Advertisements
Mesin Turbocharger Suzuki

Suzuki Patenkan Mesin Turbocharger Twin-Cylinder, Nah Ini Dia!

Konsep motor dengan Mesin turbocharger dari Suzuki jelas bukan rahasia umum lagi, karena pabrikan berlogo “S” ini memang berencana meracik motor force-induction tersebut sejak beberapa tahun lalu. Dan kabar baiknya, rencana tersebut kini menemui progress yang signifikan!

 

 

Masih ingat obrolan Bos Besar Suzuki Motor Co., Toshihiro Suzuki, tahun lalu tentang pengaplikasian beberapa teknologi Suzuki Automobile (Roda 4) ke Suzuki Motorcycles? Yup, pabrikan berlogo “S” tersebut nampaknya bukan sekadar cuap-cuap belaka… Karena Suzuki Motor Co. baru saja mendaftarkan patent Mesin twin-cylinder turbocharged! Seperti apa detailnya?

 

Mesin Turbocharger Suzuki

Mesin Turbocharger XE7 (Tokyo Motor Show 2015), punya banyak kemiripan dengan sketsa patent terbaru…

 

Suzuki telah mengajukan 13 paten baru dari mesin turbocharger tersebut. Dari gambar sketsa yang bisa kita simak, Suzuki nampaknya enggan terburu-buru mengaplikasikan mesin turbo ke superbike flagship (GSX-R1000 & Hayabusa) laiknya Kawasaki Ninja H2… Mereka justru membuat platform mesin baru dengan konfigurasi inline twin (2 silinder sejajar) – persis seperti konsep mesin turbocharger XE7 yang diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2015. Sekarang, yuk kita simak & analisa sketsa patent mesinnya!

 

Mesin Turbocharger Suzuki

 

Berdasarkan gambar yang EA’s Blog sertakan diatas, Suzuki nampaknya berusaha keras untuk membuat ukuran mesin turbocharger ini tetap compact laiknya mesin konvensional… Meskipun harus menggunakan 3 pendingin sekaligus – yakni 2 radiator gambot untuk mendinginkan mesin, serta sebuah turbo intercooler. Piranti turbochargernya sendiri berukuran mungil dan terletak diantara leher knalpot (121) untuk memaksimalkan space di area mesin. Sementara intercooler (131) dan filter udara (115) diposisikan diatas cylinder head untuk meminimalisir space (lagi)  dan mengaplikasikan intake down draft. Wuih, canggih euy!

 

Mesin Turbocharger Suzuki

 

Sementara untuk menunjang overall motor yang slim dan compact, Suzuki mempercayakan sasisnya menggunakan tipe diamond steel-trellis, plus desain body ala konsep Suzuki Recursion yang diperkenalkan beberapa tahun lalu… Meskipun (sebenarnya) versi asli Recursion menggunakan tipe frame twinspar aluminium. Tapi menurut EA’s Blog, sisi desain ini hanyalah pemanis, karena kunci yang sesungguhnya justru terletak di Mesin turbocharger nya yang rumit.

 

 

Konsep motor turbocharger ini sebenarnya bukan yang pertama bagi Suzuki Motor Co. Karena sekitar 3 dekade silam mereka juga memiliki Suzuki XN85 Turbo, yang bersaing diantara motor turbo lainnya seperti Honda CX650 Turbo, Yamaha Seca Turbo & Kawasaki ZX750 Turbo. Namun berbeda dari konsep motor Turbo jadul yang dipenuhi turbo-lag Dan hanya mengandalkan max power, EA’s Blog meyakini motor terbaru ini bakal memiliki konsep yang sama laiknya Mobil masa kini… Yakni turbo low boost untuk meningkatkan performa & konsumsi BBM signifikan, tanpa turbo lag yang jadi problem di motor lawas.

 

Suzuki XN85 Turbo

Suzuki XN85 Turbo (1983)

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

 

Advertisements

18 comments

Tinggalkan Balasan