Advertisements
Husqvarna TE 250 Engine 2

Nggak Mau Kalah, Husqvarna Kembangkan Mesin 2-Tak Fuel Injected!

Panas melihat tetangga (KTM) yang sempat menggoyang para pecinta motor trail lewat mesin 2-Tak Fuel Injected (TPI), kali ini giliran Husqvarna yang bersiap memperkenalkan engine 2-Tak Injeksi di TE 250i & TE 300i edisi 2018!

 

 

Seperti halnya Honda vs Yamaha di Indonesia – sebelum melebur jadi satu anak perusahaan – KTM vs Husqvarna adalah persaingan yang tak terelakkan di pasar motor trail, enduro & supermoto. Kedua manufaktur asal Austria & Swedia ini mungkin tak memiliki angka penjualan laiknya produsen asal Jepang… Tapi dalam segmen motor yang disebutkan tadi, keduanya adalah penghasil motor yang terbaik dikelasnya.

Sejak booming trail 2-Tak Fuel Injected (Transfer Port Injection) dari KTM beberapa waktu lalu, pabrikan Austria tersebut langsung mendapatkan perhatian utama dari seluruh pecinta roda 2… Nggak cuma dari pecinta motor trail & enduro, tapi juga dari seluruh kalangan – karena efek domino ke genre motor lainnya pun ikut dinantikan.

 

Husqvarna TE 250 Engine

 

Wajar, karena banyak yang beranggapan inilah saat yang tepat untuk membangkitkan kembali mesin-mesin 2-Tak tanpa harus memikirkan standar emisi yang berlaku. Pasalnya dengan pengesahan regulasi EURO 4 awal 2017 lalu, otomatis sangkakala pertanda akhir kehidupan motor 2-Tak konvensional pun ikut ditiupkan.

Nggak cuma mampu menghasilkan kadar emisi bersahabat, mesin 2-Tak Fuel Injected tersebut juga diklaim mampu mengurangi konsumsi bahan bakar secara drastis tanpa mengurangi performanya. Serta tak ada lagi ritual untuk mencampur bensin dengan pelumas untuk bahan bakar motor enduro itu.

 

 

Berdasarkan press release via website resmi Husqvarna, produsen motor asal Swedia tersebut berharap “Dengan strategi Husqvarna mengupgrade mesin 2-Tak injeksi, mereka berharap bisa mengembalikan masa kejayaan dirtbike bermesin 2-Stroke… Seperti era Rolf Tibblin saat memenangkan Motocross European Championship pada 1959, yang berlanjut pada masa kejayaan motocross di era 1960-70-an”. Wajar, mengingat saat ini kwartet produsen Jepang mulai meninggalkan mesin 2-Tak untuk pasar Eropa.

 

Husqvarna TE 250

 

Sayangnya, seperti halnya KTM, Husqvarna juga belum mengungkapkan spesifikasi detail tentang mesin 2-Tak Fuel Injected mereka. Rencananya, penjelasan spesifik tentang mesin ini baru akan diperkenalkan ke publik pada akhir Mei 2017 mendatang – sekaligus moment perkenalan Husqvarna TE 250i & TE 300i edisi 2018. Namun banyak yang beranggapan sistem kerjanya bakal tak jauh beda dari mekanisme Transfer Port Injection (semi direct-injection) yang sudah lama diterapkan di mesin snowmobile 2-Tak…

 

Mesin 2-Tak Fuel Injected

Perbedaan Mesin 2-Tak Konvensional vs Mesin 2-Tak Fuel Injected (Klik gambar untuk memperbesar detail)

 

Itu artinya, BBM hanya disemprotkan saat semua port (exhaust port & transfer port) tertutup – dan hanya mentransfer udara segar saat proses scavenging. Menghasilkan gas buang yang jauh lebih bersih, sekaligus menghemat konsumsi BBM.

Masih bingung? Silahkan Brosist baca-baca dan pahami dulu seputar mekanisme kerja mesin 2-Tak, kemudian langsung baca artikel Gasoline Direct Injection yang pernah EA’s Blog tulis sebelumnya.

 

 

Sistem ini sebenarnya bukan hal yang baru diterapkan di mesin 2-Tak produksi masal. Namun sayangnya, biaya development serta produksinya jadi jauh lebih mahal ketimbang mesin konvensional (karburator). Tapi kalau boleh jujur, sebenarnya bukan teknologinya yang kita tunggu… Melainkan usaha KTM & Husqvarna menemukan solusi jitu untuk menerapkannya ke dunia sepeda motor dengan cost yang lebih irit.

Jika hal ini mampu dicapai, maka jangan heran kalau nantinya mesin 2-Tak bakal kembali membuat jalanan ramai dengan lengkingan suara knalpotnya, berkat bantuan Fuel Injected & Direct Injection. 2-Stroke Never Die!

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

 

Advertisements

10 comments

Tinggalkan Balasan