Advertisements
GSX-S150 vs Z250SL Second

Pilih Suzuki GSX-S150 atau Kawasaki Z250SL Second?

Suzuki GSX-S150 adalah naked bike 150cc paling powerful yang dijual dipasaran saat ini. Sementara itu, Kawasaki Z250SL Second (bekas) adalah motor paling powerful di rentang harga kurang dari Rp. 30 jutaan. Mana yang lebih layak untuk dipilih?

 

 

Yup, pertanyaan ini dilontarkan oleh Kang Irfan via email ke EA’s Blog… Kedua motor ini memang sama-sama menggoda jika dibandingkan dengan naked-bike 150cc yang dijual dipasaran saat ini. Suzuki GSX-S150 sebagai motor 150cc hi-performance yang termurah, sementara Kawasaki Z250SL Second menjadi 250cc paling menggiurkan dipasaran saat ini karena harganya dibawah Rp. 30 jutaan!

Kebetulan saat artikel ini ditulis, EA’s Blog sedang menghandle keduanya secara langsung (bahkan masih saya test saat ini)… So, alasan yang saya tuliskan nantinya tentu berdasarkan hasil test langsung keduanya untuk penggunaan harian. Mana yang lebih baik? Yuk, langsung aja kita bahas dari berbagai aspek penilaian!

 

Desain & Fitur

 

GSX-S150 vs Z250SL Second

Sama-sama naked-bike ‘tulen’, sama-sama ‘nungging’, sama-sama ringan dikelasnya masing-masing

 

Secara desain, keduanya punya kesamaan konsep yang cukup kuat. Baik GSX-S150 ataupun Z250SL sama-sama merupakan versi naked dari sportbike GSX-R150 & Ninja RR Mono. Keduanya juga punya dimensi yang mungil, jika dibandingkan dengan kompetitor dikelasnya masing-masing. Akan tetapi, Z250SL yang masuk kategori 250cc punya build quality lebih solid, serta part yang lebih eyecatching seperti Frame trellis keren, Disc brake berdiameter lebar, Tangki BBM, Suspensi & Swingarm lebih gambot, serta desain keseluruhan yang lebih kokoh.

Namun jika berbicara soal fitur, kondisinya berbalik 180° tuh Brosist! Suzuki GSX-S150 yang hadir belakangan telah dibekali seabrek fitur kekinian, seperti lampu utama LED, Speedometer full-digital dengan panel instrumen komplit (lebih lengkap dibanding Z250SL), serta Kunci kontak berpengaman magnet yang absen di naked-bike Kawasaki.

 

Ergonomi & Handling

 

GSX-S150 vs Z250SL Second

Setang tinggi GSX-S150 & Bobot yang enteng bikin ergonomi + handlingnya juara!

 

Meskipun sama-sama mengusung tema naked-bike, tapi ergonomi keduanya berbeda jauh. Suzuki GSX-S150 punya karakter ergonomi yang lebih bersahabat, dengan setang dan posisi duduk yang lebih rileks – sangat cocok untuk pemakaian sehari-hari. Sementara Kawasaki Z250SL punya ergonomi yang jauh lebih sporty dan merunduk. Membuat rider bakal lebih “menyatu” dengan motor, tapi disisi lain juga membuat telapak tangan pegal saat dibawa riding jarak jauh.

 

Soal handling, GSX-S150 adalah juaranya! Selisih bobot hampir 20Kg membuat naked-bike terbaru Suzuki ini jauh lebih ringan dan lincah saat diajak bermanuver di kondisi lalu-lintas yang padat… Tanpa mengurangi respect kepada kompetitor lain dikelasnya, inilah naked-bike paling mumpuni soal riding quality yang ditawarkan. Meskipun jadi salah satu yang paling ringan dikelas 250cc, namun perlu diakui, Z250SL terasa lebih berat dan ‘kaku’ jika dibandingkan dengan ability handling GSX-S150. Well done, Suzi!

 

Praktikalitas

 

GSX-S150 vs Z250SL Second

Praktikalitas jadi masalah besar bagi Suzuki GSX-S150…

 

Bicara praktikalitas, keduanya punya problem yang sama bagi boncenger. Yup, baik Suzuki GSX-S150 ataupun Kawasaki Z250SL sama sekali tak bersahabat bagi para boncenger. Kawasaki Z250SL punya jok belakang yang sangat keras dan mungil, membuat bokong boncenger gampang pegal. Sementara itu, Suzuki GSX-S150 punya problem di ketinggian jok belakang yang tergolong ekstrim untuk ukuran naked-bike 150cc, meninggalkan pengalaman buruk bagi para boncenger… Keduanya sudah saya test langsung lho, dan hasilnya, jujur, bikin saya ogah dibonceng kedua motor ini.

 

Sementara untuk sisi praktikalitas lainnya, kedua naked-bike ini punya space bagasi mungil (dibawah jok) yang cukup untuk menyimpan toolkit serta lap… Sayangnya ukurannya jauh lebih kecil dari motor bebek apalagi skutik, jadi jangan harap bisa simpan barang penting semisal tas kecil ataupun jas hujan. Namun GSX-S150 punya keunggulan lain yakni fender dan spatbor gantung belakang yang lebih lebar yang mampu menghadang cipratan air/lumpur dengan lebih baik dibanding Z250SL.

 

Power & Performa

 

 

Nah, inilah pertanyaan yang ditunggu-tunggu: Apakah sebagai naked-bike yang berstatus paling powerful (dan paling ringan) dikelas 150cc mampu membuat Suzuki GSX-S150 mengimbangi performa Kawasaki Z250SL Secondhand yang punya mesin 250cc, Kang Eno?

GSX-S150 vs Z250SL Second

Power 28 HP yang dimiliki Z250SL vs 18,9 HP di GSX-S150 bukan sekadar angka diatas kertas semata… Perbedaanya masif!

 

Sayangnya, jawabannya nggak sama sekali. Meski punya power mencapai 18,9 HP dan mampu berkitir di RPM yang lebih tinggi, namun performa Suzuki GSX-S150 masih timpang jauh bila dikomparasi dengan motor 250cc semisal Kawasaki Z250SL… Power 28 HP yang dimiliki Z250SL bukan cuma sekadar angka.

Meskipun keduanya mampu menggapai speed 100 Km/jam hanya menggunakan gear 3, namun motor 250cc berbodi mungil tersebut mampu menggapai kecepatan tersebut jauh lebih cepat, hingga mencapai top speed di angka 140-145 Km/jam (yang pernah saya tes sendiri).

 

Sementara itu, Suzuki GSX-S150 juga sempat mencapai kecepatan impresif (131 Km/jam) saat saya coba pertama kali… Sayangnya, untuk menggapai speed tersebut GSX-S150 butuh trek yang jauh lebih panjang dan waktu yang lebih lama dibanding Z250SL. Meskipun demikian, statusnya sebagai naked-bike 150cc paling powerful jelas nggak bisa dipandang sebelah mata. Jika dibandingkan dengan kompetitor lain, GSX-S150 adalah motor paling mumpuni jika Brosist sekalian senang dengan motor berperforma tinggi. Plus, sensasi dan feeling mesin DOHC ‘Overbore’ nya benar-benar bikin ketagihan!

 

Harga & Value

 

GSX-S150 vs Z250SL Second

 

Saat ini Suzuki GSX-S150 masih dalam harga promo yang diterapkan PT. Suzuki Indomobil Sales hingga akhir Juli 2017 mendatang. Nggak tanggung-tanggung, banderolnya jadi hanya Rp. 23,9 jutaan untuk versi Standar dan Rp. 25 juta untuk GSX-S150 Touring Edition dengan tambahan aksesoris touring (OTR DKI Jakarta) – alias jadi yang termurah diantara naked bike 150cc yang dijual dipasaran saat ini!

 

Kawasaki Z250SL ZED

 

Sementara itu, Kawasaki Z250SL Second punya banderol yang tak kalah menggiurkan. Z250SL edisi 2014 yang masuk kategori 250cc punya banderol harga yang tak lebih dari Rp. 30 jutaan. Jika beruntung, Brosist masih bisa menemukan Z250SL lansiran 2015 dengan harga kurang dari Rp. 30 juta – alias hanya berbeda tipis dari motor 150cc seperti All-New Yamaha Vixion Movistar ataupun New Honda CB150R Streetfire Special Edition.

 

Suzuki GSX-S150 vs Kawasaki Z250SL Second – Kesimpulan

 

GSX-S150 vs Z250SL Second

Hayooo, pilih mana…???

 

Meski sama-sama merupakan versi naked dari saudara sportbikenya, sama-sama mengusung tampilan ala Naked-Bike agresif, dan juga sama-sama punya harga yang menggiurkan – namun keduanya juga punya perbedaan yang signifikan. Kawasaki Z250SL Second cocok jika Brosist adalah tipe konsumen yang menginginkan motor keren dan powerful dengan harga yang sangat terjangkau…

Namun karena statusnya adalah motor second (bekas), diperlukan pemahaman lebih teliti soal jual-beli motor terkait kondisi body, mesin, hingga kelengkapan kendaraan yang lain. Terlebih motor ini punya problem khas di bagian Mika headlamp yang gampang retak,  Kipas radiator mati, serta Rantai keteng & Tensioner yang berisik.

 

 

Sementara itu, Suzuki GSX-S150 punya kelebihan sebagai motor baru yang minim biaya perawatan serta memiliki karakter mesin, performa & handling yang terbaik dikelasnya – plus harga yang amat sangat terjangkau… Namun, jelas tak seistimewa Z250SL soal desain, tampilan, ataupun performa. Bahkan, banyak yang berpendapat desainnya juga tak terlalu spesial sekalipun jika dibandingkan dengan kompetitor 150cc dikelasnya. Sedihnya, termasuk saya yang juga berpendapat demikian.

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Advertisements

19 comments

  • Berdasarkan tulisan kang eno kalau diminta memilih dan ada 30 juta dikantong, saya yakin milih z250sl kang. Motor dikelas ini agak kurang tepat kalau dipaksa harian, sama sama lebih repot dibanding matic mending yang cakep sekalian karena memang buat having fun dan gaya. Selisih harga 5 juta akan tergoyahkan seandainya Suzuki berniat rombak desain, wkwkwk (Desain CB150R, Build Quality Vixion, Mesin GSX-S150 gitu mungkin)

  • Ceberus

    Vote KTM Duke 200 kang.. Lebih value for money..

    • enoanderson

      Nggak semuanya tinggal di kota2 besar kang. Lagipula harganya diatas 30 dan saya belum dikasih nyobain juga, wkwkwk

      • Miirr

        Semoga bisa nyobain duke250 nya kangg..

      • 150cc & 155cc :
        tidak masuk pilihan karna motor sejuta umat

        z250sl
        saya pilih kalau budgetnya terbatas dibawah 30 jt

        Duke 200
        saya pilih kalau ada dana lebih 5 – 7 jt dari harga z250sl second, karna dapat motor baru + suspensi usd + swingarm almu
        (warning : hrs punya motor cadangan kalau sewaktu-waktu motornya bermasalah & bengkelnya jauh dari rumah)

      • Ceberus

        Hehe, iyaa jg sih kang, maksud saya kalo 3 perbandingan kan pas, gsx-s, duke, z250l.. Jadi ada 3 pilihan mesin lebih banyak.. Saya aja yg di kota kecil masih jarang malah hampir gapernah ketemu z250l kang, rata* pada beli yg twin fairingnya.. Dengan alasan nanggung katanya.. Wkwk..

  • Mike

    Kalo kejar praktis di macet sih ambil si gsx aja, gampang nyelip2 macet.
    Tapi kalo kejar gengsi, bisa membius cewek dengan kata “dua setengah”

    • Juki

      Hmm sebagai user zsl saya kurang setuju dengan ngejar gengsi,toh kalau diliat org awam ini motor 11-12 Ama Vixion dan cb ,Dan ‘gengsi’ nya masih kalah sama motor fairing

    • labib

      Baru mau ngomwn gitu, keduluan om juki

  • labib

    Soal desain kang menurut ane kalo dibaikin oke bgt.
    Kemarin perramakali ketremu gsxs di jalan semarng . Kece bgt.
    Sayangnya yah cuma itu, lampunya

  • the more the merrier lah…. 250 cc ntab

  • Dewa Kingkong

    GSX S emang handlingnya mantab jiwa kang.. Biasa pake yg R kemaren nyobain yg S beda banget sensasinya. Enteng banget buat meliuk di ramainya lalu lintas. Posisi ridingnya juga enak banget. Serasa bisa melewati ribuan kota..Dan sedikit sedih sama modelnya yg kurang menarik.. Semoga dimake up ulang deh..

  • roy sempak operpret

    buat kota” dan sering boncengin orang? kalo iya vote cb150r / vixion aja udah cukup

  • Fansboyholix

    Kmaren merhatiin leher knalpot new r15, skarang gsx s..masih plat putih,tp ud karatan tu knalpot…koq motor skarang gampang karatan sih knalpotnya kang eno..

    • zzz

      Karatan salah 1 nya krn kompresi mesin tinggi. Klo mesin yg tergolong “adem” ya awet tu knalpot.

      • eSTeh 12

        Tul, cb n vixi jg cepet kuning, padahal verza di rumah udah 3 taun tp masih item keabu-abuan aja.

  • Danni

    Kalau komparasi sama 200NS kang ?

  • hehe

    Aku sih pilih CBR250R thailand ya. Karena udah lawas, jadi aura klasiknya mayan berasa. Apalagi yang warna ultramannya keren. Cuman mungkin suku cadangnya susah.

Tinggalkan Balasan