Advertisements
Čezeta Type 506

Čezeta, Pesaing Vespa Asal Ceko yang Bangkit dari Kubur!

Sejak permulaan 2010-an silam, banyak nama-nama tenar produsen roda 2 legendaris yang kembali dihidupkan berkat invasi motor china yang dibranding ulang masing-masing distributor… Tapi tidak dengan Čezeta, produsen skuter asal Ceko ini justru mengembangkan platform sepeda motor baru yang nggak kalah dibanding produsen kenamaan lainnya.

 

 

Di era 60-70’an, Vespa bukanlah satu-satunya skuter yang jadi idola konsumen di seluruh dunia… Masih banyak lagi nama tenar yang mengundang perhatian dari berbagai negara saat itu, seperti Lambretta & Scomadi dari Italia, Bajaj dari India, Fuji Industries dari Jepang – serta yang bakal jadi pembahasan kali ini: Cezeta dari Cekoslovakia (sekarang Rep. Ceko). Namun sayangnya, banyak diantara nama tenar tersebut jatuh pailit lantaran tak mampu mengikuti perkembangan dunia roda 2 yang teramat pesat… Termasuk Čezeta yang terpaksa bangkrut pada pertengahan era 60-an silam. Tapi kabar baiknya, di tahun 2017 ini, they’re back!

 

 Čezeta Type 506

 

Sekilas tentang Čezeta, mereka adalah produsen skuter kenamaan yang menjual produknya secara domestik ke pasar Cekoslovakia… Kiprah produsen skuter asal Ceko tersebut dimulai tahun 1957 saat merilis Type 501, yang kemudian diikuti oleh Type 502 & Type 505, sebelum akhirnya bangkrut di tahun 1964 silam. Jika Vespa punya ciri khasnya tersendiri sebagai skuter kembung bak tawon (lebah), maka Cezeta juga punya ciri khas berupa desain ala torpedo… Contohnya bisa Brosist simak sendiri pada contoh gambar yang EA’s Blog sertakan diatas.

 

 

Kisah kebangkitan Cezeta dimulai akhir 2008 silam, saat seorang pria bernama Neil Eammon Smith memboyong sebuah skuter klasik lansiran Čezeta… Lantaran kondisinya teramat buruk, restorasi pun ia lakukan untuk membuat kondisinya lebih baik saat dikendarai. Gokilnya, pria berkebangsaan Inggris tersebut juga berniat mengganti mesin 175cc jadulnya menjadi motor listrik yang futuristik dan bebas emisi. Neil kemudian meminta bantuan Czech Technical University untuk membuat motor listrik terbaru yang hemat energi dan tetap fungsional.

Sukses dengan upayanya tersebut, Neill pun akhirnya memutuskan untuk me-reborn kembali nama legendaris “Čezeta” yang telah lama mati suri, dan memproduksi masal produk terbarunya: Cezeta Type 506! What a story…!

 

 

Čezeta Type 506 diklaim bukan sekadar ikut-ikutan reborn merk legendaris seperti di 1 dekade terakhir loh Brosist… Neil coba untuk mengembalikan kembali momen kejayaan produsen asal Ceko tersebut dengan menggunakan berbagai teknologi terbaru – yang salah satunya adalah motor listrik! Cezeta Type 506 rencananya bakal dijual dalam 2 varian, yakni Type 506/1 & Type 506/1.

Čezeta Type 506/1 menggunakan baterai berkapasitas 4 kWh dengan power maksimum 10,7 HP, dan banderol sekitar £7144 atau Rp. 116 jutaan… Sementara Type 506/2 dibekali baterai lebih besar (6 kWh) dan sanggup memuntahkan power hingga 14.8 HP dengan banderol £8849 atau Rp. 144 jutaan… Baterainya bakal menggunakan tipe lithium terbaru keluaran Panasonic (setara mobil Tesla) yang mampu dicharge sampai 80% dalam waktu 2 jam saja.

 

 

Asiknya lagi, masih banyak teknologi canggih yang bakal digunakan Čezeta Type 506… Salah satunya adalah piranti “Throttle Sway” yang sistem kerjanya mirip Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang juga bisa kita temui di mobil F1. Part tersebut berfungsi sebagai simpanan energi kinetik yang terbuang saat motor mengerem ataupun melakukan deselerasi yang berasal dari engine brake – kemudian dikembalikan ke baterai untuk kembali mengecas, dan menghemat durasi pemakaian… Bahkan, skuter buatan Čezeta ini juga sudah mengaplikasikan 3 riding mode laiknya CBR250RR loh Brosist. Wah, keren juga nih sebagai pesaing baru Vespa Modern di dataran Eropa!

 

Cezeta Type 506

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

 

Advertisements

6 comments

Tinggalkan Balasan