Advertisements
Honda CRF150L 4

Jangan Rusak Momentum, Honda CRF150!

Bocoran dari blog & media kenamaan mengerucut pada sebuah kesimpulan: Honda CRF150 a.k.a Dual-sport terbaru pabrikan sayap mengepak – racikan lokal – siap diluncurkan kepasaran!

 

 

Dalam sekejap, banyak kalangan yang langsung mengaitkan (dan membandingkan) sosoknya dengan KLX150-series milik Kawasaki. Biasanya, menjelang sebuah produk baru dirilis, Bro & Sist bakal menemukan artikel bertajuk Ekspektasi vs Realita khas ala EA’s Blog. Tapi kali ini berbeda, saya ingin sedikit memberikan masukan pada Honda. Kalau nggak telat.

 

Honda CRF150L 4

 

Diluar sisi teknis, apa yang special dari sosok dual-sport terbaru Honda ini? Pertama, sejarah mencatatkan, Honda CRF150 atau apalah namanya nanti, bakal jadi produk dual-sport pertama racikan PT Astra Honda Motor sejak pertama kali berdiri tahun 2001 silam… Dan yang kedua, motor ini sekaligus bakal jadi produk kwartet Jepang pertama yang berani menantang eksistensi KLX150.

 

 

Belajar dari pengalaman, Honda punya sisi kelam & cerah nya tersendiri soal produk fresh – alias produk berbeda yang coba mereka kembangkan. Kita tentu masih ingat contoh kasus Old Honda CB150R Streetfire, sport 150cc hi-performance pertama dari AHM… And it’s rubbish. Tapi, mereka juga punya pengalaman bagus saat berhasil meracik Honda CBR250RR jadi sport ¼ liter terbaik di Indonesia… Masterpiece!

Jadi, kesimpulannya, pengalaman bukan masalah bagi Honda untuk tidak merusak momentum di awal tahun 2017 ini… Wait, momentum apaan tuh Kang Eno?

 

Review Honda CRF250 Rally

Honda CRF250 Rally – Staggering Bike!

 

Kalau Brosist jeli, akhir-akhir ini PT Astra Honda Motor coba keluar dari pakem “main aman” dan “seadanya” – seperti yang bisa kita temui di produk mereka 3-4 tahun lalu. Terlepas dari BeAT Street yang nggak layak beli. Mulai dari New BeAT eSP yang jadi nominasi Best Bike 2016, CBR250RR yang masterpiece, CRF250 Rally yang awesome, hingga All-New Scoopy eSP yang punya kans besar jadi Best Bike 2017 ala EA’s Blog. Tapi, ada tapinya.

Produk yang saya sebutkan tadi memang jadi unggulan nomer wahid di segmennya masing-masing, tapi semuanya berada di segmen skuter matik & 250cc. Loh, kemana 150cc-nya, Kang Eno? Nah, disinilah masalahnya!

 

 

Secara hitung-hitungan, di segmen 150cc – skutik ataupun sport – Honda mungkin masih menguasai market share (CMIIW)… Tapi di mata EA’s Blog, mereka babak belur di segmen ini! Nggak ada satupun produknya yang unggul telak jika dibandingkan dengan kompetitor.

Silahkan lihat perbandingan antara CBR150R vs All-New R15 & GSX-R150? Vario 150 vs Aerox 155? Hingga yang terbaru, CB150R vs GSX-S150 & All-New Vixion? Nggak ada satu pun yang menggambarkan kalau PT Astra Honda Motor adalah penguasa market share sepeda motor di Indonesia – dengan dominasi yang luar biasa.

 

Honda CRF150

 

Nah, Honda CRF150 seharusnya bisa jadi jawaban mandegnya “greget” Honda di kelas 150cc… Bukan sekadar jadi pesaing Kawasaki KLX150 yang seadanya. Caranya? Dengan mengusung konsep dual-sport masa kini. Bukan cuma punya suspensi depan jenjang, ban berdiameter besar, ataupun seabrek klaim fitur khas Honda (yang nggak dimiliki KLX) – tapi juga dengan desain yang out-of-the-box, spek mumpuni, plus build quality yang nggak mirip tong sampah perumahan.

 

 

Karena sejatinya, dewasa ini, dual-sport 150cc justru sudah jarang diboyong untuk balapan diatas lintasan tanah… Tapi justru mulai bergeser sebagai lifestyle, bahkan nggak jarang saya temui sebagai motor harian. Mampukah Honda CRF150 nantinya mewujudkan hal tersebut? Nah, kita tunggu aja review EA’s Blog saat perilisan produk nanti.

Yang jelas, EA’s Blog hanya ingin mengingatkan: Jangan rusak momentum ini, Honda CRF150!

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

 

Advertisements

7 comments

Tinggalkan Balasan