Advertisements
Kawasaki 650-series - ER6N Clay Concept

Cerita Dibalik Pengembangan Kawasaki 650-series…

Dalam kurun waktu 1 dekade terakhir, produk Kawasaki 650-series adalah tipe tersukses dalam seluruh line-up Kawasaki Global… Fakta yang paling gress bisa Brosist simak sendiri pada bulan februari silam, Kawasaki Z650 (replacement ER-6N) sukses mencatatkan rekor pre-order hingga 12.000 unit diseluruh dunia! Angka yang biasa-biasa saja jika berbicara tentang skutik 50-125cc… Tapi untuk motor berharga ribuan dollar, atau ratusan juta rupiah? It’s a massive number…!

 

Kawasaki 650-series - Z650

 

Tapi, yang EA’s Blog sebutkan diatas bukan satu-satunya kelebihan Kawasaki 650-series… Yang lebih mengejutkan adalah betapa mudahnya ‘geng-ijo’ mendevelop sebuah produk terbaru dengan bermodal basis mesin & frame Kawasaki 650-series… Dimulai dari ER-6N, Ninja 650 (ER-6F), Versys 650, Vulcan 650, hingga Z650!

 

 

So, bagaimana sih cerita dibalik development Kawasaki 650-series pertama kali? Mengapa tipe mesin ini seakan-akan cocok digunakan untuk segala genre sepeda motor – mulai dari naked-bike, adventure, hingga cruiser? Nah, potongan Q&A dari salah satu majalah (luar negeri) favorit EA’s Blog berikut ini – bersama Martin Lambert, Senior Chief Kawasaki Europe – mungkin bisa memberikan sedikit pencerahan untuk Brosist sekalian… Cekidots!

 

Kawasaki 650-series - Engine

Kawasaki 650-series – Engine

 

Q: Apa yang jadi fokus utama pengembangan Kawasaki 650-series?

A: Saat pertemuan pertama kali dengan Kawasaki Heavy Industries untuk membicarakan kelas middleweight (Kawasaki 650-series), para petinggi Kawasaki dari seluruh dunia saat itu mendiskusikan soal platform mesin yang sesuai… Dimana pilihannya saat itu terdiri dari V-Twin, Inline-Twin & Inline-Triple.

Pemilihan platform mesin ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan produk ‘geng ijo’ kedepannya… Karena saat itu kami tak hanya ingin membuat mesin yang super-power, tapi yang bisa menyesuaikan terhadap berbagai style dan genre sepeda motor.

 

Kawasaki 650-series - Versys 650

 

Q: Bagaimana soal “karakter” Mesin Kawasaki 650-series?

A: Target kami saat itu ada 3 poin, yakni mesin yang compact, berpower mumpuni di low-mid RPM, serta durabilitas tinggi… Mesin 2 silinder yang compact dan punya delivery power yang baik di putaran RPM rendah-menengah bakal cocok untuk segala tipe riding yang diinginkan konsumen… Sementara durability tinggi membuat kami bisa fokus lebih banyak ke aspek frame dan detail dalam pengembangan mesin Kawasaki 650-series kedepannya.

 

Kawasaki 650-series - Versys 650

 

Q: Apa yang menjadi perbedaan basis mesin Kawasaki 650-series milik Z650, New Ninja 650, Vulcan 650 & Versys 650?

A: Perbedaan yang paling signifikan tentu ada di “personality” yang kami berikan terhadap masing-masing tipe yang disebutkan tadi… Sementara perbedaan yang lainnya terdapat di  system penyuplai bahan bakar, serta adaptasi beberapa tipe untuk regulasi EURO4.

Dan yang perlu diingat, setiap tipe Kawasaki 650-series mendapat perlakuan yang berbeda dalam proses produksinya… Jadi yang jelas, ini bukanlah sekadar memberikan style baru, tapi yang ada di dalam mesinnya juga sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya.

 

 

Q: Apakah sejauh ini ada issue problem (recall) yang diterima Kawasaki 650-series?

A: Sejauh ini, Kawasaki 650-series adalah salah satu unit yang paling jarang menemui keluhan dari konsumen. Sempat ada satu masalah di system knalpot ER-6N beberapa tahun yang lalu… Namun seiring dengan peralihan ER-6N ke Z650 – problem tersebut tak lagi terdengar.

 

Kawasaki 650-series - ER6N Clay Concept

Prototype Kawasaki 650-series (ER6N) yang terbuat dari clay…

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

9 comments

  • Ananda Bilal

    Pertamax Turbo kang 😀

  • Ananda Bilal

    Tapi mesinnya itu kang, edyan reliabilitynya
    Build qualitynya kang ini 650-Series nga main main loh

    • enoanderson

      emang luar biasa sih buat ukuran moge 650cc reliability mesinnya… Tapi IMHO ya karena powernya diset minim

  • rangga

    Klo mesinnya sama gt apa bener2 kerasa tiap varian motor perbedaan “personality” nya kang Eno karena cm dengan tuning sana sini?
    Tp skrg emg tren bgt ya satu platform buat rame2, Honda 500 series jg bahkan di mobil jg kasusnya begitu. Klo sy yg nyoba kok jd boring rasanya jd sama aja klo mesinnya sama, maklum amatiran kang kasih tau dong ngerasain perbedaan nya gmn..bikin semacam tutorial tes ride gt kang buat tau karakter motor hehe trims ya kang.

    • enoanderson

      Biasanya kerasa banget bedanya kang, contoh di mesin KLX250-Z250SL, atau CRF250-CBR250R itu beda banget karakter mesinnya…

  • Model terbaru Z650 mantap pd faktor mengikis bobot motor, weight-to-power ratio makin baik.

    Torsi model lama ER6N udh nendang mulai rpm bawah, cukup mudah di power wheelie dg gir satu.

    Tpi hrga Z650 termasuk mahal ini di 160jt.

  • Bung Joni

    Jangan lupa, di balapan Isle of Man TT kelas Lighweight TT didominasi oleh Ninja 650 selama bertahun-tahun.

  • Barly

    Salam kenal Mang Eno,

    Mau tanya kang, kalo er6n sama er6f karakteristiknya sama atau tetap ada perbedaannya?

  • banteng bodas

    Itu mock Up kang bkn protipe

Tinggalkan Balasan