Advertisements
Honda Scoopy 2017

Honda Scoopy Terbaru Dirilis, Nih 10 Fakta Menariknya!

Pada 28 maret kemarin, A.P. Honda, selaku ATPM Honda di Thailand meluncurkan Scoopy terbaru… Sehari setelahnya, giliran PT. Astra Honda Motor yang memperkenalkan All-New Honda Scoopy 2017 di Indonesia. Apa saja ubahannya dibanding edisi lawas? Dan apa aja sih fakta menarik skuter matik 2 juta umat ini?

 

 

Bertempat di Piazza Gandaria City Mall, PT. Astra Honda Motor merilis All-New Honda Scoopy 2017. Nggak cuma mengundang buaanyak jurnalis dan seabrek blogger, Honda juga mengajak komunitas Scoopy se-Indonesia untuk menjadi saksi momen perilisannya… Efeknya, acaranya super-duper ramai, meriah, dan parkiran sekitar area piazza pun dipenuhi Skutik bertampang Minions yang warna-warni. Luar biasa!

Bukan hal yang berlebihan sih, mengingat segala ubahan yang ada di All-New Scoopy 2017 ini memang  sangat menggoda… Bahkan, langsung menjadi salah satu nominasi Best Bike 2017 ala EA’s Blog – ketika pertama kali melihat dan menunggangi sosoknya. So, apa  saja fakta menarik dari skuter matik yang satu ini? Yuk, langsung aja kita bahas bareng-bareng…!

 

Honda Scoopy 2017 – Berbasis Indonesia

 

Honda Scoopy 2017

Momen perilisan All-New Honda Scoopy 2017

 

Honda Scoopy 2017 boleh saja diperkenalkan terlebih dulu di Thailand – sebelum akhirnya rilis di Indonesia sehari setelahnya. Namun, ada sebuah fakta menarik yang disampaikan oleh Pak Thomas Wijaya, Managing Director PT. Astra Honda Motor tentang produk terbarunya ini… Yup, All-New Honda Scoopy 2017 justru didevelop sepenuhnya oleh para Engineer Indonesia, didesain oleh para Desainer Indonesia, berdasarkan kebutuhan Konsumen Indonesia, dan dites secara menyeluruh di Indonesia! Itu artinya, Honda Scoopy 2017 yang dijual di Thailand, Indonesia (ataupun negara ASEAN lain nantinya) adalah produk yang dikembangkan langsung di Indonesia…! Thailand hanya diperbolehkan menambah varian dan pilihan warna.

Meskipun tak dijelaskan alasan utama dibalik pemilihan Indonesia sebagai basis pengembangan Honda Scoopy 2017, tapi kalau melihat angka penjualan yang menembus 528 ribu unit lebih pada tahun 2016 lalu, tentu jadi nggak aneh lagi deh! Iya nggak?

 

Velg 12 Inch

 

 

Salah satu hal paling menarik dari All-New Honda Scoopy 2017 adalah velg 12 inch terbaru – yang sekaligus membuatnya jadi Skuter matik dibawah 20 jutaan pertama yang mengaplikasi velg yang imut-imut ini. It’s absolutely stunning! Meskipun velg-nya makin kecil, tapi Honda juga menyiasatinya dengan membenamkan ban tubeless gambot berukuran 100/90 (depan) & 110/90 (belakang) – plus pentil ban yang bisa dibengkokkan untuk memudahkan saat mengisi angin. Hasilnya, tampilan Scoopy terbaru pun jadi laiknya skutik eropa yang unik – berbodi retro-modern, tapi kaki-kakinya gambot!

 

 

Honda Scoopy 2017

 

Bukannya velg makin mungil justru membuat kestabilannya berkurang ya Kang Eno? Ya, itu memang fakta yang tak bisa terbantahkan… Namun, thanks untuk penggunaan ban gambot, PT Astra Honda Motor mengklaim ukuran lingkar roda (velg + ban) milik Honda Scoopy 2017 sama dengan milik Scoopy generasi sebelumnya yang menggunakan velg 14 inch. So, “feel” nya diklaim sama saja dengan edisi lawas!

Dan hal menarik dari penggunaan velg 12 inch di Honda Scoopy terbaru ini bukan cuma di tampilannya aja lho Brosist… Tapi juga pengembangan line-up skuter matik Honda Indonesia kedepannya. Part yang satu ini bisa jadi jalan pembuka untuk skutik ber-velg 12 inch lainnya yang belum hadir di tanah air, seperti Zoomer X misalnya. Hmmmm…..

 

Velg Mungil, Ground Clearance Bertambah!

 

 

Honda Scoopy 2017

 

Meskipun All-New Honda Scoopy 2017 memiliki lingkar velg yang lebih mungil dibanding generasi sebelumnya, tapi PT Astra Honda Motor justru mengklaim ground clearance (jarak terendah ke tanah) justru bertambah tinggi… Yang berarti nggak perlu takut “gasruk” saat melewati polisi tidur. Loh, velg tambah mungil tapi jadi tambah tinggi – How the hell they do that?

Rahasianya terletak di ubahan sasis serta suspensinya… Ubahan di Honda Scoopy 2017 tak cuma sebatas estetika & fitur semata, tapi menyeluruh ke bagian sasis, suspensi, hingga geometri. Frame Scoopy terbaru ini berubah total dari generasi lawas, plus disertai ubahan suspensi, dan lingkar roda (keseluruhan) yang sama dengan edisi lawas, membuatnya sedikit lebih tinggi ketimbang edisi sebelumnya.

 

Suspensi Baru

 

 

Akibat penggunaan velg terbaru yang makin mungil, nggak cuma frame, bahkan kedua suspensinya pun ikutan dirombak total. Kali ini, suspensi depan & belakang dibuat sedikit lebih tinggi. Khusus untuk suspensi belakang, Honda Scoopy 2017 ini bahkan sudah menggunakan tipe suspensi terbaru, yang berbeda dari Beat-series ataupun Vario eSP… Yup, kali ini shock breaker belakangnya menggunakan tipe terbaru dengan ulir yang lebih sempit, agar Ban gambot terbarunya nggak ‘mepet’ ke suspensi belakang.

 

Pasang Velg 12 inch Honda Scoopy 2017 ke Scoopy Lawas?

 

 

Honda Scoopy 2017

 

Saya yakin seyakin-yakinnya, setelah pengguna Scoopy generasi lawas melihat Honda Scoopy 2017, yang jadi pertanyaan pertama kali adalah: “Bisa nggak velg 12 inch-nya dipakai ke Scoopy lawas?”. Jawabannya, nggak bisa! Ubahan frame & penggunaan ban gambot di Scoopy terbaru membuat segitiga suspensi juga berubah jadi tambah lebar. Selain itu, seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, suspensi belakang tipe lawas bakal mepet ke ban belakang 110/90.

Hal ini membuat velg 12 inch Scoopy terbaru nggak bisa langsung ‘Plug & Play’ ke Scoopy lawas – kecuali sang user rela merogoh kocek dalam untuk sekaligus membeli segitiga suspensi, suspensi depan & suspensi belakang sekaligus.

 

Makin Colorful

 

Honda Scoopy 2017 - Pilihan Warna Playful

Honda Scoopy 2017 – Pilihan Warna Playful

 

Kalau sebelumnya kita bisa memilih 2 varian (sporty & stylish), maka di All-New Honda Scoopy 2017 ini kita bisa menemui 3 varian sekaligus (stylish, sporty dan playful) dengan kombinasi 8 pilihan warna sekaligus. Dan masing-masing punya kelebihan tersendiri lho! Varian stylish punya kombinasi warna bodi matte elegan, plus warna velg, suspensi & cvt yang dilabur abu-abu nan mewah… Varian sporty punya warna dual-tone konvensional (merah, putih & hitam), sementara varian playfull punya warna ngejreng dan striping ala motor JDM.

 

 

PT Astra Honda Motor mengklaim pilihan warna ini ditujukan untuk penyebaran calon konsumen All-New Honda Scoopy 2017 yang semakin luas… Karena saat ini Scoopy tak hanya difavoritkan bagi kaum hawa, tapi juga para pria dari segala usia – mulai dari pelajar, anak muda, keluarga kecil, bahkan sampai yang sudah berumur sekalipun!

 

Ragam Fitur Baru

 

 

Honda Scoopy 2017

Anti Theft Alarm, Velg 12 Inch & Helm Scoopy TRX-S Standard

 

Sama halnya dengan sektor estetika, All-New Honda Scoopy ini juga mendapat sejumlah fitur terbaru yang sekaligus membuatnya jadi yang terbaik di kancah skuter matik 110-125cc… Salah satunya yang paling EA’s Blog sukai adalah kehadiran Alarm yang sangat berguna, apalagi mengingat Scoopy adalah salah satu motor favorit curanmor. Fitur yang dinamakan anti-theft alarm ini juga mudah digunakan, hanya dengan menekan tombol “set” yang ada di gantungan kunci khusus – dan bakal langsung mengeluarkan bunyi “tiiitt…tiitttt” saat kunci dibuka paksa.

 

New LED Headlamp, Power Charger & Speedometer Digital-Analog

 

Selain itu juga ada panel instrumen speedometer baru yang sudah dibekali dengan odometer dan indikator bbm digital, plus ECO Indicator laiknya yang bisa kita temui di Honda BeAT terbaru. Lampu LED terbarunya juga ciamik dengan tambahan berupa strip angle-eyes oval laiknya motor modifikasi. Dan jangan lupa, All-New Honda Scoopy 2017 juga sudah memiliki bagasi depan dengan penutup, yang sudah dibekali dengan Power charger untuk memudahkan pengendara mengisi baterai gadget/smartphone. What a feature!!

 

Harga (cuma) Naik 500.000

 

 

Honda Scoopy 2017

 

Generasi Scoopy sebelumnya dibanderol Rp. 17,3 jutaan (OTR Jakarta)… So, berapakah banderol All-New Honda Scoopy 2017 ini Kang Eno? Jika melihat seluruh ubahan estetika laiknya velg 12 yang unik yang sama sekali nggak common parts dengan produk lain, warna glossy yang makin banyak, plastik kulit jeruk (shibo pattern) yang makin jarang terlihat, plus fitur terbaru laiknya Anti Theft Alarm, Power Charger, serta LED + Angle-eyes, maka nggak heran jika banderolnya naik 800 ribu – 1 jutaan. But it isn’t!

All-New Honda Scoopy 2017 dibanderol Rp. 17,8 juta (OTR Jakarta) – yang berarti hanya naik 500 ribuan dibanding edisi lawas! Dan asiknya lagi, harga tersebut berlaku untuk seluruh pilihan varian & warna Scoopy terbaru (Stylish, Sporty & Playful) tanpa harus menambah budget sedikitpun! How the hell they do that?

 

Siap Jadi Market Leader

 

 

Honda Scoopy 2017

 

All-New Honda Scoopy 2017 tak ditujukan sebagai pelengkap, apalagi produk yang ‘sekedar ada’. Apa yang coba diraih oleh skutik terbaru ini adalah jadi salah satu market leader di Indonesia, bersama ‘saudara’ lainnya, BeAT-series & Vario-series. Nggak tanggung-tanggung, Scoopy terbaru ini ditargetkan terjual 55.000 unit perbulannya! Atau sekitar 495.000 unit hingga akhir tahun 2017 ini, lantaran unitnya baru akan didistribusikan ke dealer-dealer Honda terdekat di kota Brosist mulai penghujung maret 2017. Wow!

 

 

Dan kalau EA’s Blog boleh menyampaikan pendapat, angka tersebut bahkan seharusnya bisa lebih besar lho… Karena sosok All-New Honda Scoopy 2017 ini benar-benar bakal membuat gebetan, pacar, istri, emak-emak, sampai para pria feminin bakal ngiler setengah mati. Siap-siap inden bakal mengular, Honda harus menyiasati masalah ini!

 

Calon Nominasi Best Bike 2017

 

 

 

Jujur, EA’s Blog sangat menyukai All-New Honda Scoopy 2017… Alasannya? Karena banyak hal dari skuter matik ini melebihi segala ekspektasi saya sebelumnya – baik dari segi estetika, fitur, hingga harga jual. Meskipun (tentunya) masih ada beberapa hal yang jadi kekurangan, yang bakal kita kupas tuntas di artikel selanjutnya.

So, lebih worthed mana dengan nasi bungkus, Kang Eno? Hahahaaa… Sabar! Karena saya sudah raba-raba langsung motornya, bahkan sudah geber langsung juga lho! Penasaran? Artikel first ride review All-New Honda Scoopy 2017 bakal segera meluncur… So, stay tuned terus bareng EA’s Blog ya!

 

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

 

Advertisements

24 comments

Tinggalkan Balasan