Advertisements
All-New Yamaha R15 vs Yamaha MT-25

Harga 35 Juta, Pilih All-New Yamaha R15 atau 250cc Second?

Masih ingat saat perilisan All-New Honda CBR150R setahun silam? Yes, saat itu EA’s Blog menutupi euforianya dengan membeli 250cc second (ZED), dan membuktikan kalau Brosist bisa mendapatkan sesuatu yang lebih dengan budget yang sama, bahkan lebih murah… Apakah Kang Eno FBY? No! Karena saya juga bakal melakukan hal yang sama ke sportbike terbaru pabrikan garputala: The All-New Yamaha R15.

 

 

Itu berarti Kang Eno FBH, FBS atau FBK? Nope! Karena saya nggak berminat adu head2head All-New R15 vs Suzuki Inazuma, New Honda CBR250R (DKE), ataupun Kawasaki Z250-Twin… EA’s Blog hanya mencoba membuat keadaan tambah buruk – dengan pilihan antara 35-jutaan-sportbike, All-New Yamaha R15 vs Yamaha MT-25, motor 250cc secondhand favorit yang tak tergantikan di blog ini dalam kurun waktu setahun terakhir. Dan supaya keadaannya nggak bertambah baik, EA’s Blog bakal bahas komparasi kali ini berdasarkan cara murid “you-know-who” membully CBR250RR vs Moge Secondhand… So, pembahasannya dijamin bakal “smart” & “netral”. Here we go…!

 

Yamaha YZF R15 Facelift 2017

 

Dear pembaca sekalian, tidak bisa dipungkiri bahwa income para buruh & ongkos para mahasiswa kos-kosan tidaklah seperti di negeri maju… So, uang sekitar Rp. 34-35 juta tentu bukan jumlah yang sedikit. Kalau mau dibelanjakan untuk beli mie instan, maka kita setidaknya bisa mencukupi kebutuhan makan untuk… Well, 18 tahun! So, sebagai buruh muda, karyawan outsourching, atau mahasiswa – konsumen yang dituju oleh All-New Yamaha R15 – kita harus cari sesuatu yang optimal… Sesuatu yang punya keunggulan semaksimal mungkin dari berbagai sisi.

 

 

Kehadiran All-New Yamaha R15 memang menggoda. It really is! Namun sayang, banderolnya yang mencapai Rp. 34,5 juta (OTR Jakarta) tentu nggak bisa dibilang ‘murah’… Terlebih apabila Brosist berada di luar Jakarta, atau berada di dekat dealer Yamaha yang salesman-nya bermata ijo. Pernahkah membayangkan makan tongkol balado kemudian diapksa bayar bill seharga 350ribu? Tentu saja, mereka bisa berkilah tongkolnya diambil dari akuarium Istana Presiden, tapi EA’s Blog nggak sebodoh itu… Saya nggak bakal keluarkan Rp. 35 juta cuma buat motor 150cc!

 

Yamaha MT25

 

So, adakah pilihan lain? Mungkinkah saya harus jadi “purist” dan membeli GSX-R150 yang jauh lebih murah, atau menuruti keinginan orang tua dan memboyong All-New CBR150R, Kang Eno?? Nope, itu lain cerita.

Di market sendiri, dengan uang Rp. 35 juta, atau punya DP Rp. 10 juta (kalau Brosist seorang krediters), Brosist sudah bisa mendapat 250cc secondhand laiknya Kawasaki Z250SL (STD/ABS), Ninja RR Mono, Z250-Twin, Suzuki Inazuma 250, ataupun Honda CBR250R. Semuanya bisa Brosist dapatkan dengan mileage masih dibawah 10.000 km… Yang menurut seorang “ahli motor second” diluar sana, masih masuk kategori layak. Belum perlu gonta-ganti parts karena aus… Tapi poin yang paling menariknya, Brosist juga bisa mendapatkan opsi terbaik diantara seabrek pilihan diatas: Yamaha MT-25 Secondhand (2015).

 

Yamaha MT-25 3

 

Jika diperbandingkan, tentu saja keduanya memang sama-sama berbentuk sepeda motor, keduanya juga sama-sama bermerk Yamaha, dan yang paling penting keduanya juga sama-sama punya 2 roda. Namun saat berbicara soal power, rider Yamaha MT-25 bisa muntah terlebih dulu saat bertemu Honda BeAT Street, kemudian kejar All-New Yamaha R15 hingga kembali meninggalkannya 1 kelurahan.

Yes! All-New Yamaha R15 boleh diklaim (diatas kertas) sebagai sportbike tercepat dikelasnya dengan power 19 HP, tapi bagaimana jika disandingkan dengan Naked-bike yang punya power 35,8 HP atau 2 kali lipatnya? Cuma idiot yang membandingkan power keduanya… But we are not! Karena artikel ini berbasis pembahasan murid you-know-who yang “netral” & “smart”!

 

 

Tapi, bukannya All-New Yamaha R15 punya keunggulan fitur sekalipun dibanding Yamaha MT-25 Kang Eno? Tentu saja, fitur adalah salah satu keunggulan utama yang diagung-agungkan oleh para calon konsumennya… All-New R15 punya Setang Underyoke, Frame Deltabox, Suspensi depan Upside Down, Ban Gambot serta Swingarm Alumunium yang nggak dimiliki oleh Yamaha MT-25. Semuanya dibenamkan agar All-New R15 punya handling & stabilitas terbaik dikelasnya. Apakah itu berarti handling Yamaha MT-25 jadi lebih buruk jika dikomparasi? I don’t think so…

Dan jangan lupa kalau All-New Yamaha R15 juga sudah dibekali seabrek fitur mesin terbaru laiknya 30mm Throttle Body, Assist-Slipper Clutch & Variable Valve Actuation (VVA)… So, apakah itu berarti Power All-New R15 bakal jauh melampaui Yamaha MT-25? Are you kiddin’ me??

All-New Yamaha R15 vs Yamaha MT-25

 

 

Dan yes, fitur tersebut memang membuat All-New Yamaha R15 jadi produk unggulan dikelas ya. Tapi percayalah pada seorang fansboy Yamaha yang pernah menulis seperti ini: “Walaupun second, moge tetap dikategorikan sebagai moge – atau bisa dibilang ‘real moge’. Bukan A2-bikes!” So, bagaimana jika kita artikan ke perbandingan antara 150cc vs 250cc? Yup, “Walaupun second, Yamaha MT-25 tetap dikategorikan sebagai 250cc – atau bisa dibilang ‘real 250cc’. Bukan 150cc! Dapat bonus suara knalpot twin-cylinder pula!”Apa maksudnya?

Maksudnya, sekencang-kencangnya All-New Yamaha R15, it’s still a 150cc bike! Mungkin lebih kencang (saya yakin lebih kencang) dari All-New Honda CBR150R, tapi tetap nggak bakal bisa ‘humiliating’ kompetitornya… Apalagi jika diadu dengan Suzuki GSX-R150 yang punya spek power 11-12.

 

 

Tapi, bareng Yamaha MT-25, Brosist bahkan bisa membuat user R15, GSX-R150 & CBR150R sekaligus pipis di celana saat adu geber-geberan. Meskipun harganya setara, Yamaha MT-25 tetaplah 250cc (apalagi twin-cylinder)… Sepeda motor dengan power diatas 35 HP, catatan 0-100 km/h dalam 7 detik, dan topspeed diatas 160 Km/h. And that was that!

 

 

Sampai di poin ini, EA’s Blog mungkin bisa berubah pemikiran saat mencoba unitnya, seperti yang Brosist lihat di sosok Honda CBR250RR… Best bike of 2016. Atau, bisa juga EA’s Blog nggak berubah pemikiran sama sekali, laiknya yang Brosist lihat di artikel first ride Suzuki GSX-S150… Bad bikes of 2016. Memang bukan sepenuhnya salah para engineer Yamaha, saya justru berikan acungan jempol untuk membuat konsep motor 150cc yang luar biasa… Well done Yams!

Tapi, karena (somehow) you-know-who takkan mengijinkan saya mengetes motor satu ini – yang berarti EA’s Blog takkan bisa eksplor konsep kelebihannya – so, bukan tak mungkin ini adalah ‘last words’ dari EA’s Blog untuk All-New Yamaha R15… Dan sayangnya, amat-sangat disayangkan, itulah yang membuat All-New Yamaha R15 hopeless.

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

70 comments

  • uterus bermata

    mt25, dulu dibenci, sekarang dicari

  • joki suzuki

    pertamini

  • Nice article Mon, nu urang di draft keneh wkwkwkw

  • Gua pilih Inazuma, kalo motor baru mending gua ambil KTM duke….tapi pasti nunggu STNK bakalan berjamuurrrr, tapi yang pasti ngak bakal ngambil motor 150 berfairing, karena gua kagak demen sport 150 or 250 berfairing.

  • emha

    Ulasan.nya kok nylekit banget kang..! tp memang Realita.nya demíkian Sih..

  • lbb hbb

    Fix kang eno bukan fby fbh fbk fbs. Tapi fbn. Fansboy naked

  • Dimdim

    Kalo di ibaratkan artis nasional, all new r15 siapa kang?

    Semoga bukan awkarin

  • harry potter

    saya silent redaer user mxking hasil baca2 artikel dsini yg dulu2. kdang suka kbawa kesel sama yg nmanya “you-know-who ” yg sering dsebutin artikel kang eno. asliny itu siapa si kang???

  • goezman

    Setuju kang motor 150 cc makin mahal skrg, n terutama ama MT25 second yg terbaik. Cuma sayangnya kenapa orang2 “mampu” gak beli MT25 baru ya, biar secondnya bejibun hadeehhh

  • shiroyasha

    Artikel khas kang eno,ceplas-ceplos namun jujur,siip kang

    • enoanderson

      Khusus buat artikel ini, saya cuma ambil artikel blog pengikut you-know-who kok kang, terus saya rewrite & tambahin bumbu… Jadi tahu dong asal mula pedesnya darimana? Wkwkwk

  • bagggong

    “you-know-who” itu siapa kang eno?
    abisin-dan apa zuragan?

    • uchiha_zach

      You know who yang membandingkan CBR250RR vs moge adalah si zuraghan. Tapi aneh nya si zuraghan mencak-mencak saat ada yang membandingkan All new R15 vs 250cc.

  • ghondar

    Biaya harian & perawatannya gmn kang eno antara kedua motor ini? atau sport 150cc single vs 250cc twin.
    Beda jauh apa sama aja?

  • Yoyok Sieup

    Kayak Mbah Dukun aja Kang, dibenci “we know who” 😀

  • Jondol

    Judulnya kurang dikit om harusnya..Harga 33-35 Juta, Pilih All-New Yamaha R15, all new cbr150 atau 250cc Second?

  • Wawan

    Betul.. .
    Dulu saya mau beli all new cbr150 ngak jadi, setelah saya baca artikel dari mas Eno.,. Setelah saya pikir” saya jatuhkan pilihan ke Z250sl.. Yang harganya sama dengan all new cbr150r…

  • sukupal

    Buset makan mie instan 18 tahun, kayak ane dulu kuliah makannya mie instan mulu, jadinya bodo lulusnya lama.
    Sayangnya biaya maintenance motor 250cc agaknya juga sedikit lebih mahal sih, walaupun harga sparepart motor 150 cc juga gak murah loh, kayak kiprok xabre yg busuk2 itu sampai 300rban, lampu depan satu set 1 jutaan.

  • kang, logika saya bener ga nih? cbr150 kan sudah super duper overpriced, nah berarti dengan harga 33.5 juta harusnya cbr sudah punya spesifikasi yang jauh lebih mantap kan, seperti spesifikasinya R15? kalau begitu salah gak saya kalau bilang yamaha terlalu tinggi pasang harga r15 baru?

    kalau mau bilang naiknya cuma 2.5 juta dari yang v2, harusnya jgn dibandingin dengan yang lama, soalnya harga 32 juta sangatlah mahal untuk motor yang sudah sangat outdated. in other way, the old one is also overpriced.

  • budag cikupa

    kang minta saran nih, dgn harga yg sekarang lebih valueable mana, ambil all new cb150r ato NVA??

  • anonimus

    untung gak doyan fairing, karena ane FBN (Fans Boy Naked) :v

    motor kesukaan ane juga low profile, tapi mesinnya suka dibanding2in sama nvl/nva, you should have known my favourite bike don’t you? :v

  • dr.Pras.Sp.PD.Rar.Net

    bisikan gaib kang eno uda bikin malaikat dan setan bertengkar di kedua sisi pundak saya hahha , tp 250cc 2 cyl ttp eksotik kec *goyang25

  • Ronald

    Gimana dengan operational cost, pajak, belanja part modifikasi si emti mang? Mungkin bisa kebeli, tapi puyeng pas menafkahi wkwwkwkwk

  • kalau konsumen yg gak suka motor second & gak mau punya motor 150cc yg udh MAINSTREAM (dipake sport, bebek & matik) opsinya Duke 200 cc,power & torsi menang

    • enoanderson

      Saya belum bisa kasih komentar soal Duke 200 kang… Belum dikasih jatah review sama KTM Indo soalnya #hiks 🙁

  • gowes

    saya butuh kapten yg bs menjelaskan siapa sebenarnya you-know-who.
    spertinya saya ketinggalan hype train

  • Setdah

    Kenapa ya hrga r15..banyak pesimis,apa karna momenya g tepat..apa gr2 promo gsx..apa krn bnyaknya 250 bekas..
    Soale ingat wktu dulu new cbr150 thiland(single lamp) hrga 34jutaan..g da yg protes kyanya..

  • Yookee

    34,5 juta OTR Jakarta. Bayangin harga motornya diluar Jakarta, tembus 35-36 juta men. Yasalam. Mana iklannya pake kalimat “DNA MotoGP”. Entah DNA MotoGP yg sebelah mana.

  • Kamen_Keder

    Klo ane sih masih milih r15 kang eno…. krn masih mikir biaya perawatan ma bensin krn dipakai harian…. tapi emang 34,5 harga jkt itu kemahalan, bagaimana kota lain 150 cc harga 36-37? Alamaakkk…..

  • Masnop

    Racun motor bekas.. tetapi ga salah koq. Image beli motor bekas jaman dlu selalu yg sudah rusak lah dan ini itu. Iya jaman dlu 90an motor masih2 itu2 aja dan ga bnyak olihan kd orng pkai lama.. jaman skrng banyak pilihan dan otng sering ganti, mokas banyak yg low milage sekarang.. pasar mokas super duper value.. ER6 masih kinyis2 73jt cbr 1000 NP 100jt … CBR 250 21jt ..

  • robby

    setuju, pilih janda lebih syahdu………

  • GAMELOFT'BLOG

    Kasihan Yamaha, byk blogger anti ymh…
    Motor 250 2nd ya harus trm resikonya…apalagi mrk kaoskaki.Mampu beli tp g mampu ngopeni, trmasuk byr pjk.
    Banyak lho yg jual motor mati pajak/stnk doang…

  • U D I N RANTING

    MOTUBA SEKEN

    • banteng bodas

      Urang jadi fbhf aja (fans boy half fairing), gak tau napa gampang masuk angin kalo bawa motor naked, bawa yang model full fairing nyiksa pinggang 😀

  • siapa bukan sih

    Motor 150cc udh deket2 40jt eh tapi r15 155deng

    Ane mau liat ntar cbr facelift pasang harga brapa, 36jt kah?

    Gini kira2
    R15 2017 34jt
    Cbr facelift 36jt
    R15 facelift nanti 38jt
    Cbr facelift lagi 40jt
    Facelift lagi

    Facelift lagi

    Facelift lagi sampe harga 50jt

    Belom ditambah suzuk nanti dengan gsx series nya

    Dan ane masih setia dengan bebek wekwekwekwek

  • Kalau pilihannya mending beli yang mana dengan budget segitu, pasti pilih rondo 1/4 L. Tapi kalau melihat biaya operasionalnya (bensin, oli, parts, dll) mikir lagi deh, dompet bisa ngamuk.

  • Hr15de

    Pernah mikir ga, setang yg ente pegang itu bekas orang lain? Yg mungkin dulu pernah naik motor buru2 habis cebok lupa cuci tangan?
    Trus jok yg ente dudukin dulu pernah didudukin orang yg beser? Yg kencing di celana gegara ada ibu2 belok kanan padahal ngasih sein kiri?
    Sori, bro. Males motor seken..

    • Mon El

      Wanjir ada fby pekok disini
      Gak usah munafiklah, lu juga paling aslinye demen mt25 2nd daripada r15 yang, operpret
      Kecuali lu orang desa yang kaku banget pemikirannya baru dikasih motor berkosmetik gitu aja klepek2, psk tuh banyak yang bening, tapi apa berkualitas??

      • Hr15de

        Sehat, bro? Kan ane bilang ga mau motor bekas, ngape distempel fby? Yg pekok ane apa ente?

        • Mon El

          Wahaha tambah kelihatan nih kefekokannya, dari nama juga keliatan kali kalo situ fby. Atau mungkin ane yang fekok karena situ fans boy r15, bukan fby. Beli dah tuh kalau gak mau motor 2nd, ntar kalo dijalan sama mt25 2nd jangan nangis ngadu ke emak.

  • GHOST

    biar adil bikin artikel kenapa harus beli r15 ketimbang 250cc 2nd

    sebenernya sih kejadian kyk gini juga sama di mobil

    ayla top trim baru atau jazz gd3 2nd

    jadi sama2 ga memaksakan pendapat ke orang lain

    😀

  • Sy vote utk “no replacement for displacement”, 250cc seken.

    Tapi R15 VVA akan lebih irit, transient torque 12 Nm mulai putaran 4000 rpmmenyediakan dorongan yg cukup lumayan.

  • diatas 30jt adalah harga yang sangat mahal menurut saya
    karena saya agak susah payah jika harus mengumpulkan 30jt
    dan jika dipaksa kredit bisa mencapai total 40-50jt

    mo baru mo seken nyarinya pasti di bawah harga itu.
    jadi mau R15 ato MT25 keduanya ga masuk di kriteria saya.
    #ngoahahahaha

    mending duitnya buat beli rumah ato modal nikah
    motor cari yg 20jt an aja asal cash
    aman tentram dunia akherat

  • Uzhenk

    Kang.. teu ka sangkut agen kedai kopi tiam kan?

  • Sya bingung nih ambil all new r15 atau 250cc second?
    Mohon pencerahan dulur dulur

Tinggalkan Balasan