Advertisements
Test Pramusim MotoGP 2017

“The Nature of” Test Pramusim MotoGP 2017

Apa saja hal yang menarik dibalik sesi test pramusim yang dilakoni para pebalap MotoGP? Nih penjelasan EA’s Blog dari sudut pandang yang berbeda.

 

Sebelum geber motor prototype berpower 240 HP++ di 18 sirkuit, 15 negara, dan 5 benua yang berbeda – di luar test private masing-masing team – para rider MotoGP mengikuti sesi test pramusim resmi yang digelar DORNA Sports…. Dari Valencia, Sepang, Phillip Island, hingga berakhir di Qatar – semuanya dilakoni sebelum lampu hijau tanda night race Sirkuit Losail dinyalakan. Apa pentingnya sesi ini bagi para pebalap? Serta hal menarik apa sih yang membuat Brosist wajib pantengin sesi yang satu ini saat liburan MotoGP?

 

The Real Test!

 

Test Pramusim MotoGP 2017

 

Dalam cabang olahraga lain, hampir mustahil ada 2 (atau lebih) musuh bebuyutan bentrok dalam sesi test… Sepakbola misalnya, nggak mungkin banget kan Persib vs Persija, atau Real Madrid vs Barcelona bertemu di sesi test sebelum liga dimulai? Begitupun dengan olahraga lain seperti tinju… Mustahil mengharapkan duel panas Pacquiao vs Mayweather dalam tajuk sesi test sebelum ‘real match’. What’s the point? Apa pentingnya membeberkan kemampuan yang kita miliki ke hadapan lawan di musim sesungguhnya?? Untuk diketahui apa kelemahannya??

 

 

Tapi jika berbicara soal olahraga balap motor sejagad, ceritanya terbalik 180°! Di sesi test pramusim MotoGP, Brosist bisa langsung saksikan Valentino Rossi vs Marc Marquez, dan Jorge Lorenzo, dan Maverick Vinales, dan Dani Pedrosa, dan seluruh pebalap MotoGP lainnya test tunggangan anyar untuk menorehkan waktu tercepat… Plus, tentunya juga dibumbui dengan intrik & drama khas ala MotoGP. Jauh lebih menarik ketimbang melihat test Klub Liga Indonesia vs Klub Tarkam bukan? Wkwkwk…

 

The Real Potential

 

motogp-2017-winter-test-maverick-vinales-2

 

Apa pentingnya sih jadi yang tercepat di sesi test pramusim MotoGP, Kang Eno? Well, banyak banget…! Yang pertama, tentu masing-masing pebalap bisa melihat seberapa besar perkembangan mereka dengan tunggangan anyar… Kedua, untuk mencari tahu dimana poin kelemahan dirinya sendiri, antar pebalap dan mencari solusi terbaiknya… Ketiga, Brosist bisa menilai sejauh mana kesiapan sebuah tim menghadapi musim yang akan dihadapi.

Dan yang paling penting, Brosist juga bisa melihat sejauh mana potensi masing-masing pebalap dimusim yang akan digelar… Apakah musim depan Brosist bakal setia dukung pebalap A, atau justru berpindah haluan ke pebalap B yang punya catatan timing lebih mumpuni. Tentu saja, lap time di sesi test pramusim MotoGP kali ini nggak sepenuhnya bisa menggambarkan persaingan di musim MotoGP 2017…

 

 

Tapi, catatan timing di sesi test pramusim juga nggak bisa dianggap sepele begitu saja… Di musim 2011 contohnya, saat itu Valentino Rossi yang berpindah ke Ducati tertinggal 1,8 detik dibanding Casey Stoner yang juga baru menggagahi Honda RC212V – namun sukses menjadi yang tercepat. Hasil akhir musim 2011 tersebut? Yup! Casey Stoner keluar sebagai juara dunia, sementara Valentino Rossi jadi ‘pesakitan’ di Ducati Corse.

 

 

The Real Technology

 

 

Saat musim balap sudah dimulai, masing-masing diantara kita (sebagai fans MotoGP) pasti akan mengalihkan perhatian ke intrik & drama yang terjadi antar pebalap idola… Dari duel panas antara Rossi vs Marquez, hingga alasan konyol dibalik kekalahan Lorenzo saat wet race. MotoGP seakan dibuat laiknya drama, laiknya ajang balas dendam personal – dibalut beringasnya motor 350 Km/h yang disiarkan langsung ke seluruh penjuru dunia.

 

Test Pramusim MotoGP 2017

Honda RC213V Big Bang Engine, Better or Worse?

 

Dalam test pramusim MotoGP, apakah drama tersebut yang jadi suguhan utama? No! Hal yang paling menarik dan mengundang perhatian di sesi ini adalah soal perkembangan teknologi, serta terobosan baru yang diciptakan masing-masing pabrikan… ‘Salad Box’ & Jet Exhaust ala Ducati, In-body Winglet terobosan Yamaha, Mesin Big Bang V4 pengembangan Honda, Frame Trellis milik KTM RC16, dan seabrek lagi yang lainnya, untuk EA’s Blog, adalah beberapa poin yang membuat MotoGP kembali terasa spesial dibanding ajang balap motor lainnya…

Artikel wak haji tmcblog.com saya rekomendasikan kalau Brosist ingin belajar banyak soal perkembangan teknologi terbaru di MotoGP 2017 mendatang (wak haji expert banget di bidang ini)… Dan untuk alasan tersebut jugalah, mengapa sesi test pramusim MotoGP 2017 jadi ajang yang layak untuk kita ikuti bersama-sama.

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

6 comments

  • shiro

    dan apakah cerita Vinales akan berakhir indah seperti anime ”Makibao” yg mengejar musuh bebuyutannya Cascade(marquez)

  • Million Thanks to DORNA who had present the best entertainment on the earth!

  • Firmansyah

    Kalo di blog nya kang eno sama wak haji taufik masih mending pembahasannya. Banyak ilmu yang bisa diambil. Perbanyak artikel soal perawatan motor kang, masalah oli, dan lain2 yg beguna buat biker sehari.
    Kalo disebelah mah ngeributin masalah gengsi sohc dohc mulu, padahal cuma 150 cc, komentarnyapun saling jelekin

  • andi

    5 benua kang?
    Benua mana aja kang? Amerika iya, eropa iya, asia iya, australia iya, trs 1 lagi benua apa? Afrika? Negara mana nih kang? Serius nanya..

    Btw soal motogp, sesi pramusim emang cukup menggambarkan betapa kuatnya tim2 papan atas trmasuk pebalapnya kang, tp perlu digarisbawahi jg, balapan vs sesi tes juga g sepenuhnya sama. Sesi tes kan balapan sendiri, which is minim halangan baik dr rider dibelakangnya apalagi didepannya. Kalo balapan ala2 JL99 yg main kabur sih its okey, tp kalo posisi melorot jauh? Bs dilihat dari laptime nya banyak molornya ketimbang fastest nya pas sesi tes. Tapi ini yg bikin seruuu kang, adu nyali di sirkuit saling salip2an

    Soal blogger, tiap individu punya gaya khas dan kompetensi masing2 sesuai porsinya, dan reader blog saya rasa sudah bs menyikapi mn yg baik dan benar, mana yg memihak ke salah satu dua pabrikan, dan blog ini salah satu acuan saya dlm melihat dan mempelajari tentang roda dua tanah air dan dunia, terutama yg berkaitaan dgn historycal bike kang,hehehe

    Sehat terus, panjang umur dan murah rezeki terus buat kang eno dan sekeluarga serta pembaca blog ini.. Aamiinn

  • Setidakanya Dorna udh mengerem lajunya teknologi elektronik motogp, dimana menciptakan gap lebar antara tim kuat dan tim lemah secara finansial.

    Tim pabrikan katanya dulu pekerjakan 5 ahli khusus menangani elektronik aja. Skrng ECU/sofware dg versi yg sama diharapkan ngk membuat gap sperti sebelumnya, Sperti motor WSBK dg racikan elektronik mirip satu sama lain. Meskipun masih dimungkinkan bagi programmer tim memeras sofware utk mendokrak performa lgi.

    Fast riders pastinya akan tetap didepan, tapi sisa rombongan akan jdi tdk jauh jaraknya dibelakang.

    Rivalitas terlihat Vinales punya cukup amunisi menghadapi Marquez, tpi Rossi bisa jdi akan menysup memanfaatkan keadaan. Semoga mengasikkan dan banyk kejutan.

  • klo disebelah dibahas motogp ada tulisan “Honda always the hardest way”, padahal Suzuki sendiri gnt dr V4 ke Inline basic 2009 yg output powernya cuma 160hp.

    wkwkwkwkwk

    fanboi Honda nya kliatan banget. Piaraan Honda

Tinggalkan Balasan