Advertisements
India Motorcycle Ride

India Geser China Sebagai Pasar Sepeda Motor Terbesar di Dunia!

Nggak cuma sinetron nya yang makin banyak dan bikin saya ogah nonton TV, kini India juga sukses menguasai pasar sepeda motor dunia. Saat artikel ini diterbitkan, Negeri Bollywood tersebut mampu menggeser China sebagai pasar sepeda motor terbesar… Di Dunia! Apa rahasianya?

 

 

Kalau Brosist sering baca-baca artikel EA’s Blog, pastinya bakal sering membaca kalimat: “India adalah pasar sepeda motor terbesar kedua di dunia”… Yup, itu karena Tiongkok (China) berada di posisi pertama, sementara Indonesia nangkring di posisi 3 penjualan motor terbanyak seantero jagad. Tapi kali ini kalimatnya harus diubah, karena India sukses jadi urutan teratas dalam penjualan sepeda motor tahun 2016 lalu. Seberapa banyak?

 

India Motorcycle Ride

So, what?

 

Berdasarkan catatan India Times, pasar India mampu menyerap 17,7 juta unit sepeda motor pada tahun lalu… Sedikit lebih banyak dari Tiongkok (China) yang mencatatkan penjualan sepeda motor sebanyak 16,8 juta unit. Apalagi jika dibandingkan dengan Indonesia yang hanya 5,9 juta unit di tahun 2016 lalu. Itu artinya 2000 unit motor terjual setiap jamnya di India, bahkan pada jam 12 malam!

Sebagai perspektif betapa besarnya angka tersebut, jika sebuah motor berukuran 2×1 meter, maka India bisa menutup 8 pulau terbesar reklamasi teluk Jakarta hanya menggunakan motor yang terjual di 2016 lalu. Puyeng-puyeng deh lu, Hok!

 

 

Meski penjualan skuter matik kian booming di India, namun uniknya segmen motor sport justru tergolong stabil. Berbeda dengan cerita di Indonesia, dimana skuter matik sukses menghabisi pasar motor bebek (underbone). Penguasa pasar? Ada Hero Splendor di segmen motor sport yang dengan penjualan hampir 3 juta unit pertahun, sementara segmen scooter dikuasai Honda Activa di angka 2 juta unit pertahun.

 

Hero Splendor 110 iSmart India

Ini motor terlaris di Indihe yang dapat banyak pujian dari reviewer… Kalau disini, gak kebayang deh waktu EA’s Blog kebagian review unitnya.

 

Terkesima lihat angka yang bikin Honda BeAT (penguasa market Indonesia) nampak biasa-biasa aja seperti diatas? Tunggu dulu sebelum lihat fakta selanjutnya Apa yang lebih mengesankan adalah trend penjualan sepeda motor mereka yang terus meningkat drastis pertahunnya… Statistik menunjukkan, dalam 7 tahun terakhir pasar motor di India terus menanjak dengan kenaikan sebesar 32% – bahkan masih berpotensi mengalami kenaikan di tahun 2017! Ini tentu berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di China & Indonesia, dimana market share sepeda motor terus merosot dalam beberapa tahun terakhir.

 

Honda Activa-i 2017

Ini sosok skuter matik terlaris di India, bulet-bulet, sama kayak modelnya.

 

Kenapa sih pasar motor India bisa melampaui China, Kang Eno? Padahal kan kalau lihat perbandingan jumlah penduduk, negeri tirai bambu masih lebih superior??

Nah, menurut beberapa pengamat ekonomi India, ternyata ada beberapa alasan nih Brosist… Alasan pertama adalah kaum wanita yang mulai menyukai skuter matik dan meningkatkan kapasitas penjualan segmen ini. Dan yang kedua adalah pertumbuhan jalan raya di India yang terus meningkat hingga daerah terpencil. Hal ini membuat sepeda motor makin disukai berbagai kasta masyarakat, dari berbagai daerah yang berbeda.

 

 

Di lain pihak, kondisi di Tiongkok justru berbeda 180°! Berkat pelarangan sepeda motor memasuki kawasan kota besar di China, dan keputusan negara ini untuk mengurangi polusi udara… Hal tersebut akhirnya berpengaruh terhadap penjualan sepeda motor yang menurun drastis. Efeknya, masyarakat di China kini malah beralih ke kendaraan roda 4 & motor bertenaga listrik (electric bike). Sementara Indonesia? Well, dengan catatan penjualan menurun pun jalanan tetap macet kok! Padahal Raja Arab nggak liburan ke Indonesia tiap hari lho.

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

 

 

Advertisements

9 comments

Tinggalkan Balasan