Advertisements
Suzuki Address Playful

First Impresion: Suzuki Address Playful, Remember the Special!

Peluncuran Suzuki Address Playful beberapa waktu lalu sebenarnya bukanlah hal yang spektakuler, karena sejujurnya produk ini hanyalah Address standar yang diberikan opsi pilihan warna seabrek… Tapi kalau ditelaah kembali, sebenarnya pabrikan berlogo “S” seakan memberikan kita reminder betapa spesialnya skutik yang satu ini. Seberapa spesial?

 

 

Pertama, kenapa EA’s Blog sebut sebagai reminder (pengingat)? Karena Suzuki Address sebenarnya rilis pertama kali tahun 2014 lalu, di Jerman, dengan embel-embel skuter matik entry-level berstandar ekspor Eropa! Dibeli orang Eropa beneran cuy, bukan tampang Eropa yang tinggal di Filipina…!

Sayangnya, saat itu PT. Suzuki Indomobil Sales masih terlelap tidur dalam kesendirian dalam gua, sehingga EA’s Blog, beberapa rekan blogger lain, beserta pembaca setianya pun terpaksa absen info matic terbaru dengan konsep mirip Spacy Helm-in (Vision) yang satu ini.

 

Suzuki Address Playful

 

2017, Suzuki kembali menghadirkan varian terbarunya dengan label Suzuki Address Playful. Nggak ada yang spesial, kecuali bagi para hipsters yang doyan gonta-ganti warna motor sesuka hati. Karena nggak cuma dibekali dengan 10 pilihan warna (Stronger Red, Aura Yellow, Fresh Green, Macho Bright Blue, Majestic Gold, Dark Grey, Brilliant White, Hyper Pink, Luminous Orange dan Ice Silver), PT. Suzuki Indomobil Sales juga memberikan opsi spesial bagi para hipsters untuk bisa gonta-ganti warna dengan membeli aksesoris body parts berwarna khusus yang dijual di dealer Suzuki terdekat.

 

 

Karena opsi warna dual-tone yang berlimpah tersebut, Suzuki membanderol Address Playful dengan harga Rp. 15,2 juta (OTR Jakarta) – atau lebih mahal sekitar Rp. 400ribuan dibanding Address versi Standar yang hanya dibekali kombinasi warna single-tone.

Sampai pada paragraf diatas, pertanyaan selanjutnya adalah: Apaan sih yang spesial dari Suzuki Address Playful? Ini dia!

 

Suzuki Address Playful

 

Pertama kali EA’s Blog menaiki skutik yang satu ini, yang saat itu langsung terfikirkan adalah sosok Spacy Helm-in (BOB) yang terparkir rapi di rumah. Perbedaannya yang signifikan, Suzuki Address Playful jauh lebih compact (ramping) dibanding Spacy BOB yang terlalu “gembrot” – meski sama-sama punya fitur Helm-in & Tangki BBM yang berkapasitas besar.

Area deknya luas, sayang space untuk kaki saya yang punya ukuran sepatu 44 terbilang sempit. Poin positifnya, dengkul jadi nggak khawatir mentok area dek… Berguna bagi para pemotor yang otaknya berada ditempat tersebut, hahahaaa.

 

 

Ergonominya persis banget deh, sumpah! Semoga saja ground clearance nya juga nggak dibikin mirip seperti Spacy Helm-in yang nyebelin – ala skuter matik Eropa. Sementara itu, busa joknya terbilang standar untuk ukuran papan jok yang dibekali coakan untuk mendukung  bagasi helm-in. Nggak bikin bokong sakit laiknya Spacy BOB, tapi juga nggak seistimewa jok skutik Yamaha yang empuk… Poin plusnya, kulit jok milik Suzuki Address sudah dibekali warna dual-tone (hitam abu-abu) lho!

 

Suzuki Address Playful

 

Beralih ke bagian body & finishing, nah disini nih keunggulan mutlak yang dimiliki Suzuki Address Playful! Kualitas plastik body milik Suzuki Address benar-benar tebal dan kokoh… Sambungan antar body pun dibuat solid, tak meninggalkan celah sedikitpun untuk bisa dikritisi Fansboy Skutik Honda & Yamaha. Semua jadi makin spesial saat melihat finishing cat dan pernis yang super glossy dan berkelas – bahkan sampai bulir glitter catnya pun ikutan kelihatan.

 

 

Jujur, hal seperti ini baru pertama kali EA’s Blog temui di skuter matik yang sesungguhnya masuk kategori entry-level (Rp. 14-15 jutaan)… Jangan salah lho, nggak sedikit skutik yang lebih laris – bahkan ada juga yang harganya lebih dari Rp. 20 jutaan, tapi nggak punya kualitas & finishing yang mendekati milik Suzuki Address Playful.

In my opinion, nampaknya keputusan PT. Suzuki Indomobil Sales untuk memproduksi dan mencetak part body secara mandiri (langsung di pabrik, tanpa lewat vendor) adalah hal yang harus kita apresiasi dari Suzuki Indonesia. Hasilnya nggak bohong, Good Job Suzy!

 

 

Well… Jika Brosist adalah salah satu fans Honda Spacy Helm-in, namun kecewa karena skuter matik tersebut tak lagi mendapat update sejak 2013 lalu – maka Suzuki Address Playful bukanlah alternatifnya, melainkan pilihan yang jauh lebih baik… Bertampang elegan, punya praktikalitas tinggi, serta kualitas yang layak diacungi 2 jempol.

Bagaimana bila dibandingkan dengan Honda BeAT atau Yamaha Mio Z? Saat ini EA’s Blog belum bisa kasih kesimpulan, semoga saja kedepannya saya bisa test unitnya untuk mendapat perbandingan yang lebih clear. Meskipun saya sih cuma bisa berpesan: watch out BeAT & Mio – kita semua telah mengetahui sisi spesial dari Address!

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

17 comments

  • B lmp

    Kata pansboy sih.. Selain matik honda itu boros.. Handling gak enak.. Kualitas jelek cpt rusak dan sebagai nya.. Sparepart mahal dealer jarang jdi kendala address susah laku..

  • Tony

    Kemana aja kang? Kangen nihh..
    Btw jangan terlalu nyelekit kang, banyak yang “kobong” ntar..

    • July

      Bukan nya nyelekit kang, tp terlalu jujur kang Eno nya
      Jgn lama2 liris artikel nya, banyak yg kangen nih ternasuk sahaya hehehe

      • Tony

        “Honesty is the best policy” ya kang…
        Tapi kalo berhadapan dengan fb2 ya jadinya the worst policy

    • labibhabibi

      Kang eno sekarang aktifnya di uc news.
      Kang jadiin uc pilihan kedua buat posting dong kasian pembaca setia yg sering buka tutup blog gadapet apa2

  • July

    Suzuki mulai bangkit dr alam mimpi kang Eno, Smash, Nex di reborn biar dealer tambah rame banyak pilihan motor nya
    Dari semua keunggulan Suzuki cm 1 kurg nya, coba lambang “S” diganti sayap kepak pasti laris manis bak kacang goreng

  • Busa_tio

    Poin positifnya, dengkul jadi nggak khawatir mentok area dek… Berguna bagi para pemotor yang otaknya berada ditempat tersebut….
    =====================

    Wkwkwk… koplak, lngsng ngakak sendirian nih ane….. :mrgreen:

  • deth

    cek suzuki spin om, glitternya juga ketara bet, material bodimya oke punya

  • bescorpio

    Banyaknya varian Address dengan beragam harga bikin bingung, ada Standard, livery GP, Elegant, sekarang Playfull, set dah

    • eSTeh 12

      Pilihan cuma 1 dibilang pelit, gak variatif.. Giliran dikasih banyak banget pilihan ngeluh bingung.. hahaha

  • Minul Kiyut

    Ada foto mega gallery full warnanya en…

  • Tumben kang dah jarang update, ane demen baca bullian ente sama pabrik motor ane, wkwkwkkw :v

  • Kang untuk NEXT gimana..?
    mesin sama beda body doang ya..?
    secara harganya menggiurkan 12,x jt OTR jkt
    mau nebus 1 buat komuter
    mayan kalo buat anter2 dagangan
    matic paling irit kan..?
    100 skian kmpl
    CMIIW

  • Semoga ide lahirnya ni varian bukan dari masukan petugas spbu

  • @1

    Aneh…dah langganan email tp ko g d email masuk y kang dr blog sampeyan??

  • valentino rosidin

    cuman kalo badan setinggi kita-kita yang di atas 175cm, berasa naik odong2 ya… 😀

  • Wah kualitas body suzuki udah blik lgi nih.. apakah stebal plastik shogun sp125 dan glitter catnya sperti varian night rider?? Btw uk sepatu 44 trnyata kang eno pnya tlapak kaki yg gambot jg rupanya hhehe

Tinggalkan Balasan