot modifikasi pakai ban lebar lagi deh, soalnya ban standarnya juga sudah lebar banget tuh!

 

Kaliper Cakram Depan Radial

 

Detail Honda 150SS Racer

 

Nggak cukup bikin terkesima dengan spek detail diatas, Honda 150SS Racer juga bakal menggunakan kaliper cakram depan radial, plus Antilock Brake System (ABS), plus G-Sensor. Apaan sih G-Sensor, Kang Eno? Kita bahas di poin selanjutnya ya. Sebagai info tambahan, penggunaan cakram depan radial ini menjadi yang pertama dikelas sport 150cc asal Jepang – bahkan lebih advanced dibanding CBR250RR yang masih menggunakan cakram axial (konvensional). Wuih!

 

G-Sensor Brake

 

Detail Honda 150SS Racer

 

Yang lebih menariknya, Honda 150SS Racer juga menggunakan G-Sensor yang (sepertinya) baru pertama kali digunakan dikelas 150-250cc. Saya pernah beberapa kali membaca tentang penggunaan G-Sensor ini baik di dunia Roda 2 ataupun Roda 4, yang fungsinya untuk memberikan sinyal kondisi pengereman ke lampu belakang LED.

Dalam kondisi pengereman standar, lampu bakal menyala laiknya sistem pengereman standar – namun saat heavy braking (ngerem mendadak) sensor ini bakal memerintahkan stoplamp LED berkedip, yang sekaligus memberikan sinyal emergency pada pengendara dibelakang… Beneran bakal pakai sistem yang begini nih? Ajegilee deh ah!

 

 

Jika melihat pada detail yang EA’s Blog sebutkan diatas, belum ditambah spek detail lain seperti wave-disc brake, velg model terbaru, serta desain yang kita bahas di artikel sebelumnya – Honda 150SS Racer Thailand bukan cuma mempecundangi Honda CB150R Streetfire… Tapi sekaligus membuat sport 150cc Indonesia tersebut nampak laiknya motor yang dirilis jutaan tahun yang lalu, di jaman Dinosaurus.

 

Baca yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

23 comments

Tinggalkan Balasan