Advertisements
Penjualan Yamaha Force 155 - QBIX - NVX - NMAX

Drop di Indonesia, Penjualan Yamaha Global Justru Naik Signifikan!

Meski mengalami penurunan penjualan di Indonesia akibat lesunya daya beli konsumen, penjualan Yamaha secara global justru naik signifikan pada periode semester 1 2017… Nah, pasar negara mana saja sih yang memberikan peningkatan positif bagi pabrikan berlogo garputala?

 

 

Seperti dilansir motorcycle.com, penurunan penjualan sepeda motor Yamaha ternyata tak cuma dialami di Indonesia. Kondisinya juga kurang lebih sama di Amerika Serikat, dimana pasar roda 2 di negeri Paman Sam tersebut sedang mengalami titik jenuh. Hal ini didasari atas penurunan penjualan Harley-Davidson (raksasa sepeda motor di Amerika) yang juga kehilangan 5,7% market di AS.

 

Yamaha YZF R3 8

 

Meskipun demikian, kondisi yang dialami Yamaha secara global justru lebih baik. Lewat rilis resminya, Yamaha mengumumkan keuntungan penjualan (bersih) produk sepeda motornya secara global mencapai 509,2 miliar yen, atau meningkat 31,7 miliar yen (6,6%) dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya… Hasil tersebut belum ditambah dari pendapatan operasional yang mencapai 33,8 miliar yen, atau meningkat 15,7 miliar yen.

 

 

Meski terjadi penurunan volume penjualan di Indonesia – yang terkenal sebagai salah satu pasar terbesar Yamaha di dunia – angka penjualan unit secara global justru meningkat. Market di negara berkembang seperti Vietnam, Filipina, Thailand, dan Taiwan jadi sumber utama kenaikan penjualan Yamaha secara global… Belum lagi ditambah dengan kiprah pabrikan garputala di India yang semakin gencar memperkenalkan produk terbaru.

Jangan lupa, saat ini India adalah market sepeda motor terbesar di DUNIA lho!

 

Penjualan Yamaha Force 155 - QBIX - NVX - NMAX

 

Selain pendapatan operasional, keuntungan yang masif tersebut juga dipengaruhi oleh gelontoran produk terbaru, serta cost reduction (penghematan biaya) yang mulai diterapkan secara gencar oleh pabrikan garputala. Contoh cost reduction nya gimana tuh Kang Eno? Yup, contohnya bisa Brosist lihat pada efek common parts yang kini masif diterapkan di sepeda motor Yamaha… Mulai dari yang kelas 150cc laiknya Aerox 155, NMAX (dan calon Yamaha B3F) – hingga di kelas moge laiknya MT-07, Tracer 700, XSR700 (dan calon T7 Rally).

 

 

Gimana kiprah Yamaha di Eropa? Well, ternyata penjualan mereka di Eropa berada pada tingkat yang sama dengan tahun sebelumnya, alias tak mengalami kenaikan signifikan – terlepas dari peluncuran produk baru seperti MAX-series. Hal tersebut dikarenakan efek EURO4 yang diterapkan di Uni Eropa mulai awal tahun 2017 ini.

Nah, EA’s blog jadi penasaran nih… Apakah Yamaha R3, MT-03 & NMAX 125 yang diekspor ke Eropa sudah berstandar EURO4 belum ya? Ada yang bisa bantu kasih pencerahan?

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

3 comments

  • Crazyalley

    Lha disini produknya miskin fitur 100%…!!!!
    Kualitas jg busuk permanen terutama generasi vixion series teknologi GP komstir oblak permanen..!!!
    Mesin jg busuk, Matic jg busuk mutlak…!!

    • Ubibakar

      Ni orang di sinyalir sales ahm akut

    • Penunggang jaran

      Gk salah bro??
      Bukanya produk ngahaem ya yang terkenal busuk banyak cacat (cb series, supri) dan cat yang kaya bedak kena hujan panas ilang (semua produk, kecuali produk import)
      Klo miskin fitur di banding kompetitor emang iya ane akui, kecuali nmax, aerox 155, R15

Tinggalkan Balasan