5 Hal Amazing Motor Moto3 yang Belum Kita Ketahui!

Amazing Performance

 

 

Kalau Brosist mengira EA’s Blog terlalu melebih-lebihkan motor prototype Moto3, sepertinya pemikiran tersebut harus diluruskan kembali… Yes, Moto3 memang hanya memiliki spesifikasi mesin 4-Tak, 249cc, DOHC 4-Valve, Liquid-Cooled, Fuel Injection – yang sekilas sama persis dengan Kawasaki Z250SL (ZED) milik EA’s Blog. So, sampai di point ini, para pengguna 250cc twin-cylinder pasti bakal mengira motornya lebih mumpuni dari segi permesinan.

 

Moto3 Topspeed

 

But, it isn’t! Hal pertama yang perlu Brosist catat, power yang dimiliki oleh Honda NSF250R – yang notabene punya spek lebih rendah dari NSF250RW Moto3 – mampu menembus 47 HP! Bahkan, KTM RC250R Moto3 malah diklaim mampu melebihi barrier 50 HP – pada musim balap 2015 silam. Jauh lebih tinggi ketimbang catatan power motor 250cc paling powerful saat ini, Honda CBR250RR, yang hanya mampu mengail power 38 HP.

Ah, kan cuma beda 11-12 Horsepower doang Kang Eno? Ya, perbedaannya mungkin hanya beberapa HP, dan mungkin juga bisa disetarakan dengan upgrade performa besar-besaran di motor 250cc produksi masal… Tapi percayalah, parameter perbedaan keduanya bukan hanya sekedar horsepower semata.

 

Topspeed Moto3

Nih catatan resmi topspeed Moto3 di GP Qatar 2017 kemarin…

 

Hal selanjutnya yang harus Brosist ketahui adalah kecepatan motor Moto3… Apakah 190 Km/h, atau 200 Km/h? Nope! Jauh-uh-uh lebih dari itu. Lantas, berapakah topspeed tertinggi Moto3 Kang Eno?

Berdasarkan data resmi yang dilansir situs MotoGP pada race GP Qatar 2017 lalu, topspeed tertinggi yang mampu dicatatkan motor berkapasitas 250cc ini mampu menembus 238,9 Km/h – dengan akselerasi 0-100 Km/h dalam waktu sekitar 3 detik saja! Alias angka yang serupa dengan kecepatan motor 600-650cc modern. Bahkan masih sedikit lebih cepat!

 

 

So, apa yang membuat motor Moto3 bisa begitu powerful dan kencang Kang Eno? Nah, waktunya kita bahas rahasia amazing yang selanjutnya…

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  1. Mesin mesin moto 3 sangat enak dilihat resik, bersih, terang & kinclong, ga kya mesin motor produksi massal sekarang yg malah dicat item

  2. Wah, ulas moto2 jg dong kang…
    wwkwkkw keren bgt emg moto3

    Coba ada moto4 (150cc 4 tak) yg powernya 30-40 hp…ane siap beli dah…hehe

    • Yang kelas moto2 udah pernah mas, yg mesinya cbr600rr diganti triumph. Cuma untuk spesifik belum.

      Colek mang eno ahay

  3. Kalau nonton moto3 justru paling seru sebenarnya dibanding moto2,karena disini kita tdk hanya mendukung pembalap dan tim yg kita suka tapi juga konstruktor atau pabrikannya seperti di motogp(kecuali moto2).gak kaya moto2 yg balapnya one make engine(kalau gak mau dibilang one make race) pake mesin CBR600RR yg dtuning ulang

        • Wuiih very enlightening script kang eno…keep it up the good works! Itu tabel dari motogp.com nunjukin rata2 speed perkm/h alias bukan top speed, mosok yo top speed urut kek ngono…mikeer juu…jadi lebih kenceng 4tak nya??