Advertisements
Moto3 Race

5 Hal Amazing Motor Moto3 yang Belum Kita Ketahui!

Amazing Build

 

 

Apakah Brosist sudah tuntas membaca Artikel Metalurgi ala EA’s Blog? Jika belum, maka Brosist harus baca-baca dulu artikelnya… Karena motor Moto3 yang kita bahas kali ini sudah menggunakan semua material eksotik yang kita bahas sebelumnya!

 

Carbon Fiber Bodykit

KTM RC250R Carbon Fiber Body

 

Di sektor bodi, Brosist bisa menemukan material bernama Carbon Fiber yang punya lebih kuat dari bodi baja, namun punya bobot yang jauh lebih ringan! Carbon Fiber juga bisa kita temui di bagian rear sub-frame serta bagian bodi lainnya seperti spatbor depan-belakang, serta penutup swingarm.

Beralih ke bagian frame, Brosist bisa menemukan material high-tensile steel (baja berkualitas tinggi) yang jadi frame trellis KTM RC250R… Baja yang satu ini berbeda dengan material frame yang bisa kita temui di frame trellis laiknya KTM RC250, ataupun Kawasaki Ninja RR Mono – lantaran lebih kuat, lebih ringan, serta lebih durable terhadap suhu tinggi.

 

Honda NSF250RW Forged Magnesium Wheels

Honda NSF250RW Forged Magnesium Wheels

 

Titanium bisa Brosist temui di material pembuat knalpot, serta suspensi depan upside-down besutan Ohlins maupun WP Suspension… Sementara Hi-grade alumunium jadi material utama yang menggantikan baja (steel) sebagai frame, serta swingarm di Honda NSF250R. Magnesium jadi bahan utama pembuatan blok silinder, serta forged-metal bisa Brosist temui di velg cast-wheel forged-alumunium & forged-magnesium standar motor Moto3.

Ceramic Coating? Tentu saja ada! Silahkan Brosist simak di lapisan dinding silinder motor Moto3 yang sudah dilapisi dengan Nickel-Silicon-Carbide (Ni-SiC).

 

 

Ternyata gokil banget ya Kang Eno? Semua material eksotik ada di motor yang notabene cuma berkapasitas 250cc! Apakah harganya juga ikutan mahal??

 

 

Advertisements

16 comments

Tinggalkan Balasan