Advertisements
Modifikasi Suzuki GSX-R150 Ala SAC

Modifikasi Suzuki GSX-R150 Ala SAC, Full Racing Boy!

Saat perilisan Smash FI, Address 2017 & Address Predator di event GIIAS beberapa waktu lalu, ada sesosok motor lain yang memancing perhatian EA’s Blog. Motor tersebut adalah sportbike 150cc favorit saya yang dimodifikasi untuk keperluan balap… Yup, pastinya bukan All-New CBR150R, melainkan Suzuki GSX-R150 Ala SAC (Suzuki Asian Challenge)!

 

 

Jika dilihat secara langsung, motor tunggangan Jefry Tosema yang kemarin menjuarai SAC seri Sentul tersebut nampak banyak mendapat perubahan dibanding versi pertama yang diperkenalkan saat perilisan GSX-R150… Suzuki GSX-R150 Ala SAC yang satu ini nampak lebih “blink-blink” dengan pengaplikasian banyak part berkelir gold, serta dimensi yang lebih kecil berkat penggunaan kaki-kaki yang lebih slim.

 

Modifikasi Suzuki GSX-R150 Ala SAC

 

EA’s Blog bareng Mang IWB saat itu sempat ngobrol-ngobrol dengan Yukio Kagayama, pebalap kawakan Jepang, sekaligus The Man Behind Suzuki Asian Challenge… Secara garis besar, beliau mengatakan kalau konsep Suzuki GSX-R150 Ala SAC ini tetap sama saja – yakni motor balap dengan ubahan minim di sektor mesin & frame! Tapi bukan berarti bagian lainnya nggak dimodifikasi loh ya, justru part lain yang harus diakali untuk mendapatkan laptime lebih baik.

 

 

Dari sektor kaki-kaki, Suzuki GSX-R150 Ala SAC ini menggunakan velg aftermarket berlabel Racing Boy, plus Ban Balap Dunlop KR410 ukuran 90/80 – 17 di depan, serta 100/70 – 17 untuk ban belakang… Alhasil, tampilannya jadi makin slim dan cingkrang. Tapi jangan sesekali meragukan kapabilitas ban seharga $170 (sepasang) ini sewaktu diajak miring-miring, ini bukan ban cacing. Kaki-kaki ini dipadu dengan selang rem & kaliper cakram depan besutan Racing Boy, plus disc cakram standar.

 

Modifikasi Suzuki GSX-R150 Ala SAC

 

Dibagian belakang, Gearset Aftermarket SSS bisa ditemui laiknya pada edisi Suzuki GSX-R150 Ala SAC sebelumnya. Sedangkan knalpot Yoshimura R77 Full System dipercaya sebagai penyalur gas buang… Plus footstep besutan Racing Boy yang bisa dilipat. Yukio Kagayama bilang knalpot Yoshi-yang bukan-Lingga tersebut rada “pricey” (baca: mahal), namun tak menjelaskan berapa banderol aslinya. Eniwei, kenapa nggak pakai knalpot SARP ya?

 

 

Masih dari bagian belakang, monoshock standar langsung dirombak dan digantikan oleh Racing Boy Suspension yang fully-adjustable dengan tabung terpisah. Saat ditanya setting yang dilakukan untuk SAC seri Sentul, Kagayama menjawab suspensi ini diberikan settingan yang paling spesial… “More softer”, ungkapnya.

Hal tersebut karena Sirkuit International Sentul punya karakter aspal yang berlubang, tambalan dimana-mana, dan jauh lebih bumpy dari sirkuit lain yang turut menyelenggarakan Suzuki Asian Challenge.

 

Modifikasi Suzuki GSX-R150 Ala SAC

 

Sektor bodinya juga nggak ada ubahan yang terlalu ekstrim kok. Suzuki GSX-R150 Ala SAC ini nasih mempertahankan Livery Triton Blue MotoGP standar – dengan hanya menggunakan plastik untuk menutup bagian lampu utama yang kini sudah dicopot, serta beberapa decal lain yang beraroma racing… Hasilnya cakep lho Brosist, semoga bisa jadi bahan inspirasi ya!

 

Modifikasi Suzuki GSX-R150 Ala SAC

Ban Dunlop KR410 bikin tampilannya makin slim!

Modifikasi Suzuki GSX-R150 Ala SAC

Suspensi belakang Racing Boy tabung pisah yang Fully-Adjustable

Modifikasi Suzuki GSX-R150 Ala SAC

Bukan Yoshi-Lingga….

Modifikasi Suzuki GSX-R150 Ala SAC

And finally, Suzuki GSX-R150 Ala SAC with Yukio Kagayama

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

8 comments

  • Laki punya selera

    Gakgakgakgak
    Sirkuit yg berLUBANG wkwkwk
    Sirkuit beribu jeglongan wkwk

    Susah amat ya pemerintah gelontorin dana buat bikin sirkuit taraf internasional bulsit doang jakabaring lah lombok lah
    Ga ada progress

    Pdhl kalo pembalap indo tembus balap motor kaya motgp sapa yg ga bangga?? Udh gitu disponsorin ama perusahaan lokal sok. Kalo malaysia punya petronas kita punya pertamina, luar punya pata snack kita punya indofood , luar punya reddbul kita punya extrajoss ato kukubima ,luar punya pull and bear kita punya respiro/contin . Trus helm kita ada KYT wearpack kita punya AHRS/ARDIANS sokk cakep geura euy.

  • unyil18+

    betoll pemerintah harus sadar kita Indonesia yg begitu luas&banyak pulau nya masa ga bisa buat sirkuit internasional?bisa lah pasti tinggal niat&sponsor yg bicara..

  • July Prasetyo

    Klo dimodifikasi gtu garansi gugur ya kang Eno

  • FH

    Kang, itu velg RCB ukuran brp? Basicnya pure untuk GSX 150 kah?

    • enoanderson

      Sepertinya bukan kang, karena list velg RCB SP522 (sesuai yang dipake SAC) belum ada yang buat GSX-R150. Kemungkinan besar pakai punya epyu deh.

  • om bole request artikel ?

Tinggalkan Balasan