Advertisements
Kawasaki-Bajaj Rouser Filipina

Cerai di Indonesia, Kerjasama Bajaj-Kawasaki Berlanjut di Filipina!

Tahun 2013 lalu, PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menjalin hubungan manis dengan produsen kenamaan asal India, Bajaj Auto. Hasilnya, sosok motor yang saat itu paling ditunggu-tunggu khalayak Indonesia, Kawasaki-Bajaj Pulsar 200NS! Sayangnya, kemesraan tersebut tak berlangsung lama karena hubungan keduanya berakhir tahun 2015. Akan tetapi, di Filipina ceritanya berbeda 180°…

 

 

Jika di Indonesia hubungan kerjasama antara Bajaj-Kawasaki hanya seumur jagung, maka ceritanya berbanding terbalik di Filipina… Kisah 2 raksasa produsen roda 2 India & Jepang telah terjalin sejak tahun 2004 silam, alias sudah berumur 13 tahun. Hingga artikel ini ditulis, keduanya masih memegang teguh janji setia untuk sama-sama mendevelop produk berkualitas tinggi, serta saling mendukung dalam hal sales & service.

Berbeda dengan yang terjadi di Indonesia, dimana keduanya dipisahkan oleh ego tinggi, demi menunjukkan siapa yang lebih dominan. Tipikal Indonesia, banget.

 

Kawasaki-Bajaj Rouser Filipina

Lihat logo di area tangki BBMnya? Bukan “Pulsar” lho, melainkan “Rouser”!

 

Siapa yang jadi korbannya? Konsumen. Bukan cuma soal masa depan (aftersales) produk Kawasaki-Bajaj yang telah dijual dengan seabrek kata-kata press release indah. Tapi juga mimpi untuk bisa merasakan produk hasil kerjasama berikutnya pun ikutan sirna… Bajaj Pulsar 200NS Injection, Pulsar RS200, hingga Pulsar 160NS pun hanya berakhir sebatas angan-angan.

 

 

Di India sendiri, kondisinya tak jauh berbeda seperti yang terjadi di Indonesia. Bajaj Auto mengakhiri hubungan 8 tahun yang telah dijalani bersama Kawasaki mulai 1 April 2017, dan move on dengan menggandeng KTM Austria yang diyakini mampu membawa Bajaj naik kasta menjadi produsen India yang satu level lebih tinggi. Which it is…! Pulsar 200-series & Dominar adalah bukti kesungguhan Bajaj-KTM tersebut.

 

Kawasaki-Bajaj Rouser Filipina

Rouser RS200, Rouser 135LS & Rouser 200NS

 

Namun ceritanya berbeda 180° dengan yang terjadi di Filipina… Kawasaki Motors Philippines Co. & Bajaj Auto pada minggu lalu mengumumkan perpanjangan kerjasama keduanya di negara tetangga Indonesia tersebut. Keduanya bahkan sama-sama yakin takkan terpengaruh oleh perpisahan yang terjadi di India & Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan pertemuan resmi antar masing-masing petinggi Kawasaki & Bajaj – untuk menandatangani perpanjangan kerjasama di masa mendatang.

 

 

Dengan demikian, Kawasaki bakal terus memasarkan Rouser 200NS (Pulsar 200NS), Rouser RS200 (Pulsar RS200) & Rouser 135LS (Pulsar 135LS) dengan lisensi resmi Bajaj Auto di Filipina. Menariknya, geng-ijo juga tak menutup kemungkinan untuk mem-branding Pulsar-series lainnya ke pasar Filipina – seperti Pulsar AS200, Dominar, hingga Pulsar 160NS yang baru-baru ini rilis perdana di Turki.

 

 

Hmmm, kalau begitu, kapan nih Bajaj Auto bakal comeback ke pasar Indonesia? Banyak konsumen potensial yang sudah menunggu line up motor terbaru Bajaj India lho!

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist… 

 

 

Advertisements

4 comments

Tinggalkan Balasan