Advertisements
TVS Apache 160 Facelift

Hadang Pulsar 160NS, TVS Siapkan Apache 160 Facelift! 

Tak ingin tertinggal dengan kompetitornya yang baru saja merilis Pulsar 160NS, TVS Motor India langsung merespon dengan mempersiapkan Apache 160 Facelift. Calon motor baru ini sempat kepergok sedang dites langsung di jalanan India!

 

 

Seperti yang dilansir motorbeam.com, sosok TVS Apache 160 Facelift akhirnya menunjukkan titik terang setelah gosipnya mulai terdengar tahun lalu. Lewat video yang diunggah dari The Bureau Vlog di youtube.com, terlihat sosok motor misterius (yang diyakini sebagai TVS Apache 160 Facelift) sedang dites di jalanan India… Untungnya, sang pemilik video sukses mengikuti motor test TVS India, dan mendapatkan banyak petunjuk tentang produk terbaru ini.

 

TVS Apache 160 Facelift

Nggak usah dijelasin lagi deh, tuh sudah ada tulisannya…

 

Dari sisi tampilan, sosok yang diduga sebagai TVS Apache 160 Facelift ini terlihat mengusung styling yang sangat mirip dengan sang kakak yang lebih dulu dirilis, TVS Apache RTR 200 4V… Mulai dari headlamp yang agresif, Panel bodi yang sporty, Knalpot double barrel, serta Lampu belakang LED yang khas. Which is a good thing, mengingat EA’s Blog juga menyukai desain Apache 200. Jauh berbeda dari produk TVS sebelumnya, tapi tetap menyisakan unsur Indihe yang lumayan signifikan.

 

 

Dari sisi fitur dan kelengkapan, TVS Apache 160 Facelift ini nampak menggunakan rem cakram di depan, namun masih menggunakan rem tromol (drum brake) di bagian belakang. Kemudian, satu hal yang jadi upgrade signifikan dari versi lawas adalah kehadiran Monoshock – menggantikan Suspensi belakang ganda yang selalu dipertahankan di TVS Apache 160 & 180.

Sementara karet bundar yang digunakan nampaknya masih lebih mungil dari sang kakak (jadi mirip banget kasus Pulsar 160NS vs 200NS ya, entah kesengajaan atau bukan). Nggak ketinggalan, speedometernya mengusung tipe digital laiknya speedometer TVS Apache RTR 200 4V yang punya seabrek fitur yang paling komplit dikelasnya.

 

TVS Apache 160 Facelift

Nah kan, mirip banget TVS Apache RTR 200 4V!

 

Dari sektor mesin, TVS Apache 160 Facelift nampaknya bakal tetap mempertahankan mesin 160cc seperti pendahulunya. Meskipun banyak rumor yang mengatakan bakal mendapat upgrade signifikan laiknya sang kakak (4-Valve Engine + Oil Cooled), namun hal tersebut belum bisa dipastikan dalam video diatas.

 

 

TVS Apache 160 Facelift bakal menggantikan pendahulunya yang tanpa ubahan sejak 2011 silam. Di India, calon jagoan baru TVS ini bakal langsung menantang Bajaj Pulsar 160NS yang baru saja dirilis, serta deretan motor Jepang kenamaan seperti Honda CB160 Hornet, Yamaha FZ16 v2, serta Suzuki Gixxer 150.

 

 

Well… Apakah jika sudah diris nanti ada kemungkinan bakal diboyong ke Indonesia, Kang Eno? Tentu saja. Hal tersebut dimungkinkan dengan pabrik PT. TVS Motor Company Indonesia di Karawang, Jawa Barat, yang difungsikan sebagai basis produksi motor untuk pasar selain India. Jika TVS Apache 160 Facelift ini bakal jadi produk global laiknya Apache RTR 200 (dan Apache 310 yang sedang on-the-way), maka Indonesia juga bakal kebagian kok! Di Indonesia, motor ini bakal bersaing dengan Verza 150 yang masuk di segmen sport 150cc terjangkau.

 

TVS Apache RTR 200 4V

Jadi kangen kopling nyusahin-nya Apache RTR 200 4V, wkwkwk….

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

 

Advertisements

4 comments

Tinggalkan Balasan