Advertisements
2017 Kawasaki Versys-X 250

Ikut Ninja 250, Kawasaki Versys-X 250 Bakal Rakit Lokal (CKD)?

Seperti halnya Ninja 250 & Z250, Kawasaki Versys-X 250 adalah produk PT. Kawasaki Motor Indonesia yang diimpor secara utuh dari Thailand. Namun sebentar lagi statusnya bakal segera berubah, karena Kawasaki berniat segera merakit motor adventure 250cc ini secara lokal!

 

 

Niat PT. KMI untuk merakit lokal (CKD) sosok Kawasaki Versys-X 250 via pabrik Cikarang, Bekasi, nampaknya bakal segera terwujud. Keinginan ini pertama kali disampaikan saat momen perilisan beberapa waktu lalu, seiring dengan pertanyaan status Versys-X 250 yang masih didatangkan secara impor dari Thailand. Buktinya bisa Brosist lihat sendiri pada status NJKB motor adventure touring ini via Situs Samsat DKI Jakarta.

 

Versys-X 250

Tuh bandingkan antara yang CKD dan non-CKD, lebih murah kan?

 

Apa arti CKD dan apa keuntungannya jika dibanding impor utuh, Kang Eno? Well, CKD adalah akronim dari “Complete Knock Down” , alias impor secara part-per-part kemudian dirakit di Indonesia. Hal ini bukan sesuatu yang baru bagi PT. Kawasaki Motor Indonesia, karena sebelumnya mereka juga sukses melakukan hal yang sama pada Ninja 250 & Z250 yang berubah status dari impor utuh (CBU), menjadi rakit lokal (CKD).

 

 

Keuntungannya? Karena didatangkan secara part, otomatis harganya juga bisa sedikit ditekan (murah). Selain itu, motor dengan status CKD biasanya lebih tahan terhadap perubahan kurs rupiah yang fluktuatif dari negara asal motor tersebut. Terbukti dari nilai NJKB yang disertakan pada gambar sebelumnya, banderol Kawasaki Versys-X 250 nampak lebih murah Rp. 5 jutaan ketimbang versi CBU.

 

2017 Kawasaki Versys-X 250

 

Apakah hal tersebut berarti harga Kawasaki Versys-X 250 bakal lebih murah (turun harga), Kang Eno? Well, bisa saja – tapi saya ingatkan untuk jangan berharap lebih. Pasalnya, jika belajar dari contoh kasus CKD Ninja 250 & Z250 setahun silam, harga kedua sport 250cc tersebut tetap dibanderol sama seperti saat didatangkan via CBU (impor utuh) dari Thailand.

Berdasarkan penelusuran yang saya lakukan, ternyata PT. Kawasaki Motor Indonesia lebih menujukan metode rakit lokal ini untuk meningkatkan suplai Versys-X 250 untuk pasar Indonesia. Pasalnya, bila didatangkan secara impor utuh, PT. KMI harus berhadapan dengan problem kuota ekspor dari Thailand yang terbatas. Nah, kuota impor tadi pastinya bakal jadi masalah besar, lantaran motor adventure berbanderol mulai Rp. 62,3 Jutaan ini ternyata lumayan diterima di tanah air.

 

 

Tapi, harapan kita semua tentu semoga harganya bisa sedikit ditekan… Iya nggak Brosist?

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

5 comments

Tinggalkan Balasan