Advertisements
BMW G 310 R Indonesia

Motor BMW Termurah di Indonesia Akhirnya Dirilis!

Penantian panjang akan sosok motor termurah dari BMW Motorrad akhirnya membuahkan hasil… Karena pada ajang IIMS 2017 ini, BMW G 310 R secara resmi menyambangi Indonesia!

 

 

Setelah para pecinta roda 2 kenyang dengan Rumor harga, serta janji manis rilis produk yang tak kunjung jadi kenyataan, Akhirnya BMW Motorrad lewat distributornya PT Maxindo Moto secara resmi merilis BMW G 310 R ke pasar Indonesia… Jagoan terbaru dikelas lightweight sport laiknya Ninja 300 & KTM Duke 390.

Akan tetapi, motor BMW terbaru ini sangat berbeda dan jadi yang pertama dibanding para pendahulunya, baik secara segmentasi, development, hingga plant produksi. Seperti apa sosok detail dan kelebihannya? Yuk, kita bahas bareng-bareng!

 

BMW G 310 R Indonesia

 

Sektor desain, Sekilas kita bisa melihat aura moge BMW S1000R yang kental di sosok yang satu ini. Yup, desain shroud BMW G 310 R adalah yang saya maksud. Desain serta Bodywork nya nampak minimalis, nggak setajam Z250SL, nggak segarang Z250, tapi juga nggak se-kalem MT-25. Guratan bodinya kelihatan ngepas, nggak terlalu mengintimidasi waktu pertama kali melihatnya… Meskipun sebenarnya tipe konsumen di Indonesia lebih menyukai desain yang sporty, tajam, dan agresif.

 

BMW G 310 R Indonesia

 

Tapi kalau berbicara detail, nah dijamin bakal ngiler deh! Perpaduan Suspensi depan Upside-Down yang dilabur warna Gold, Frame Trellis, Rem depan Radial Monoblok berlabel Brembo, Setang Fatbar, Swingarm Alumunium, plus Pernik lainnya, membuat BMW G 310 R jadi yang teratas soal hal ini. Setidaknya, Mampu menyaingi detail menawan milik KTM Duke 390, yang notabene sesama pemain Eropa.

 

 

Berbeda dengan mesin produk lainnya yang asli buatan BMW Motorrad, BMW G 310 R adalah produk pertama produsen Jerman tersebut yang merupakan hasil kerjasama TVS-BMW… Alias mesin ala Jerman – India, nggak jauh beda dari mesin milik KTM Duke-series yang juga ada unsur India nya. So, jangan berharap bisa seistimewa produk Flagship Beemer lainnya ya.

 

BMW G 310 R Indonesia

 

Di sektor dapurpacu, BMW G310R mengusung mesin 4-Tak, Silinder Tunggal, 313 cc, Liquid-Cooled, dengan menggunakan Penempatan mesin anti-mainstream yang dikenal dengan nama Reverse Cylinder, atau yang disebut BMW sebagai “Back-to-Front Engine”. BMW mengklaim mesin ini sanggup memuntahkan tenaga hingga 34 HP, plus torsi nendang di angka 27,9 N.m!

Apaan sih mesin Back-to-Front atau Reverse Cylinder itu Kang Eno? Terus, apa Keunggulannya dibanding mesin standar? Nah, Mesin Back-to-Front yang digunakan di BMW G310R tersebut adalah Posisi lubang Exhaust (Knalpot) & Lubang Intake (Injeksi) nya kebalik tuh Brosist. Kalau biasanya posisi Exhaust / Leher knalpot ada di depan (dekat ban depan) dan Intake di belakang (dekat jok), Nah kali ini posisinya dibalik tuh Brosist ! Leher knalpotnya ada di belakang, sementara Intake nya justru ada di depan, alias dibawah tangki BBM.

 

BMW G 310 R Indonesia

Di dekat suspensi belakang mesin BMW G 310 R tersimpan leher knalpot, sementara dimana filter udaranya? Yup, di belakang shroud bodinya tuh Brosist!

 

Keunggulannya, Pertama pasti dibuat menyesuaikan karakter handling dari motornya sendiri. Dengan konfigurasi ini, BMW Motorrad bermaksud membuat G310R punya Centre Gravity yang mumpuni. Ditambah lagi, dengan posisi Box Air Filter yang berada di depan, maka mesin tersebut bisa didesain agar udara dari depan bisa langsung mengalir ke Intake. Ingat rumusnya ya, More Air + More Fuel = More Burn = More Power!

Motor hasil kerjasama antara TVS-BMW dan diproduksi di India ini dibanderol Rp. 99 juta (OTR Jakarta) – selama perhelatan IIMS 2017. Namun konsumen harus bersabar karena untuk mendapatkan unit terbarunya harus masuk ke dalam daftar inden. So, sanggupkah BMW G 310 R menggebrak pasar yang diisi produk seperti KTM Duke 390, RC390, dan Ninja 300? We’ll See…

 

Spesifikasi BMW G 310 R

 

 

Engine : 4-Tak, Liquid-Cooled, Back-to-Front Single Cylinder, DOHC 4-Valve, Diamond-Like Cylinder Coating

Bore x Stroke : 80 x 62 mm

Kapasitas Slinder : 313 cc

Rasio Kompresi : 10,6 : 1

Sistem Penyuplai BBM : Fuel Injection

Transmisi : 6-Speed, Constant-Mesh

Max Power : 34 HP @ 9.500 RPM

Max Torsi : 27,9 N.m @ 7.500 RPM

 

 

Dimensi Panjang x Lebar : 1.988 x 896 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.347 mm

Tinggi Jok : 785 mm

Berat Kosong : 158,5 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 11 Liter

Frame : Steel – Tubular Trellis Style, With Bolt-On Subframe

Suspensi Depan : 41mm Upside Down Fork

Suspensi Belakang : Aluminium Swingarm in conjunction with a directly-mounted spring strut

Rem Depan : Cakram Hidrolik, Disc 300 mm, Kaliper Brembo ABS

Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Disc 240 mm, ABS

Ban Depan : 110/70 – R17

Ban Belakang : 150/60 – R17

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

 

Advertisements

15 comments

  • Kontlo

    Yang GS masuk ga kang eno?, Lebih suka yg GS. Tampil beda

    • enoanderson

      Kalo dari info yang saya baca2 dari media sih bakal masuk kang, tapi belakangan… Mungkin bisa di GIIAS 2017 agustus nanti

  • Hr15de

    Mesinnya terlihat miring ke arah belakang ya. Unik bener. Tapi harganya itu lho yg gak nguatin, apalagi embel2 buatan indihe..

    • racerX

      Kenapa emang india bro ? Royal enfield , KTM dan kemungkinan nanti Ducati klo’ gonjang-ganjing penjualan-nya bener udah berbau2x india koq , mereka klo’ otomotif lebih maju dibanding disini

      • Hr15de

        Sorry to say, RE moge inggris klasik murah, KTM brand eropa tapi juga murah. Tapi kalo mesin 310cc dengan harga nyaris 100jt, ane walaupun duit berlebih gak akan mempertimbangkan beli ini BMW.

        • retrod

          jaguar sama land rover juga made in indihe masa di bilang brand eropa (punya india) murah?

          • Hr15de

            Pertama, jangan bandingkan gengsi mobil dan motor. Beda kelas.
            Kedua, anda ndak menangkap poin argumen saya. It’s oke buat RE dan KTM karena mereka main di pasar mid-low, mestinya BMW masuk ke segmen ini juga kalo serius garap pasar Indonesia. 100jt untuk motor 300cc menurut saya terlalu mahal.

          • eSTeh 12

            Sebentar… Bahkan di india sekalipun, ktm setau saya nggak posisiin produknya di mid-low deh. Malah lebih ke mid-high

          • Hr15de

            Trus ente ga heran kenapa produk 200cc mereka disini harganya bisa mepet sport 150cc merk jepang? Berarti harga pokok motor itu kan murah banget?

          • Bukan kemurahan tp merek jepang yg kemahalan

  • itu harga off the road bukan kang,?

  • Mas Y

    Itu posisi radiatornya tetep di depan kan ???

  • irel

    tinggi jok mah termasuk pendek ya kang? 785

  • Yudha

    Saya baca di artikel lain, itu harga off the road bukan kang ? Jd on the roadnya 100 sekian. Mohon diklarifikasi lagi. But in my opinion, harganya terlalu mahal jatuhnya ga sih. Desainnya cakep sih, tapi lebih wow Duke series. Mungkin pola pikir orang yg rekeningnya milyaran beda kali ya sama yg rekeningnya jutaan..

  • jimmoth

    waow…harganya bikin jomblo berkepanjangan…

Tinggalkan Balasan