Advertisements
Suzuki Smash FI 2017

Suzuki Smash is Back! Nih Dia 5 Fakta Menariknya!

Janji 8 produk terbaru PT Suzuki Indomobil Sales (2W) untuk pasar Indonesia perlahan mulai ditepati… Setelah duet GSX-R & GSX-S150, kini giliran Suzuki Smash FI 2017 yang unjuk gigi! Apa saja poin menariknya??

 

 

Suzuki Smash FI 2017 – Di tahun 2003, Suzuki Smash hadir dengan konsep ‘daur ulang’ mesin Shogun 110 menjadi sosok motor bebek entry-level yang dibanderol sangat terjangkau… Meski dirundung seabrek problem, namun perjalanannya hingga akhir era 2000-an membuat angka market share Suzuki tokcer meladeni 2 nama besar produsen lainnya. Kemudian, setelah berubah jadi anak tiri lantaran kesibukan Suzuki mengupdate Satria F150, hadirlah Smash Titan di tahun 2011 yang gaungnya datar-datar saja. Hingga akhirnya, nama “Smash” digantikan Shooter FI sekitar 2 tahun kemudian, dan diganti kembali menjadi Smash beberapa saat kemudian… Hasilnya? Disaster!

Perjalanan update Suzuki Smash, atau Shooter, atau Titan, atau whatsoever namanya sejak tahun 2011, sama memusingkan dengan catatan penjualan yang terus menurun… Bahkan, sosoknya pun sempat discontinue pertengahan tahun lalu lho Brosist. But now, Suzuki Smash FI 2017 is Back!

 

Suzuki Smash FI 2017

 

Jika Brosist berfikir sosoknya bakal se-menarik paragraf pembuka diatas, maka pemikiran tersebut salah besar… Karena yang bakal kita temui di Suzuki Smash FI 2017 ini adalah sosok motor yang sudah discontinue sebelumnya, kemudian diproduksi kembali untuk meramaikan pasar motor bebek entry-level. Outdated? Hmmm, bisa iya bisa tidak.

Tapi biar bagaimanapun juga, satu hal yang harus kita cermati: Smash tetaplah Smash! Motor entry-level yang dibekali konsep kemudahan, ketangguhan, serta harga yang kompetitif… Jangan harap sosoknya bisa sekencang Satria F150 Injeksi, apalagi seheboh GSX-R150…! So, apa saja poin-poin yang menarik dari kehadiran Suzuki Smash FI 2017? Lets cekidots…

 

 

Motor Lawas, Momentum Baru

 

 

Suzuki Smash FI 2017

 

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, Suzuki Smash FI 2017 adalah sosok reborn produk terdahulu tanpa ada ubahan yang signifikan – khususnya saat berbicara soal desain… Beda dengan generasi Smash sebelumnya yang selalu tampil sporty & sleek, kali ini tampilan Suzuki Smash FI 2017 justru dibuat lebih elegan dan (somehow) membosankan. Nggak slim dan catchy laiknya New Smash 2006, ataupun tak se-tajam garis desain Smash Titan yang ciamik.

Laiknya kompetitor lain dikelasnya, Suzuki Smash FI 2017 juga hadir dengan 2 varian berupa Smash FI R (jari-jari) & Smash FI SR (cast-wheel). Begitupun dari sisi detail, juga tak ada sesuatu yang menghebohkan ketimbang motor bebek entry-level lainnya, semisal Honda Revo FI & Yamaha Force FI.

 

 

Suzuki Smash FI 2017 dibekali beberapa fitur standar motor bebek entry-level laiknya Rem Cakram (depan) & teromol (belakang), Bagasi 8 liter serbaguna, serta Safety Shutter Key yang diklaim aman dari risiko pencurian… Intinya, karena motor bebek entry-level ini punya konsep efisiensi & harga terjangkau, so jangan berharap fiturnya bakal heboh dan menggelegar.

 

 

Mesin Lawas, Teknologi Baru

 

 

Suzuki Smash FI 2017 - Mesin

 

Nggak beda dengan sisi tampilan, sektor mesin Suzuki Smash FI 2017 juga nggak banyak berubah dari Shooter FI a.k.a Smash FI edisi sebelumnya… Motor bebek entry-level Suzuki Indonesia ini masih dibekali mesin silinder tunggal, 113cc, SOHC 2-Valve, Air-cooled, plus Pengabut BBM Injeksi. Meskipun punya embel-embel mesin lawas, tapi powernya diklaim mampu tembus 9,25 HP @ 8.000 RPM lho Brosist! Hmm, lumayan “screamer” juga nih buat ukuran motor bebek entry…

 

 

Yang menarik, mesin 115cc Suzuki Smash FI 2017 kini menggunakan LEaP Technology (Light, Efficient and Powerful) yang minim gesekan dan tingkat kebisingan rendah… Selain itu, teknologi fuel injectionnya juga diklaim telah dikendalikan oleh ECM (Electronic Control Module) terbaru Suzuki yang teruji dapat menghasilkan tenaga mumpuni, namun tetap efisien dalam hal penggunaan bahan bakar.

Dan poin penting selanjutnya, power mesin yang dimiliki Suzuki Smash FI 2017 ternyata masih lebih besar ketimbang 2 kompetitor lain dikelasnya tuh Brosist, semisal Force FI (8,6 HP) & Revo FI (8,8 HP)… Menarik juga ya buat dites langsung oleh EA’s Blog!

 

 

Konsep Lawas, Tagline Baru

 

 

Suzuki Smash FI 2017

 

Berdasarkan press release yang EA’s Blog terima, Suzuki Smash FI 2017 dilahirkan kembali untuk memenuhi permintaan motor dengan karakter gesit, kencang, tangguh, dan irit yang masih cukup tinggi di berbagai daerah… Khususnya di daerah-daerah yang tingkat pembangunan dan perekonomiannya sedang meningkat seperti pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia bagian Timur.

 

 

Namun berbeda dengan target produk sebelumnya, kali ini Suzuki justru lebih menarget konsumen berusia dewasa yang memiliki profesi sebagai pekerja atau wirausaha dengan tingkat mobilitas yang tinggi… Nggak cuma itu, Suzuki juga berekspektasi model ini dapat dijadikan kendaraan operasional dalam skala besar di berbagai Perusahaan baik Negeri maupun Swasta, karena faktor ketangguhan motor bebek yang terkenal luar biasa, biaya operasional yang rendah, dan hemat BBM.

Namun, karena karakter mesinnya adalah yang paling menarik ketimbang pesaing motor bebek entry-level lainnya (pembahasan poin sebelumnya), maka Smash terbaru ini pun hadir dengan tagline baru yang bertajuk ‘Tarikannya Dahsyat!’ – menggantikan tagline “Si Gesit Irit” yang telah melegenda bersama sosok Smash sejak era 2000-an silam.

 

 

Harga Lawas, Value Baru

 

 

Suzuki Smash FI 2017 vs Honda Revo Fi vs Yamaha Force FI

 

Nggak cuma mesinnya yang mengundang perhatian EA’s Blog… Salah satu hal penting lainnya yang menjadi perhatian utama saya ketika menganalisa sosok Suzuki Smash FI 2017 adalah harganya. Yup, Smash FI R (velgjari-jari) dibanderol dengan harga Rp. 12.850.000, sementara Smash FI SR (velg cast-wheel) datang dengan banderol Rp. Rp 13.650.000… Keduanya dibekali 3 pilihan warna: Pearl Frash Green – Brilliant White, Candy Summer Red – Titan Black & Titan Black. Nah, apa artinya harga tersebut?

 

 

MURAH! Yup, sampai artikel dirilis, Suzuki Smash FI 2017 adalah motor bebek entry-level termurah dari produsen Jepang…! Karena saat ini Honda Revo FI (diluar Revo FIT) dibanderol dengan harga Rp. 14,4 – 15,3 jutaan, dan Yamaha Force FI kini dilego dengan harga Rp. 15,35 jutaan – alias lebih murah hampir 2 jutaan lho Brosist.

Yang lebih gokilnya lagi, harga tersebut bahkan masih lebih murah ketimbang banderol Suzuki Smash FI tahun 2015 silam yang sudah mencapai angka Rp. 13,1 – 13,8 jutaan…! Meskipun demikian, PT Suzuki Indomobil Sales (2W) nampaknya sadar diri tentang penurunan market share motor bebek, sehingga hanya menargetkan penjualan sebanyak 500 unit saja tuh Brosist – sementara distribusinya sudah dimulai sejak pertengahan Maret 2017.

 

 

Spesifikasi Lawas, Kondisi Baru

 

 

Suzuki Smash FI 2017

 

SpesifikasiSuzuki Smash FI 2017 RSuzuki Smash FI 2017 SR
MesinSilinder tunggal, SOHC 2-Valve, Air cooled
Bore x Stroke51 x 55.4 mm
Volume silinder113 cc
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Dimensi P x L x T (mm)1.910 x 690 x 1.085 (mm)
Bagasi8,0 Liter
Kapasitas Tangki BBM3,7 Liter
Berat Kosong93 Kg94 Kg
Jarak Terendah dengan Tanah145 mm
Suspensi depanTeleskopik, pegas ulir, bantalan oli
Suspensi BelakangLengan ayun, pegas ulir, bantalan oli
Rem depanCakram
Rem BelakangTeromol
VelgSpoke (jari-jari)Cast Wheel
Ukuran Ban Depan70/90 – 17 M / C 38 P
Ukuran Ban Belakang80/90 – 17 M / C  44 P

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

21 comments

  • Budakjampang

    Pertamax turbo yess
    Hati2 ah cover bodi belakang dan stoplamp prothol
    Itu yg bikin old smash jadi cacat dan merusak reputasi suzuki
    Sy cukup puas dengan Suzuki nex karbu satu2 nya produk suzuki yg dipunyai….

    • Yookee

      Nah itu dia. Mesinnya sama kya Suzuki nex jg masbro, tapi transmisinya aja yg beda. Trus soal body yg getar sih kyanya udh cerita lama ya. Apalagi di era Suzuki injeksi. Kualitas part body dan finishing catnya Suzuki juga udh masuk kategori “lebih baik dr tetangga” hehehe.

      Dari : owner Suzuki let’s dan Yamaha RX King.

      • Budakjampang

        Semoga saja demikian mzbro
        Sy yakin build quality suzuki sdh jempolan
        Tinggal menyembuhkan image prothol smash yg sdh mengakar di masyarakat
        Sampai hampir gak ada nilai jual kembali (smash thunder 125 juga) pas lg butuh buat istri wara wiri
        Beruntung sy ambil nex 2nd nik 2012
        Hrga super terjangkau dgn kwalitas top
        Dan belum pernah ngerongrong
        Mesin dan tranmisi serasa baru terus bener2 ajaib
        Salam
        Dari depok
        Njmx135 11
        Nex 12
        Mxking17

        • sardot

          mungkin gak,shogun keluar lagi .. dengan basic new satria fi.

        • Slow_down

          body smash krupuk sudah menjadi cerita lama yang mengakar.
          makanya dulu suprafit laku.
          padahal new smash 2006 kualitasny sudah gak krupuk lagi, bodypun sudah kokoh dan anti getar bodynya.

    • eSTeh 12

      Kasus cover samping belakang bak pinang dibelah kapak itu bener udah jd cerita lama kok itu. Di titan udah ga ada penyakit itu. Kalo stoplamp, ga tau deh, mungkin udah ilang jg karena belom pernah liat titan yg lampu blkgnya manggut-manggut.

  • Somplak

    Ngabisin stok shooter digudang didowngrade dijual murah pake nama smash…

    • eSTeh 12

      Lah mampir ke sini jg nih hater suzie satu ni. Wkwkk kirain cuma di tempat lek iwan sama wakji taufik doang

  • Renhan

    Spek rantai msh sama dg shooter 420 ato sama dg titan yg 428, kalo sama dg titam y bagus

  • Mas Y

    Kenapa bukan shogun sp aja yg direborn

  • RFP

    Masih ada kemungkinan ga ya kang kalo nanti shogun sp jadi bebek super? Buat lawan MX king dan supra GTR

    • xxx

      Jelas maaih ada. Baca tuh dari 8 produk udah 3 yg nongol. Masih 5 Lagi. jadi kemungkinan masih besar. .

    • joni

      Cakeplah kalau masih ada haraoan bikin shogun 150cc, note : desain yang bagus mendekati new mxking 2017 yg belum keluar, asal jangan kayak GTR lihatnya bikin muntah desainer o’onda parah bgt punya karya gak enak dilihat gitu

  • ami

    Tambah lagi donk mas eno review tentang motor bebek,seperti jupiter,shogun,smash,supra,f1zr,force 1,tormax dll.. karna gk semua orang punya motor sport , dan masih banyak di luar sana para pengguna bebek..
    terimakasih mas eno…

  • Wayo

    Bodi blakang dan stoplamp nya yg protol selalu membekas dalam ingatan

  • Gus

    Minimal ganti iitu headlamp. Lagian motor pekerja jaman sekarang kalo gak helm in tanggung ya kan

  • motorku ya smash juga min

Tinggalkan Balasan