Advertisements
Honda Rebel 500 - CMX500 - Indonesia

AHM Rilis Honda Rebel 500, Nih 10 Fakta Menariknya!

Gelontoran motor build-up A.P. Honda Thailand ke pasar Indonesia seakan tak kunjung padam… Setelah Honda 500-series & CRF250 Rally – kali ini giliran Honda Rebel 500 (CMX500) yang unjuk gigi menyambangi tanah air untuk melengkapi line-up big bike PT Astra Honda Motor. Apa yang menarik dari motor berkonsep chopper-bobber yang satu ini?

 

 

Seperti yang sudah EA’s Blog beberkan sebelumnya, setelah menyelesaikan uji TPT beberapa waktu lalu, akhirnya Honda Rebel 500 (CMX500) resmi menyambangi Indonesia… Motor yang diimpor utuh (CBU) dari Thailand ini langsung disambut positif oleh para rekan blogger dan komunitas big-bike Honda yang meramaikan momen perilisannya di Hard Rock Cafe, Pacific Palace Jakarta lho Brosist! Nah, yang jadi pertanyaan: Memang apa aja sih keunggulannya Kang Eno? Nih jawabannya, cekidots!

 

Honda Rebel 500 - CMX500 - Indonesia

 

Konsep Custom Chopper-Bobber: Jika ada Brosist yang mengira Honda Rebel 500 memiliki konsep Cruiser, well, sepertinya pemikiran tersebut harus sedikit diubah – karena PT AHM menyebut konsep motor yang satu ini sebagai custom chopper-bobber… Kenapa bukan cruiser? Karena meskipun stylingnya ala Harley-Davidson a.k.a Cruiser-bike tulen, namun yang satu ini punya ergonomi yang sedikit lebih sporty (terutama di footstep), frame yang di “chop” ala chopper custom, tangki super slim, serta kaki-kaki “gendut” dengan velg 16 inch.

Kalau Brosist tanya apa perbedaannya dengan sang kompetitor, Vulcan S…? Well, EA’s Blog menilai tampilan Kawasaki Vulcan S (650) terasa lebih “standar”, sementara Honda Rebel 500 (CMX500) justru didesain lebih unik dan eyecatching… Lho, ini yang mana produk Honda yang mana produk Kawasaki sih? Koq konsepnya bisa ketuker begini?? Wkwkwk…

 

Honda Rebel 500 - CMX500 - Indonesia

 

Basis Honda 500-series? Jauh! : Hal pertama yang EA’s Blog bayangkan kala melihat sosoknya via layar PC, saya menganggap motor ini adalah Honda 500-series yang diberi sentuhan desain berbeda… Tapi setelah melihat sosoknya langsung, EA’s Blog harus menarik kembali ucapan tersebut. Honda Rebel 500 (CMX500) bukan sekadar 500-series semata, tapi sebuah motor yang benar-benar baru, baik dari sisi konsep, desain, mesin, hingga detail. Karena di Honda 500-series, saya yakin Brosist nggak bakal menemukan swingarm membulat ala torpedo, lingkar kaki-kaki 16 inch, speedometer negative-LCD, frame yang di “chop” sampai sebatas kursi rider, suspensi belakang ganda, ataupun mesin yang dituning khusus untuk bottom-end power… Bukan begitu?

 

 

Batasan Bobot Maksimum Boncenger : Keunikan lainnya dari Honda Rebel 500 (CMX500) adalah soal jok boncengernya… Yup, selain bisa dibongkar pasang dengan mudah, ternyata ada batasan bobot untuk boncenger juga lho – Yakni maksimum hanya 75kg saja! Hal ini disebabkan karena struktur frame yang hanya menjangkau area kursi rider semata tuh Brosist. Sementara jok boncenger hanya mengandalkan pelat besi dan pastinya punya batasan bobot yang diperbolehkan.

 

Honda Rebel 500 - CMX500 - Indonesia

 

Kaki-kaki Gendut, bukan Gambot : Berbeda dengan Honda 500-series yang dibekali Velg Y-Spoke 17 inch, Honda Rebel 500 justru bermodal Velg 16 inch dengan palang spoke-pattern ala motor custom bobber gitu deh! Beda velgnya, begitupun dengan karet bundarnya… Yup! Motor 471cc berkode CMX500 ini dibekali Ban berlabel Dunlop D404 dengan ukuran 130/90-16 (depan) & 150/80-16 (belakang). Tampilannya jadi makin gendut & unik banget lho. Sayangnya EA’s Blog punya pengalaman buruk euy bareng Ban Dunlop…

 

Aksesoris Terbatas : Di Thailand, Honda Rebel 500 (CMX500) dijual dengan seabrek pilihan aksesoris OEM yang bisa dipilih… Nah, apakah AHM turut memboyong semua aksesoris tersebut ke Indonesia? Sayangnya nggak tuh Brosist… Pilihan aksesoris untuk Honda Rebel 500 hanya tersedia berupa Headlight Mask, Engine Cover, Cover Alumunium Side & Side Upper yang dibanderol antara Rp. 900.000 – Rp. 1.200.000. Loh, kenapa dikit banget Kang Eno? Nah, teruskan membaca yaa Brosist.

 

 

Motor Custom “Mentahan” : Setelah berbincang sejenak dengan Pak Thomas Wijaya sebagai Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM)… Salah satu alasan mengapa mereka hanya menjual sedikit aksesoris Honda Rebel 500, adalah karena Honda menargetkan motor ini pada tipe konsumen yang gemar modifikasi custom – alias sebagai motor “mentahan”. Pak Thomas Wijaya juga mengungkapkan kalau motor terbarunya ini sangat potensial untuk jadi basis motor custom baru di Indonesia… Setuju pak! Kan nggak lucu kalau nanti motor custom justru mirip semuanya lantaran sama-sama mengandalkan aksesoris OEM pabrikan, wkwkwk….

 

Honda Rebel 500 - CMX500 - Indonesia

Asyeemm, ternyata disini toh posisi kunci kontak Honda Rebel 500, wkwkwk…

 

Hal Unik Honda Rebel 500 : Selain hal unik yang sudah dibahas diatas, laiknya konsep desain, frame, hingga boncenger yang unik, ternyata masih ada lagi keunikan lainnya yang dimiliki Honda Rebel 500. Salah satunya adalah kunci fork (kunci setang) & kunci kontak yang berada di lokasi yang unik… Kunci fork milik Honda Rebel 500 (CMX500) diletakkan dibawah tangki bagian kanan body motor, sementara kunci kontaknya justru terpisah di bagian kiri bawah tangki… Jujur, EA’ Blog sampai keder juga euy sewaktu pertama cari kunci kontaknya, wkwkwk…

 

 

Harga Honda Rebel 500 : Berapa harga Honda Rebel 500 di Indonesia? 160, atau 170 jutaan? Well, ternyata jauh lebih murah dari hitung-hitungan kita di artikel sebelumnya tuh Brosist! Honda Rebel 500 dibanderol Rp. 147.387.500 (OTR Jakarta) – yang artinya berbeda 3 jutaan ketimbang Honda CBR500R, dan setara dengan CB500X Adventure… Bagaimana kalau dibandingkan dengan kompetitor? Well, saat ini Kawasaki Vulcan S dibanderol Rp. 170.400.000 – alias lebih mahal 23 jutaan ketimbang sang Rebel terbaru… Murah atau mahal? Silahkan Brosist nilai sendiri.

 

Honda Rebel 500 - CMX500 - Indonesia

 

Target Penjualan : Berbeda dengan segmen CBU 250cc yang jelas dan terperinci target penjualannya, Honda Rebel 500 (CMX500) justru tak diberikan target yang muluk-muluk lho Brosist… Yup, bahkan Pak Thomas Wijaya pun hanya berharap (cuma ngarep sih katanya, bukan target utama) Honda Rebel 500 mampu diserap sebanyak 150 unit pertahunnya. Angka yang IMHO, terlampau sedikit untuk motor se-unik & se-ciamik Rebel 500!

 

2017 Honda Rebel 300 Red

2017 Honda Rebel 300

 

Honda Rebel 300/250? : Nah ini dia yang pastinya bakal jadi pertanyaan Brosist sekalian: Kapan Honda Rebel 300/250 menyusul ke Indonesia? Sayangnya, Pak Thomas Wijaya yang EA’s Blog tanyai perihal Rebel 300/250 langsung diam seribu bahasa, wkwkwk… Kabar buruk selanjutnya, dalam waktu dekat ini Brosist yang sudah menantikan kehadirannya terpaksa harus gigit jari… Pasalnya, PT AHM kini akan fokus terlebih dulu pada Honda Rebel 500 – dan belum mempertimbangkan sosok “idaman” fans Honda tersebut hadir ke Indonesia. Sayang banget ya?

 

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Loading...

 

Advertisements

13 comments

Tinggalkan Balasan