Advertisements
Yamaha B3F - Force 155

Menanti Strategi “Sandwich” ala Yamaha B3F & Respon Honda…

Yamaha B3F & B3M yang rumornya sedang digarap oleh pabrikan berlogo garputala nampaknya bakal jadi produk menarik selanjutnya di segmen skuter matik 20 jutaan… Bukan cuma tentang ‘dek rata’ yang seolah dibesar-besarkan, tapi tentang kesungguhan mereka membuka mata konsumen akan segala kelemahan Vario 150 – sekaligus menggulingkannya dari singgasana matic 150cc terlaris.

 

 

Saat EA’s Blog memulai dunia blogging tahun 2012 silam, saya pernah membaca sebuah bahasan menarik soal runtuhnya kejayaan Yamaha Mio di tanah air… Isinya membahas panjang lebar tentang strategi PT. Astra Honda Motor yang menggempur Mio dengan seabrek produk sekaligus – BeAT, Scoopy, Spacy & Vario MMC. Strategi “sandwich” yang sukses membuat skuter matik entry-level Honda bisa seperti sekarang ini. Matik 2 juta umat.

 

Yamaha B3F - Force 155

Yamaha Force 155 Taiwan

 

Membaca seputar rumor Yamaha B3F di blog-blog papan atas, rasa-rasanya kok seperti bukan hal yang aneh ya? Yup, ini strategi yang sama seperti yang dilakukan Honda beberapa tahun silam – hanya saja, berbeda mangsanya. Jika dulu Honda coba menggulingkan Mio, kali ini pabrikan garputala yang coba menggulingkan Vario 150 lewat trio Aerox 155 VVA, NMAX, dan tentu saja sang Yamaha B3F.

 

 

Jika Yamaha B3F benar bakal sesuai seperti bocoran sebelumnya – which is identik dengan Force 155 – dengan spek mesin 155cc VVA ala NMAX, body sporty, kaki-kaki gambot, suspensi monoshock, ‘dek rata’, serta jaminan fitur inovatif ala pabrikan garputala… Tentunya hal ini bakal jadi pukulan amat sangat telak bagi Honda Vario 150 eSP. Karena jika benar demikian, Vario 150 bakal nggak punya keunggulan apa-apa lagi dong! Kecuali jika Brosist penggemar emblem berlogo sayap.

Yuk kita jujur-jujuran aja deh, apaan sih yang diharapkan dari Honda Vario 150 eSP? Performa bak mesin VVA ala Aerox 155? Finishing bak Yamaha NMAX? To be honest, kalau nggak ada alasan ‘dek rata’, produk ini harusnya dapat bully habis-habisan. Banderolnya juga nggak murah lho, Rp. 21,2 juta dan cuma berselisih Rp. 1,4 juta dari Aerox 155 VVA – yang secara spek jauh lebih bagus!

 

Yamaha B3F - Force 155

Yamaha Force 155 vs Vario 150

 

Tapi Honda juga pasti bakal merespon kan, Kang Eno? Itu pasti. Karena mereka adalah pebisnis yang handal. Meskipun menurut EA’s Blog sih bakal amat-sangat berat. Kenapa?

Soalnya, saat ini harga Vario 150 sudah menyentuh Rp. 21 jutaan dengan fitur ban cungkring yang harus diupgrade, CVT yang harus diakali supaya nggak “gredet-gredet”, jok yang harus dilapis busa empuk, serta body yang harus di-wrap stiker supaya warnanya nggak luntur. Kalau mau Honda Vario 150 punya fitur suspensi belakang ganda, mesin generasi terbaru, ban tapak lebar, speedometer full digital, serta desain body baru yang ciamik… Mau dibanderol berapa? Rp. 26 jutaan diatas Aerox S-version yang full fitur?

 

 

Dibanderol agak murah – let’s  say Rp. 22 juta – pun juga bukan tanpa masalah. Jika nantinya edisi facelift dengan seabrek perubahan yang head2head Aerox 155 dibanderol demikian, yang paling tersakiti adalah user Vario 150 lawas yang seabrek jumlahnya… You know what i mean.

Berharap ada PCX150 Lokal dalam waktu dekat? Yaelah, masih jauh deh kayaknya. Bahkan saya sih lumayan yakin kalau spyshot Yamaha B3F yang dites jalanan (seandainya ini jadi kenyataan) bakal lebih dulu muncul ketimbang printilan part PCX Made in Indonesia.

 

Vario 150 Jawa Timur EA's Blog

Momen testride perdana Honda Vario 150 eSP. Time flies….

 

Saat pertama kali diluncurkan tahun 2015 lalu, Honda Vario 150 merupakan sosok skuter matik fenomenal dan memuaskan hasrat konsumen Indonesia yang haus akan matik berkapasitas 150cc… Tapi setelah Negara Api duet NMAX & Aerox 155 VVA menyerang, segalanya berubah. Terlebih dengan munculnya rumor Yamaha B3F, skuter matik 150cc Honda tersebut nampak bak telur di ujung tanduk.

 

 

Strategi sandwich bareng Yamaha B3F – Aerox – NMAX ini tentunya jadi sesuatu yang kita tunggu, terlebih jika pabrikan garputala mampu mengulangi catatan gemilangnya bersama Aerox & NMAX. Yang lebih penting, produk tersebut juga berpeluang membuka mata seluruh konsumen Indonesia – akan betapa menggiurkannya skuter matik 150cc dari Yamaha. Sekaligus membuka mata kita betapa lucunya mereka yang masih bergantung dan mengagung-agungkan sosok Vario 150, serta menanti respon Honda di beberapa waktu kedepan.

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

26 comments

  • gondes

    Saee mang tapi asa ageung teuing payunna jiga hidrocepaluss,,tos we payun mas sapertos xeonnnn,,kanton upgrade mesin body jeng pelkna kwalitasna oge perlu diupgrade,,haturnuhun kang punten pisannn

  • Fanboi emblem sayap gak ngeliat fitur om, asal logo nya sayap ya dibeli apalg bodynya keren. Contoh paling nyata ya CBR150 CBU Thai 42jt an, padahal dengan uang segitu bisa dapet 250cc twin seken, tp toh gak ada mbek yg bilang itu operpret, dianggap worthed lah (Setelahnya lngs diskon jd 30jt ngoahahaha).

    Coba Verza body dimiripin ama ANCB dengan fitur monoshock harga naikin jd 22jt an, pasti laku keras dibanding ANCB.

    • Ceberus

      Karena dulu kompetitor belum ada yg sama, jadi konsumen gaada pilihan.. Dan opini kedua lu ga masuk akal deh, mesin aja beda, tetep konsumen mikir* lah.. Beda sama yi*m, dari bebek sportnya sampe sportnya 35 jutaan masih “sama” basic mesinya..

  • satriabergetar

    Biasanya penggemar buta merk tertentu itu adalah hasil “doktrin” orang tua jaman dulu yg hanya kenal 1 merk…. #ehhh

  • maya

    kenapa harus takut menyakiti user Vario 150 lawas? kan untungnya ada di user vario baru dan di pabrikannya sendiri kata ku sih win-win solution kaya cbr150r pas facelift baru yang baru setahun.

  • Renhan

    Pedess level dewa artikelnya

  • 1N23456

    Soalnya, saat ini harga Vario 150 sudah menyentuh Rp. 21 jutaan dengan fitur ban cungkring yang harus diupgrade, CVT yang harus diakali supaya nggak “gredet-gredet”, jok yang harus dilapis busa empuk, serta body yang harus di-wrap stiker supaya warnanya nggak luntur. Kalau mau Honda Vario 150 punya fitur suspensi belakang ganda, mesin generasi terbaru, ban tapak lebar, speedometer full digital, serta desain body baru yang ciamik… Mau dibanderol berapa? Rp. 26 jutaan diatas Aerox S-version yang full fitur?
    ——————————————————————————————-

    Berkaca pada pengalaman Vario Techno Karbu 110cc tahun 2012 dengan range harga sekitar 14,5jt pada tahun itu kemudian tiba-tiba saja digantikan Vario Techno 125cc FI dengan fitur yang melimpah range harga 15,3jt versi std dan versi cbs 15,9jt an pada tahun yang sama maka sangat mungkin kedepan bisa saja kalau Vario 150 sudah terjepit kompetitor Honda upgrade signifikan full fitur, misal membenamkan teknologi i-vtec dll di motornya dengan harga yang ga jauh beda dengan Vario 150 versi lama? Mungkin saja, seperti yang dibilang AHM adalah pebisnis yang handal untuk ini 🙂

  • prangekso

    Tunggu saja kehancurannya, efek dari tidak mau mendengar keinginan konsumen,.,

  • Potato

    Vario dijadiin maxi scooter, beat naik kelas buat lawan b3f, kalo mau agresif buat jaga2 bikin juga varian yg lbh murah lagi dari beat, fitur seadanya. Mirip2 kasus inova, avansa, agya/ayla, tp honda lbh berani merombak vario, jgn kaya inova baru, parahlah.

    • Healme

      Terus muncul pabrikan wulling dengan fitur seabrek dan kelebihan-kelebihan dibandingkan tu produk toyota dengan harga yang sangat2 value for money yang membuat mobil2 keluaran toyota serasa operpret. Kok disamain sama roda 4. Jelas lain lah strateginya.

  • Kobayugas

    Kang Eno kalau buat artikel ga ada takut takutnya kayanya masih suci ni belum tersentuh amplop…jadi ingat Kiwil sama kembarannya jaman masih polos buat artikelnya juga kaya tukang VCD bajakan tapi setelah negara kodok menyerang jadi agak suka saling bgtu…kekuatan amplop memang luar biasa… Tau deh kang Eno kalau sudah ketitipan iklan bakal tetap macam ni atau malah jadi lembek kaya tau UPS… Sukses ya kang eno

  • Plot twist:
    H dan Y ini sebenarnya kawan dekat. Beberapa tahun yg lalu Y memang sengaja “biarin” H menangin pertarungan karena nggak sanggup produksi sesuai jumlah permintaan pasar. Sekarang gantian waktunya H kasih momen Y buat fight back.

  • soleh

    Montor baru bagus2 semua tp ane gk pernah beli(eman duit)

  • Bachtiarr

    Kang eno ,tolong dong bahas tentang sejarahnya ernst degner, karena beliau adl salah satu kunci utama perkembangan mesin 2 tak di GP

  • eSTeh 12

    Satu sih kang eno, yg jd kelebihan (yg bener2 kelebihan, bukan gimmick aja imho) dari vario 150 menurut saya adalah ukurannya yg lbh kecil dari nmax, aerox dan (mungkin) b3f. Enak buat selap selip (pede aja selap selip di kemacetan pake vario dibanding pake nmax) dan lbh gampang nyempil2 di parkiran. Mungkin di atas kertas selisih PxLxT vario vs nmax & aerox gak banyak, tp ttep vario itu (lebih) kecil (daripada nmax & aerox). *says a suzi fans lol

  • Macan nyengir

    Mirip iPhone vs Samsung..
    Mahal minim fitur vs murah banyak fitur
    Hayo.. alasannya kenapa yg laris malah yg mahal.. jiahahaha

  • Badi

    Ingat loh om Eno, Honda punya Astra Group looh, tau sendiri kan, raja otomotif dinegeri ini, dgn kekuatan dana yg melimpah, ga mgkn lah tinggal diam, selain faktor brand Honda yg sdh kuat….

  • Healme

    Kalo menurut gue kenapa vario bisa tinggi penjualannya bukan soal dek rata. Menurut gue desain dan ukuran vario yang bisa diterima. Ga kebesaran dan ga kekecilan dan ban pun cocok dengan ukuran segitu, kalo dijejelin ban ukuran aeorx ya jomplang. Jadi dipakai siapapun cocok. Coba intip desain xeon, bantet bin semok. Orang yang bertubuh besar serasa beruang sirkus. Lalu desain aerox 155. Orang kecil pasti mikir kalo naik matic sebesar itu. Jujur aja, gue kesengsem sama aerox S version, tapi tinggi gue cuma 163. Yang ada duduknya di ujung jok nanti hahaha.

    • rein

      lah ane yg cuma 165 bobot cuma 55 pede kok om naik R6 penting yakin om wkwkwkwk walau kaki gak bisa napak dua-duanya hahahaha pede aja

      • Healme

        Lah elu mah kan ketawan motor hobi yang bukan dipake buat komuter tiap hari. Kalo buat hobi mah bebas mau pake motor apaan aja asal duitnya cukup. Lagian ngapain bahas keluar topik dah. Orang fokusnya di produk nmax, aerox, vario dan calon penggebuknya vario kok.

  • Setdah

    Kl 3bf..mrpakan force 155/majesty 155..dg hrg lbih murah n fitur menarik..tp vario series masih laris..udah pasti bnyk konsumen yg buta merk.

  • ipin

    sy masih mepermasalahkan dimensi motor yamaha yg besar, sy pakai matic suzie 125cc, enak buat nyempil nyempil. masih membayangkan kalau pakai matic yg besar.

    • Healme

      Sama jangan lupa kapasitas tangki bbmnya. Aerox cuma 4,5lt sedangkan vario 150 5,5lt. Masa matic gambot ukuran tangkinya segitu si. Harusnya disamain lah sama nmax yang 6,6lt.

  • Rangga

    Gokiill kang eno, jleb banget buat honda.
    Inti nya kita sebagai konsumen jangan sampai buta sama merek, lihat value nya juga.
    Kebayang ga aerox yg fitur nya bejibun cuman beda dikit harga nya sama vario 150.
    Jadi seberapa maruk honda ngambil untung dan ngibulin konsumen?

    Untuk saat ini paling value untuk matic gede d pegang yamaha, dan sport suzuki

  • selamet

    Liat aja,kalo masih belum bisa geser,berarti ada yg “bener”.

Tinggalkan Balasan