Advertisements
Bridgestone Airless Tire - Ban Tanpa Angin

Bridgestone Kembangkan Teknologi Ban Tanpa Angin!

Sejak pertama kali diciptakan lebih dari 1 abad silam, karet bundar, atau yang biasa kita sebut dengan “ban” berkembang dengan pesat… Dan untuk membuktikan kalimat sebelumnya, Bridgestone coba kembangkan teknologi karet bundar terbaru: Airless tire, alias Ban tanpa angin!

 

 

Kalau dilihat-lihat secara tampilan, hampir nggak ada perubahan signifikan dari karet bundar yang pertama kali diproduksi John Boyd Dunlop di tahun 1888, hingga yang kita pakai saat ini… Bentuknya masih tetap bundar, dengan angin bertekanan tinggi yang mengisi sekat didalamnya. Perkembangan yang signifikan justru terdapat di sektor pattern (kembangan ban), grip (daya cengkram), serta material yang digunakan untuk proses produksi.

 

 

Lebih dari 1 abad kemudian, konsep tersebut coba dipecahkan oleh Bridgestone – yang diketahui sedang mengembangkan teknologi Ban Tanpa Angin a.k.a “Airless Tire”. Dan beruntungnya, konsep ban tanpa angin ini bukan seperti yang Brosist fikirkan setelah membaca 2 paragraf diatas loh ya… Yes, bukan ban buta (ban mati) kayak di sepeda roda 3 Crayon Shinchan! Yang satu ini jauh-uh-uh lebih kompleks.

 

Bridgestone Airless Tire - Ban Tanpa Angin

 

Dari laman resmi Bridgestone dan yang bisa kita simak pada gambar diatas, tipe ban tanpa angin ini masih memiliki sekat antara permukaan ban dan bibir velg. Bedanya, ban tanpa angin ini bakal menggunakan konstruksi laiknya spoke-wheel (jari-jari) untuk mengisi sekat tersebut. So, feeling yang dihasilkan pun bakal nggak jauh beda dengan ban konvensional yang diisi angin bertekanan tinggi.

Apa keuntungannya, Kang Eno? Jelas banyak banget dong! Menurut Bridgestone, tipe ban ini nggak perlu maintenance sama sekali, karena nggak perlu repot-repot cek tekanan angin. Dan seperti namanya – ban tanpa angin – yang satu ini juga nggak bakal bisa kempes saat tertusuk paku atau benda tajam lain, karena memang nggak pakai angin sama sekali.

 

 

Bridgestone sebenarnya sudah memperkenalkan konsep Ban tanpa Angin alias “Airless Tire” ini sejak Tokyo Motor Show edisi 2013 silam… Namun karena saat itu masih berupa konsep, seperti yang diduga, akhirnya dilupakan oleh para pecinta otomotif. Sekarang, Bridgestone secara resmi mengumumkan pengembangan secara penuh tipe ban terbaru ini, dan rencananya bakal diproduksi pada tahun 2019 mendatang.

 

Bridgestone Airless Tire - Ban Tanpa Angin

 

Satu hal yang disayangkan, teknologi ini baru akan diproduksi beberapa tahun mendatang untuk digunakan di sepeda gowes yang punya bobot jauh lebih ringan dibanding sepeda motor ataupun mobil. Tapi jangan khawatir, karena ban bertekanan angin (pneumatic tyre) pertama di dunia pun diproduksi untuk sepeda gowes kok! Dan apa yang terjadi selanjutnya? Yes, sejarah berkata, dunia sepeda motor pun ikutan kebagian…!

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

8 comments

  • wibisone

    kangen artikel historical bike

  • Michelin jg airless t kang eno.. tpi kbanyakan di R4 sih g tau klo R2 nya. Kok dri sgi estetika mlah aneh dan geli ngeliatnya y. Ibarat manusia tggl kerangkanya aj dan muter video d youtube tu ban bisa ngleyot-ngleyot gt saking fleksibelnya

  • abdul

    iy betul itu
    michelin jauh2 hari juga udah kembangin airless
    tapi jarang di blowup media

  • danny

    masih gagal paham kang.. terus perbedaan fungsi antara sekat sama velg apa ya.. apa yg sekat itu agak lentur jd bisa mentul2 kl menghantam lubang..

  • Arifindiesel

    Tau saja kalau pikiran awalnya ban mati sepeda anak-anak, ban tamiya juga.
    Kalau tidak dikempiskan bagaimana memasangnya ke velg. Si lae pada bingung

  • hehe

    Belum lagi kalo goodyear bikin ban 360. Geser harley tinggal didorong aja.

  • haneswara

    Buat high speed cornering gimana itu? Apa nggak mleyot?

Tinggalkan Balasan