Advertisements
Electric MotoGP Racing

Bersiap, Balapan Electric MotoGP Racing Hadir di 2019!

Apa jadinya bila mesin 1000cc super eksotik ala MotoGP digantikan dengan motor bertenaga listrik yang senyap, efisien & zero emission? Masa depan yang cerah, atau justru mengecewakan??

 

 

Saat kita di Indonesia masih terlena disuguhi sepeda motor berbahan bakar minyak, pernahkah Brosist terfikir: “Sejauh mana motor bertenaga listrik berkembang?”. Dan jawabannya, Masif! Menurut Bloomberg Bussinessweek, di Tiongkok setidaknya ada 200 juta e-bike & motor bertenaga listrik yang terjual hingga 2015 silam – lantaran pelarangan penggunaan sepeda motor di beberapa kota besar China… Nggak cuma Tiongkok, bahkan Eropa pun menyumbang lebih dari 1,7 juta penjualan motor bertenaga listrik, demi mewujudkan konsep “go green”.

Tercengang? Jangan kaget dulu ya Brosist… Karena tahun 2019 mendatang, DORNA Sports bahkan mencanangkan kategori tambahan di ajang balap motor favorit kita semua: Electric MotoGP Racing!

 

Electric MotoGP Racing

Mugen-Honda Electric MotoGP Racing, inikah calon basis motor Electric MotoGP Racing??

 

Ini bukan April Mop lho ya (karena masih bulan maret), melainkan sebuah gagasan baru yang segera diwujudkan oleh Dorna Sports – penyelenggara ajang balap motor MotoGP & WSBK. Yes! berdasarkan wawancara antara Cameo Ezpeleta (CEO DORNA Sports) & Mociclismo. Electric MotoGP Racing rencananya akan digelar mulai musim 2019 mendatang selama 5 seri, dan berbarengan dengan sesi balapan MotoGP, Moto2 & Moto3…

Sirkuit mana saja yang bakal menggelar balapan Electric MotoGP Racing ini akan ditentukan berdasarkan kesiapan (infrastruktur) negara tersebut mengembangkan sumber energi listrik yang terbarukan. Saya yakin Sirkuit Sachsenring, Jerman pasti ikutan. Kenapa Jerman? Karena EA’s Blog sering nonton Discovery Channel, wkwkwk…

 

 

Balapan Electric MotoGP Racing ini rencananya bakal diikuti oleh 14 pebalap MotoGP Reguler & 4 pebalap Moto2, dengan menggunakan motor prototype bertenaga listrik yang disuplai oleh satu pabrikan, dan punya spek yang sama antar satu pebalap dengan yang lainnya… Wah, berarti disini nih kita bisa lihat langsung skill murni dari para gladiator balap motor sejagad! Sayang, DORNA Sports masih menutup informasi soal pabrikan mana yang bakal menyuplai motor, serta apa saja detail regulasinya nanti.

Kalau mau menengok ke dunia Roda 4, sebenarnya konsep yang serupa telah diterapkan oleh FIA (penyelenggara Formula 1) dalam wujud “Formula E” sejak tahun 2014 lalu… Formula E memiliki power (rata-rata) 250 HP, dengan maksimum topspeed hingga 225 Km/h. Nggak begitu fantastis laiknya F1, tapi mengingat yang satu ini hanya menghasilkan oputput suara 80dB alias setara standar knalpot motor di Indonesia, plus baterai yang diisi ulang generator bertenaga Glycerine yang terbarukan… Itu artinya, lumayan impresif!

 

Electric MotoGP Racing

 

Nah, gimana menurut Brosist? Mungkinkah kedepannya mesin internal combustion yang jadi ciri khas balap motor akan digantikan dengan mesin bertenaga listrik?? Yuk, kita diskusikan bareng-bareng…

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

 

Advertisements

21 comments

  • Dimdim

    Motornya senyap komentatornya yg berisik..
    Btw kabarnya skuter gesitz sekarang gmn kang?

    • Sinyoooww

      Seperti halnya mobil nasional mang, lenyap ditelan bumi..

    • amplop folio

      selama belum ada aturan yang memungkinkan kendaraan listrik dipakai di jalan umum/raya, maka kendaraan listrik di Indonesia nggak akan jelas nasibnya.
      sori agak politis : era ini nggak jelas dengan regulasi, uu 23 th 2014 yang menjadi acuan pemda di seluruh Indonesia namun sampai dengan saat ini PP/Perpresnya masih banyak yang belum keluar, bahkan masih disharmonis dengan regulasi lain.

  • anonimus

    Kalo F1 udah ada balapan pake mobil listrik, namanya kalo gak salah Formulla E

  • petrolhead

    Kalo ane sih termasuk kubu yang menyambut baik kang hehe,biar bagaimanapun itu sebagai wadah lain bagi pebalap yang susah bersaing di ajang lebih bergengsi seperti F1 dengan Formula E malah ada pebalap F1 yang struggle pas gabung Formula E malah jurdun (Buemi)

    Dan btw ada juga kok yang menurut ane suaranya eargasmic yaitu tim NEXTEV Formula E. Wah panjang amat wkwk

  • Budakjampang

    Geuleuh menjijikan
    Kembali ke jaman dulu film caplin (katanya)
    Ibarat orang tuli nonton tivi nganga doang liat gambar idup (ibarat nonton bokep ngumpet2 di hp) #mute
    Mana raungan merdu suara knalpot racing!!!
    Bohong kalo gak suka sama suara knalpot racing engine 4 cyl rrrrrnnngggguuueeenngggg
    Lahhh ini bunyinya krik krik zzZ”’
    Meleng dikit lewat dahhhhh

  • Orgrasional

    Ya sudah motor akan cuma berupa besi dengan dua roda dan stang aja. Gak akan lebih. Gak ada soul nya. Bakal jadi hal paling jijik dan hina yg pernah saya lihat. Ya….kl bener2 semua mesin internal combustion diganti lho ya…tapi kl dua2 nya ttp eksis internal combustion maupun mesin listrik Laknatullah yaa….gpp deh. Yg penting jangan sampe internal combustion punah. Menyangkut soal emisi gimana?? Ah, masa sih manusia gak bisa bikin mesin internal combustion yg zero emission??

  • LUQMAN I

    Kalau motor bahan bakar minyak di ganti sama motor listrik berarti ga akan ada demo kenaikan BBM yg ada demo kenaikan listrik dan terus ngisi listriknya kemana ke PLN

  • armandx3m

    Yakin zero emissioon? Listrik diproduksi di powerplant yang juga menghasilkan emisi yang besar.
    Kalo di Indonesia mau dipasarkan motor listrik secara massal, maka sarana pendukung musti disiapkan terutama stasiun pengisian ulang yang bisa cepet nge-charge. Atau mungkin sistemnya semacam beli gas elpiji? Batere kosong ditukar sama batere yang sudah terisi penuh.

  • Oknum

    Termignoni bangkrut

  • Budakjampang

    Jangan lupa gendong power bank yg banyak ngeri nya lowbat colokan mana colokan hahahahaha
    Trus pasang speker sound bbbrrrrmmm telolet

  • tau tau pas nyalip ngga ada bunyinya,.. Wusssss.

  • topman

    komen2nya mirip jaman kuda mau diciptain mesin bakar… rindu ringkikan sama derapan kua, ntar pom bensin dimana, masih jalanan tanah gini gada aspal wkwkkkk

  • tapir rawa

    Pas gaspol suaranya kaya bor dokter gigi.

  • Masoed

    Kayaknya bakal susah, soalnya motogp jadi ajang promosi buat masing masing pabrikan

  • saitama gundul

    artikel historical bike kapan lagi kang ?

  • LUQMAN I

    Tapi menurut saya dengan adanya motor listrik ini pasti akan di halangi atau di cegah sama pengusaha minyak / BBM di seluruh dunia

  • trabas

    suarane: wueeettttt weeettt.. wititit wititit… meh koyo versi elektrik F1 V10

  • trabas

    kelingan TTXGP

Tinggalkan Balasan