Advertisements
Honda Z50 Monkey 50th Anniversary

Setelah 50 Tahun Mengaspal, Sayonara Honda Z50 Monkey!

Setelah 50 tahun menginvasi dunia sepeda motor global dengan sosoknya yang unik, awal tahun 2017 ini akhirnya Honda Jepang secara resmi mengumumkan berakhirnya masa bakti Honda Z50 Monkey… Yup, Monkey-Bike yang legendaris akhirnya stop produksi tuh Brosist!!

 

 

Bagaimana sejarah Honda Z50 Monkey sejak pertama dirilis hingga setengah abad kemudian? Serta apa yang bakal Honda lakukan untuk “menghormati” kepergian salah satu motor suksesnya di dunia? Let’s cekidots..!

 

 

Honda Z50 Monkey – The History

 

Honda Z50 Monkey 1967

 

Jika Brosist menganggap Honda Z50 Monkey lebih mirip sebagai mainan anak-anak ketimbang motor bagi orang dewasa, maka pemikiran tersebut ada benarnya… Karena usut punya usut, awalnya Honda memperkenalkan sosok Z50 sebagai sarana bersenang-senang anak kecil di taman bermain Tama Tech, di wilayah Hino, Tokyo. Bersamaan dengan Dream Kids Dokitto & Wakuccho, Z50 pada tahun 1960-an silam ditujukan sebagai perkenalan dunia sepeda motor bagi anak berusia dibawah 10 tahun.

 

 

Uniknya, Honda Z50 Monkey justru banyak mengundang orang dewasa yang mendampingi anak-anak di taman bermain tersebut… Ide ini kemudian memancing tim development dibawah komando Soichiro Honda untuk segera mewujudkan konsep Honda Z50 Monkey “mainan” – menjadi sosok motor produksi masal yang sesungguhnya. Hingga akhirnya, tahun 1967 silam Monkey-Bike tersebut sukses diproduksi masal.

 

Honda Z50 Monkey 1967

 

Darimana asal penamaan “Monkey” nya Kang Eno? Well, ternyata ada keunikannya tersendiri tuh Brosist… Karena awalnya ditujukan untuk anak-anak, so, ukuran Honda Z50 Monkey pun pastinya bakal kekecilan bila dipakai oleh orang dewasa – dan membuat tubuh mereka laiknya raksasa naik motor mini, dengan ergonomi yang nampak konyol dan lucu. Darisanalah sebutan “monkey-bike” mulai populer… Dan tahukah kepada siapa julukan “Monkey” tersebut diberikan? Yup, bukan motornya – melainkan pengendaranya, wkwkwkwk…

 

 

Dalam 50 tahun masa baktinya sejak tahun 1967 – 2017, Honda Z50 Monkey sukses bertransformasi menjadi berbagai varian lain yang nggak kalah unik dan konyol… Beberapa diantaranya adalah Z50R ala Mini Off-Road, ZB50 Monkey R yang sporty bak Naked-Bike, Z50 Monkey Baja ala Mini Rally Dakar, Z50 Monkey Solo ala custom bobber Harley-Davidson, serta beberapa nama lain yang nggak kalah gokil: Honda Gorilla-series & Ape-series. Ebusyed, buanyaakk juga euy timeline model Honda Z50 Monkey dari masa ke masa…!

 

 

Honda Z50 Monkey Special Edition

 

 

Honda Z50 Monkey 50th Anniversary

Honda Z50 Monkey 50th Anniversary

 

Sebagai penghormatan bagi sosok Honda Z50 Monkey yang melegenda, serta menginspirasi banyak pabrikan lain melahirkan sosok yang serupa – Laiknya Honda MSX125 Grom, Suzuki VanVan 50, Kawasaki KSR, serta Z125 Pro – Honda Motor Co. (Japan) baru-baru ini memperkenalkan Z50 Monkey Spesial Edition alias edisi perpisahan.

 

 

Honda Z50 Monkey edisi perpisahan ini bakal dibekali kelir warna putih, plus warna frame merah yang sekilas sangat identik dengan unit pertama Z50 yang dirilis tahun 1967 silam… Nggak cuma warnanya, sebagai momen flashback kesuksesan motor mini yang satu ini, Monkey bermesin 50cc PGM-FI ini bakal dibekali emblem sayap khas ala Honda jadul (HM Honda), serta kulit jok yang juga identik dengan unit produksi pertama Z50 ke pasaran… Loh, kok malah jadi sedih ya?

 

All-New Honda Z125 Monkey

Bocoran All-New Honda Z125 Monkey ala MCN

 

Eits, tapi lebih baik simpan dulu kesedihannya… Karena sejak tahun 2016 silam, Honda juga diketahui sedang mengembangkan sosok penggantinya dengan mesin yang lebih mumpuni lho Brosist! Konon motor yang satu ini bakal diberi nama Honda Z125 Monkey, yang bakal mengusung basic part milik Honda MSX125 Grom yang juga nggak kalah populer dari Honda Z50 Monkey. Nah, kita tunggu update selanjutnya yaa Brosist… Dan pastinya, Sayonara Z50 Monkey!

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

7 comments

Tinggalkan Balasan