Advertisements
Review All-New Honda Scoopy 2017

Review All-New Honda Scoopy 2017, Real-World Dentist!

All-New Honda Scoopy 2017 menggebrak pasar Indonesia dengan desain imut, plus kaki-kaki 12 inch nya yang membuat overall tampilan bertambah unyu-unyu. Lantas, gimana dengan feeling riding yang ditawarkan? Ada perubahan-kah Kang Eno?

 

 

Menurut EA’s Blog, beli skuter matik Honda itu ibarat pergi ke dokter gigi. Tempat yang paling ogah saya kunjungi, tapi suatu saat pasti bakal tiba saatnya saya kunjungi. Dan dari semua dokter yang ada, All-New Honda Scoopy 2017 adalah yang terbaik. Bukan karena dokternya pakai lingerie seksi atau pengobatannya yang dijamin tanpa rasa ngilu, tapi karena jadi rujukan para penderita sakit gigi, bahkan rujukan dokter gigi lainnya.

 

Sejarah Honda Scoopy

Sejarah Honda Scoopy – dari generasi ke generasi

 

Scoopy. Kisahnya dimulai sejak Juni 2010. Saat PT Astra Honda Motor desperate menghitung masifnya penjualan Yamaha Mio, skuter matik original Thailand ini diboyong ke Indonesia. Perlahan tapi pasti, Scoopy sukses jadi salah satu sosok penting saat Honda berhasil menjungkalkan skutik Yamaha. Februari 2013, Scoopy bertransformasi ke versi Injeksi (PGM-FI), dan hingga tahun 2016 lalu sukses terjual 2 juta unit lebih!

Satu hal yang disayangkan, skutik tersebut masih berbasis Thailand – dengan ubahan menyesuaikan pasar Indonesia, yang (sayangnya, lagi) justru membuat tampilannya tak lebih baik dari versi Thai. Tapi per-tanggal 29 Maret lalu, finally, skutik Retro-modern ini sepenuhnya di develop di Indonesia – oleh tangan terampil engineer Tanah Air, dengan nama All-New Honda Scoopy 2017.

 

 

Sosoknya hadir menggunakan tampilan, frame, serta fitur terbaru – namun masih mempertahankan mesin 108cc eSP PGM-FI laiknya versi lawas. Simpelnya, All-New Honda Scoopy 2017 laiknya mendapat operasi plastik… Estetikanya berubah, tapi tidak dengan jantung hatinya. But has it work?

 

Review All-New Honda Scoopy 2017

 

Pertama melihat desainnya, EA’s Blog nggak bisa berhenti berfikir kalau All-New Honda Scoopy 2017 terlihat lebih mungil & chubby… Sosoknya jadi tambah “imut” dengan penggunaan velg 12 inch dan headlamp yang menyatu dengan lampu sein. Bicara tentang headlamp, yang satu ini sudah dibekali Projector LED & list LED oval-shape yang mengelilingi sisinya… Bak angel eyes yang sering saya temui di Scoopy modifikasi, I like it! Sayang stoplampnya masih menggunakan tipe bohlam, yang bakal lebih sering putus dibanding kisah cinta monyet ala ABG 17 tahun.

 

Honda Scoopy 2017

 

Bagaimana dengan velg 12 incinya Kang Eno? It’s fan-tas-tic! Brosist nggak bakal temui di skuter matik manapun yang berbanderol kurang dari Rp. 20 juta. Satu hal yang masih kurang adalah finishing velgnya yang masih dibekali cat powder coat. Padahal dengan kelir putih glossy, pasti sisi imutnya bakal bertambah 17,8%!

Tapi, setidaknya, ini bisa jadi alasan kita membully para ABG yang memodifikasi velgnya jadi ala Thailook, ataupun bahan bully untuk mereka yang masih ngotot memboyong skutik kompetitor (sebut saja Fino Grande) – dengan sebutan: Useless Rubbish!

 

 

Berbicara tentang finishing, seperti biasanya, All-New Honda Scoopy 2017 adalah skuter matik Honda yang paling banyak mengusung kelir cat glossy. Plastik shibo pattern (PP) nya hanya terdapat di area pijakan kaki, serta dibelakang roda depan. Bahkan cover knalpotnya pun dilabur cat glossy lho! Meskipun kualitas plastiknya masih belum berkembang dari generasi skutik PT Astra Honda Motor lainnya – which is nggak sesolid yang Brosist kira – tapi kalau dibandingkan saudara sesama skutik Honda lain (bahkan termasuk Vario 125 & 150), tanpa ragu, this one is the best!

 

Alarm All-New Honda Scoopy 2017

 

Oiya, satu hal lagi yang perlu diapresiasi dari All-New Honda Scoopy 2017: Alarm-nya! Yup, kini Scoopy terbaru nggak cuma mengandalkan Answer Back System, tapi sekaligus sudah dibekali fitur Anti Theft Alarm. Cukup pencet “Set” di remote gantungan kuncinya, kemudian “Unset” saat ingin dipakai kembali. Ketika ada tangan jahil, All-New Honda Scoopy 2017 bakal langsung mengeluarkan suara nyaring “titt-titt-tittt” yang dijamin bakal bikin curanmor berfikir 2 kali untuk mengincar Scoopy.

Salah satu fitur terpenting, mengingat status Scoopy adalah sebagai salah satu motor favorit incaran curanmor. Semoga tipe skuter matik lain juga kebagian fitur ini kedepannya. Respect & Salut dari saya, Honda!

 

Review All-New Honda Scoopy 2017

Asyeem, pas belum siap malah kena jepret foto, wkwkwk!

 

Naik ke unit testnya, EA’s Blog disambut joknya yang keras. Satu hal yang perlu digaris bawahi, busa jok yang digunakan kini sudah lebih empuk, tapi bahan kulit joknya justru malah memberikan sensasi seolah busa tersebut adalah “batu disarungin”… Saya benar-benar nggak habis fikir kenapa produsen super elite laiknya AHM nggak bisa belajar cari vendor kulit jok yang lebih baik!

Sisanya, meskipun dibekali velg 12 inch, tapi ergonomi All-New Honda Scoopy 2016 masih nggak jauh beda dari edisi lawas koq… Nyaman dan nggak memberikan sensasi agresif. Perbedaan yang paling kentara ada di instrumen speedometernya, mengingatkan saya akan kombinasi speedometer analog vespa jadul & odometer + indikator BBM digital ala Supra X 125. Good stuff Honda!

 

 

Tekan tuas ACG starter yang senyap, tiba-tiba sambutan suara garing knalpotnya menyapa. Entah kenapa, makin kesini, suara knalpot mesin 108cc eSP di All-New Honda Scoopy FI ini makin cempreng, bak gosipan emak-emak arisan, nggak enak didengar telinga! Beda dengan generasi Scoopy FI pertama yang masih terdengar soft & halus. Mungkin karena efek catalytic converter (EURO 3) yang kini makin membatasi sekat di area gas buang. Anyway, waktunya geber!

 

Review All-New Honda Scoopy 2017

 

Coba geber perlahan, akselerasinya smooth dan friendly untuk ukuran skuter matik. Penggunaan ban berukuran 12 inch juga nggak membuat handlingnya jadi bertambah berat, bahkan bisa dibilang sama aja dengan edisi lawas… Mau meliak-liuk di aspal bergaya standar laiknya EA’s Blog, ataupun bergaya ‘pantat miring’ bak Marc Marquez pun motor masih penurut, masih dalam kendali penuh.

Hal ini disebabkan oleh settingan suspensi terbarunya yang terasa lebih stiff dari BeAT-series, membuat All-New Honda Scoopy 2017 lebih mantap diajak bermanuver pakai ban gambot. Meskipun efeknya disisi lain bakal makin menyiksa boncenger… Apalagi ditambah kulit jok keras pula, lengkap lah penderitaan! Seberapa keras suspensinya? Masih tergolong wajar koq, nggak idiotic seperti Yamaha NMAX generasi pertama!

 

Review All-New Honda Scoopy 2017

 

Pada beberapa putaran EA’s Blog juga coba geber dari kondisi berhenti… Begitu throttle gas dibetot paksa, terbukti, keberadaan ban gambotnya (100/90 & 110/90 – tubeless) memang membuat akselerasi dari saat berhenti jadi terasa berat – dikarenakan grip ke aspal yang lebih besar. Mesin sudah meraung, knalpot sudah bawel, tapi motornya belum kemana-mana. Mungkin PT Astra Honda Motor kelupaan soal setting Roller CVT yang harusnya dibuat sedikit lebih ringan.

Tapi kabar baiknya, All-New Honda Scoopy 2017 makin cocok digunakan untuk para pemula, apalagi kaum hawa… Mengurangi postingan “power of emak-emak” heboh di sosial media. Sayang, rem depannya terlalu soft dan tak sepakem rem belakangnya yang bisa dibilang jauh lebih pakem dan presisi. Dan saya nggak yakin ini diakibatkan oleh Combi Brake System (CBS) yang diusungnya.

 

Topspeed? Oh, are you kiddin’ me!? Area testnya sangat terbatas. Lagipula, bisa melaju sampai 90 Km/h pun All-New Honda Scoopy sudah saya anggap sangat bagus, mengingat statusnya sebagai skutik fashion – yang pastinya bakal banyak digunakan emak-emak, kaum hawa, pelajar & ABG. Mau yang lebih kencang? Silahkan Brosist lirik Yamaha Jupiter MX 150 yang jadi rekomendasi EA’s Blog untuk segmen harga dibawah 20 jutaan. Biarkan skutik ini didesain sesuai fungsinya!

 

 

In the end, dalam kesimpulan sederhana yang bisa EA’s Blog utarakan, All-New Honda Scoopy 2017 yang dibanderol Rp. 17,8 jutaan (OTR Jakarta) jelas bukan yang terbaik dari segala hal… Apalagi jika dinilai dari status EA’s Blog yang seorang pure “engine holics”. Disamping velg 12 inci + ban gambotnya yang menggoda, plus ability handling & performanya yang bersahabat – bohlam stoplamp belakang yang putus setiap 6 bulan sekali, sarung jok bak potongan kulit badak, plus suara knalpotnya yang cempreng, tentu bukan hal yang bisa diabaikan begitu saja.

 

Honda Scoopy 2017

 

Tapi, jika EA’s Blog menyingkirkan ego, dan memberikan penilaian dari aspek yang realistis – kondisinya justru berubah 180°! Sebagai sosok skuter matik yang fungsional, bersahabat, bertampang ciamik, serta mampu membuat pengendaranya tampil special, to be honest, sampai saat ini belum ada skuter matik 110-125cc lainnya yang mampu menyamai keunggulan All-New Honda Scoopy 2017. Jangankan kompetitor yang kini layak masuk pembuangan sampah daur-ulang, bahkan saudara sesama line-up skutik Honda yang nggak kalah populer & valuable pun dibuat takluk oleh All-New Honda Scoopy 2017.

Dan seperti yang dijelaskan di paragraf pembuka tadi, jika kita terpaksa mengunjungi dokter gigi, All-New Honda Scoopy 2017 adalah tempat terbaik yang layak (dan bahkan harus) Brosist kunjungi. Why? Untuk mendapat pelajaran penting, pelajaran kalau dokter gigi bukanlah tempat paling menakutkan di dunia ini. I love this scooter… I really do!

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

 

Advertisements

19 comments

  • agree banget kang….

  • jimmoth

    lampunya kaya pokemon ya…

  • petrolhead

    potongan kulit badak wkwk. Ane pernah coba supra fit lawas,supra x helm in,vario gen 1 emang joknya menurut ane keras semua sih wkwk

    • enoanderson

      Supra lawas & vario gen lawas itu memang busa joknya kayak batu kang. Nah yang ini busanya empuk, tapi kulit joknya kek kulit badak, ampun deh, wkwkwk

  • haneswara

    Headlampnya lumayan keren. Kayaknya lebih cocok buat perempuan deh, kecuali yg tipe stylish. Nunggu di jalan ada yg modif velg ring 17 ah…

  • Su'eb

    Rem depan udah dari orok kang memang begitu adanya semua produk Ahm

  • efbees

    nggak usah berekspektasi tinggi soal rem skutik AHM.
    nikmati saja, toh mesinnya udah lumayan.

  • denbagus

    Ada info yamaha qbix d produksi yimm gak kang eno?

    • enoanderson

      Belum ada kang, kalau mau diboyong produksi ke indonesia pasti nanti ada spyshot nya kok dijalanan. Kecuali kalau mau didatangkan secara CBU, which is pasti overpret.

  • Ob

    Kalo tapak nya udah lebar berarti bisa kali ya pale velg 17 yang tapak nya lebar juga hhmmm. . .

  • zuragan

    itu lubang apa Kang sebelah kanan tebeng yg sebelah kanan dudukan plat nomor itu?

  • gin

    pasti menarik kalo yamaha qbix masuk sini & head to head langsung sama scoopy
    *lupakan fino grande
    wkwkw

  • Onta kecil

    Bikin mertua ane galau nih, pengen ngejual sekupi lawasnya yg baru berumur 1,5tahun

  • banteng bodas

    Nah, itu Knp ya kang ya motor honda rem dpnnya rata2 suka ngebagel, dulu smpt pake kharisma ngebagel, tapi yang supra fit sm yang beat fi alhamdulillah normal, cm liat motor tmn kok banyak yang ngebagel ya, supra x, Tiger, mega pro, msh rame lg dah, pdhln urang pk byson skrng udh jrng banget dirawat, cakramnya udh 4 thn, minyak remnya jg, cm msh enak remnya biar kata gak sepakem dulu.

    Oh iya ini headlamp dpn sama turn signalnya nyatu? Apa cuma diposisiin dempet ungkul kang?

Tinggalkan Balasan