Advertisements
Yamaha X-Ride 125

Yamaha X-Ride 125 BlueCore, Ekspektasi vs Realita!

Setelah negara api menyerang, pulang karena mules, sampai balik menyerang lagi, akhirnya Yamaha X-Ride 125 bakal kena upgrade. Horeee!!

 

 

Pasca kehadiran Honda BeAT Street beberapa waktu lalu, eksistensi Yamaha X-Ride terus dipertanyakan. Pasalnya, skuter matik bergaya enduro yang satu ini belum mendapat ubahan apapun sejak dirilis 3 tahun lalu. Bahkan, mesinnya masih menggunakan tipe 115cc YMJet-FI, yang saat ini sudah “dibuang” oleh Yamaha… Namun, kabar tentang sosok New Yamaha X-Ride 125 yang punya codename Yamaha BY8 kini terbukti tinggal selangkah lagi menuju perilisan nanti.

Nah, sebelum dirilis dan diperkenalkan secara resmi, yuk kita bahas Ekspektasi & Realita nya seperti biasa…!

 

Desain & Detail

 

Yamaha X-Ride 125

 

Ekspektasi: Selain mengusung desain yang edgy dan sporty laiknya versi lawas, Yamaha X-Ride 125 yang bergaya ala matic-enduro juga seharusnya mendapat ubahan di sektor kaki-kaki. Contohnya seperti suspensi belakang gas-canister (tabung), velg spoke-wheel, atau tipe ban touring yang berbeda dari skutik 125cc Yamaha lainnya.

 

 

Realita: Nggak usah muluk-muluk, sebagai skuter matik dengan banderol sekitar Rp. 16-17 jutaan, apa yang bisa diharapkan? Berharap cover body dari pipa tubular-steel? Velg spoke wheel alumunium? Atau Ban Michelin M45 sebagai standar? Mimpi boleh, kejauhan jangan…! Beruntungnya, dari salah satu bocoran menyebutkan kalau suspensi belakangnya bakal menggunakan tipe tabung, which is a great news!

 

New Honda BeAT Street eSP 2016

Pemenang Motor Terburuk EA’s Blog edisi 2016

Pemenang Motor Terburuk EA’s Blog edisi 2016

 

Sementara untuk desainnya, EA’s Blog nggak menemukan alasan tampang Yamaha X-Ride 125 bakal lebih buruk dari Honda BeAT Street eSP. Pertama, karena Yamaha memang jagonya dalam hal racik-meracik desain motor yang sporty. Dan alasan yang kedua, tampilan BeAT Street aslinya benar-benar soulless & buruk rupa… Saya nggak bisa membayangkan ada skutik 110-125cc dengan tampilan lebih buruk dari BeAT Street.

Yang aneh, koq sampai sekarang belum ada spyshot unit Yamaha X-Ride 125 sedang tes jalanan dan minta approval desainer petugas SPBU ya?

 

Fitur

 

honda-beat-street-esp-2016-fitur-terbaru

Speedometer Digital, satu-satunya hal bagus di BeAT Street

 

Ekspektasi: Seperti halnya Mio M3 SSS AKS PERES BGTS, kita tentu berharap Yamaha X-Ride 125 juga memiliki fitur yang serupa. Dan jangan lupa, X-Ride 125 juga nggak boleh minus fitur keren (satu-satunya) yang dimiliki Honda BeAT Street: Speedometer digital! Yamaha Aerox 155 yang harganya 21 jutaan aja bisa pakai Speedometer LCD 5,8 Inch, masa iya X-Ride yang 16-17 jutaan nggak bisa dikasih speedo digital dengan bentang layar setara Nokia 3310?

 

 

Realita: Fitur standar yang ada di skuter matik Yamaha seperti Smart Stand Switch, ECO Indicator, serta Smart Lock System – hingga yang terbaru seperti Advanced Key System, dan Smart Stop System juga nampaknya bakal disematkan ke Yamaha X-Ride 125 BlueCore. Sayang untuk speedometer digital, nampaknya EA’s Blog pun belum berani berharap lebih…

Tapi, kalau nantinya ternyata X-Ride 125 dibekali speedometer digital, tentu saja merupakan sebuah kabar yang sangat baik. Saya apresiasi deh!

 

Mesin

 

Yamaha X-Ride 125

 

Ekspektasi: Ahhhh, mesin 125cc SOHC 4-Valve VVA seperti milik NVX 125 pasti bakal cocok banget dipasangkan di Yamaha X-Ride 125 yang butuh torsi maknyus!

 

Realita: Sudah, sudah, jangan kebanyakan mimpi. Bangun & cuci muka dulu sana! Itu mesin BlueCore 125cc Air-cooled mau dikemanain?

 

Harga

 

New Honda BeAT Street eSP 2016

 

Ekspektasi: Saat artikel ini ditulis, Yamaha X-Ride 115 lawas dibanderol Rp. 16 Juta (OTR Jakarta)… Nah, jika melihat kode NJKB Yamaha BY8 (diduga sebagai kode produk milik X-Ride 125 BlueCore) yang lebih murah sekitar Rp. 500.000-an dibanding produk versi lawas, wah ini berarti harga X-Ride 125 bakal turun jadi Rp. 15 Jutaan aja dong?

 

 

Realita: Kalau mau jujur, sebenarnya bisa stay di angka Rp. 16-17 jutaan pun lumayan koq… Apalagi saat ini Honda BeAT Street eSP dibanderol Rp. 16 Juta (OTR Jakarta). Jika Yamaha X-Ride 125 terbukti mengusung beberapa pernik yang disebutkan di poin ekspektasi & realita sebelumnya, EA’s Blog yakin harga demikian pasti sanggup membuat BeAT Street nampak overprice deh!

 

 

To be honest, sebenarnya EA’s Blog juga bukan fans family skutik 125cc entry-level milik Yamaha… Tapi apalah daya, demi menghalangi konsumen yang nggak suka dunia sepeda motor membeli BeAT Street, memberikan opsi yang lebih baik, dan menghindari lahirnya dagelan AHM seperti BeAT Street – BeAT Street yang berikutnya, so kali ini semoga Yamaha X-Ride 125 BlueCore mampu sesuai ekspektasi & realita.

Good Luck, X!

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

 

Advertisements

13 comments

  • July

    Seperti nya ya kang Eno, Beat street itu cuma buat pancingan biar X-Ride di rombak. Ujungnya trus dihantam Remix

  • topman

    xride sih ga terpancing beat street, wong lakunya msh kenceng… tapi yimm mana tahan produksi mesin 115cc nya
    btw pake mesin 115cc aja masih lebih mahal dibanding new soul, apalagi ntar 125cc ya?
    tapi takutnya sesuai prinsip bluecore, bodi jadi lebih tipis dibanding skrg yg solid banget

    • enoanderson

      Justru bukan kalau pakai 125cc bisa lebih murah ya? Soalnya kan teknologinya hampir sama kayak 115cc, tapi common parts nya jauh lebih banyak yg 125cc.

      • Cat

        Masuk akal, jadi tujuan facelift X-Ride sekalian ganti mesin untuk memotong biaya pembuatan mesin lama agar semua produksinya common parts dengan produk entry nya Yamaha

  • CS12A1RR M/T

    Nah ini baru artikel asli kang Eno…
    Asik di bacanya..

  • Somplak

    Mesin esp udah ada ban 12inch udah ada tinggal dihamtem pake zoomer harga 17jtan Selesai xride…

  • Hamba Allah

    Yg…suka dari prod yamaha…
    Desain,karakter,performance,model tdk mudah terpancing dan ikut ikutan.punya ciri khas sendiri,tdk seperti sebelah yg ambisius …ada prod baru sebelah langsung direspon baik iklan masiv,pasif dan rilis cat/stiker gonta ganti dan prod baru…
    Xride…harus punya karakter tersendiri dan disimpan pada posisi segmentasi berbeda dari gen 125 bluecore….suspensi,torsi,agility,sesuatu desain garang….analog speedo dan analog rpm lebih bagus dari pada lcd speedometer,lampu depan jgn pakai led tapi desain lampu dpn ditambahin lampu tambahan sesuai konsep adventure….
    Desain blk ok, lampu dpn dan samping sayap yg kurang mantap…
    Ditambah teralis body serta engine kill,pass beam…
    Aks,sss,….bluecore bisa diabaikan…
    Sepertinya akan sesuatu banget…

  • jung

    Yang anehnya didaerah ane kang Beat street mulai banyak lo, bahkan lebih banyak dari x ride, ane tinggal di Cilincing sering jalan lewat Ancol kadang ke Cempaka mas, dan lebih aneh lagi CS1 malah banyak yang make ditempat ane , yang pasti kondisi second, mungkin dah tau x yak tenaganya​ cs1 tu galak

  • eSTeh 12

    Udah keluar yg baru, gmn nih pendapatnya kang eno?

Tinggalkan Balasan