Advertisements
Husqvarna Vitpilen 401

Bajaj Auto India: Dari Roda Tiga, Austria, hingga Husqvarna!

Siapa sangka, brand yang dulunya kita kenal sebagai angkutan roda 3 berwarna oranye plus sensasi dugem (dunia gemetar) yang luar biasa, kini mampu membungkam 2 produsen motor kenamaan Eropa. Yup, setelah berkolaborasi dengan produsen KTM, kini Bajaj Auto India juga bakal memproduksi moge 400cc besutan Husqvarna!

 

 

Di momen anniversary kerjasamanya yang ke 10, Bajaj Auto India & KTM Austria akhirnya mencapai kesepakatan resmi untuk rencana masa depan brand asal Swedia, Husqvarna… Husky (kedepannya) tak lagi hanya mengandalkan motor enduro & supermoto, tapi juga ikutan bermain dikelas yang jauh lebih ramai: kelas A2 hingga moge middleweight! Stefan Pierer (CEO KTM) & Rajiv Bajaj (Managing Director Bajaj India) bakal mempopulerkan brand “Husqvarna” di pasar global, sekaligus meningkatkan kapasitas penjualannya hingga berkali-kali lipat.

Kenapa brand sekelas Husqvarna bisa begitu mudahnya diatur-atur oleh KTM Autria & Bajaj Auto India? Yup, itu karena Husqvarna saat ini dimiliki oleh KTM – sementara Bajaj Auto India memiliki saham 48% di KTM. Husky jadi yang paling lemah disini, yang lemah mah apa atuh…

 

Husqvarna Vitpilen 401

 

Bagaimana caranya?

Seperti halnya KTM Duke & RC-series, 2 motor terbaru Husqvarna: Vitpilen 401 & Smartpilen 401 juga bakal diproduksi via pabrik Bajaj Auto di Chakan, India. Kedua model ini bakal dipasarkan secara global mulai akhir 2018 mendatang… Bajaj bahkan berencana menaikkan target produksi motor KTM & Husqvarna menjadi 2 juta unit di tahun beberapa tahun mendatang – 2 kali lipat target di tahun ini yang hanya sekitar 1 juta unit sepeda motor.

Sementara itu, moge Husqvarna Vitpilen 701 yang berkapasitas mesin lebih besar bakal diproduksi secara ekslusif via pabrik KTM di Mattighofen, Austria.  Lantas, mengapa kedua motor ‘Husky’ tersebut diproduksi di India, Kang Eno?

 

Husqvarna Svartpilen 401

 

Jika melihat secara visual dan (bocoran) spesifikasi yang diusung oleh Husqvarna Vitpilen 401 & Smartpilen 401, keduanya memiliki basic yang tak jauh berbeda dengan KTM Duke 390 yang kini diproduksi di India. Mulai dari sasis (frame), suspensi, swingarm, hingga mesin, semuanya nampak identik. Bedanya, kedua motor terbaru Husqvarna ini mengusung tampilan ala tracker & cafe racer modern-klasik – berbeda dengan Duke 390 yang bergenre naked bike modern.

Selain itu, dengan status Made in India maka harga jual kedua motor unik ini nantinya bisa jauh lebih kompetitif dibanding produksi di Eropa… Coba aja lihat banderol Duke-series di Indonesia? Bikin ngiler banget kan?

 

 

Apakah juga bakal hadir ke Indonesia, Kang Eno? Kabar baiknya, Bajaj-KTM juga memastikan Indonesia sebagai salah satu tujuan market Husqvarna Vitpilen 401 & Smartpilen 401! KTM Austria nampaknya tak mau kehilangan momentum penerimaan yang baik produk produk mereka di Indonesia. Nah, kita tunggu tahun depan yuk! Yang jelas, jangan harap harganya bisa mirip seperti Duke 200 atau Duke 250 ya…

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

6 comments

Tinggalkan Balasan