Advertisements
Yamaha NVX 125 Vietnam

Nih 13 Fakta Menarik Yamaha NVX 125, “The Real” Aerox 125cc!

Dalam sekejap, Yamaha NVX 125 sukses membuat Aerox 125 yang beberapa waktu lalu dijual di Indonesia jadi terasa nggak berguna… Lebih dari itu, sosoknya juga (sangat) layak diproyeksikan sebagai kompetitor skuter matik 125cc terlaris, Honda Vario 125 eSP. So, apa sih yang spesial dari NVX 125??

 

Setelah Honda Vario 150 yang seakan dipaksa kembali ke team RnD pasca kehadiran Aerox 155 VVA… Kali ini giliran Honda Vario 125 eSP yang bakal ketar-ketir menantikan kehadiran calon pesaingnya di Indonesia: Yamaha NVX 125! Motor yang baru-baru ini diperkenalkan di Vietnam tersebut benar-benar membuat fans skuter matik di tanah air kehilangan kesabaran – berharap sosoknya segera diperkenalkan oleh PT YIMM. Pertanyaanya: Apa saja yang membuat “The Real” Yamaha Aerox 125 ini begitu spesial? Well, yuk kita jawab satu-persatu…!

 

Yamaha NVX 125 Vietnam

 

Desain ala Aerox 155: Yamaha NVX 125 mengusung desain dan detail yang identik dengan NVX 155 (Aerox 155 di Indonesia) yang sporty, gambot, dan futuristik – which is a good thing… Karena pada dasarnya, sektor tampilan adalah salah satu yang jadi keunggulan dari Aerox 155 di Indonesia.

 

Yamaha NVX 125 Speedometer

 

Speedometer Full-Digital: Nggak cuma menjadi skutik (standar) 125cc pertama yang mengaplikasikan speedometer full-digital di Indonesia… Tapi di dalam LCD 5,8 inch milik Yamaha NVX 125, Brosist juga bisa menemukan berbagai indikator yang cukup komplit, seperti Indikator Kecepatan, VVA, Battery (Aki), Average Konsumsi BBM, Fuel meter, Odometer, Tripmeter, dan Jam Digital. Satu hal yang disayangkan speedometer ini belum punya fitur untuk install aplikasi Bigo Live, hahahaa…

 

 

Double Shock Absorber: Kangen kestabilan suspensi belakang ganda di skutik standar, sepeninggal Skywave-series milik Suzuki? Tenang, Brosist bakal menemukannya kembali di sosok Yamaha NVX 125 yang sudah mengaplikasi dual shock absorber ala Maxi-scoot papan atas.

 

Kaki-Kaki Gambot: Bukan cuma suspensi belakang ganda, sama seperti Aerox 155, Yamaha NVX 125 juga sudah dibekali dengan ukuran kaki-kaki super gambot dikelasnya… Kalau biasanya kita menemui ukuran ban maksimal 90/80 atau 100/80 di skuter matik 125cc, maka yang satu ini jauh-uh-uh lebih gambot dengan kombinasi karet bundar berukuran 100/80 (depan) & 140/70 (belakang) – dengan diameter velg 14 inci ala skutik standar.

 

Yamaha NVX 125 Socket Charger

 

Socket Charger: Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf awal tadi, fitur di Yamaha NVX 125 pun nggak kalah mentereng dibanding spesifikasi teknisnya… Yup, kalau Honda Vario 125 eSP disebut-sebut sebagai skutik 125cc paling kaya fitur, maka Yamaha NVX 125 bahkan bisa jauh lebih mewah lagi tuh Brosist! Salah satunya adalah socket charger gadget/smartphone – yang biasanya hanya ditemui di maxi-scoot dengan banderol diatas Rp. 20 jutaan.

 

Yamaha NVX 125 Bagasi

 

Bagasi 25 Liter: Berapa kapasitas bagasi milik Honda Vario 125 eSP? Muat apa sajakah dengan kapasitas bagasi tersebut? Ukurannya adalah 18 Liter tuh Brosist, dan kita bisa menyimpan helm half face ataupun full-face di dalam bagasinya… Coba tebak berapa ukuran bagasi milik Yamaha NVX 125? Yup, ukurannya 25 Liter, atau sekitar 40% lebih luas ketimbang milik Vario 125 eSP! Wuih, mantap deh buat simpan barang-barang selama perjalanan riding.

 

Yamaha NVX 125 Smart Key System

 

Smart Key System: Hal spesial lainnya yang terdapat pada Yamaha NVX 125 adalah keberadaan Smart Key System (SKS), dengan fungsi yang mirip Keyless Ignition ala Suzuki GSX-R150. Di Aerox 155 Indonesia, fitur ini bahkan hanya tersedia untuk varian tertinggi (S-version) lho Brosist! Setelah mencoba langsung, EA’s Blog sangat menyukai keberadaan fitur ini di GSX-R150 milik Suzuki. Dan yang lebih kerennya lagi selain lebih canggih karena tak perlu lagi mengandalkan anak kunci, yang satu ini juga telah dibekali dengan Immobilizer anti maling & Answer Back System juga tuh!

 

Yamaha NVX 125 Start Stop System

 

Start Stop System: Sesuai namanya, fitur terbaru yang satu ini punya tugas untuk mematikan mesin, kemudian menghidupkan kembali secara otomatis saat throttle kembali dibuka… Bukan hal yang baru sih, karena calon pesaingnya (Vario 125 eSP) juga sudah menggunakan teknologi ini sejak 3 tahun yang lalu! Prinsip kerjanya pun juga masih mirip-mirip Idling Stop System (ISS) di skutik Honda. Untuk apa fungsinya Kang Eno? Well, Yamaha mengklaim fungsinya adalah menghemat konsumsi bensin Yamaha NVX 125.

 

Yamaha NVX 125 Engine

 

Mesin 125cc Terbaru: Selain sektor desain & fitur, area permesinan juga menjadi improvement selanjutnya yang bisa kita temui di Yamaha NVX 125. Meskipun masih sama-sama 125cc, tapi mesin yang digunakan skutik Vietnam ini bukan asal mesin 125cc biasa… Yup! NVX 125 mengusung basis mesin yang identik dengan NMAX 125 di Eropa lho Brosist. Yang berarti satu step lebih baik ketimbang Vario 125 eSP, dan miles better dibanding generasi mesin Aerox 125 lawas.

 

Variable Valve Actuation (VVA): Beda dengan skutik 150cc – pada mesin skutik 125cc standar setidaknya ada 2 variabel yang bisa dipilih oleh masing-masing pabrikan… Pertama, untuk mengejar akselerasi lebih baik di RPM rendah, dengan mengorbankan speed maksimum (seperti yang kita temui di mesin Xeon-series)… Dan kedua, untuk mengejar performa yang maknyus di RPM tinggi, namun sedikit mengorbankan akselerasi (seperti yang dilakukan Honda di Vario 125 eSP).

 

 

Bagaimana jika ingin skutik 125 berkarakter mesin keduanya? Yes! Jawaban bakal kita temui di Yamaha NVX 125 yang sudah mengusung teknologi Variable Valve Actuation… Yang bakal membantu akselerasi di RPM rendah, namun tetap mempertahankan power mumpuni di kitiran RPM tinggi. Ajibb…!

 

 

Blue Core: Berbeda dengan Aerox 125 yang mendapat cibiran karena belum mendapatkan gelar skutik Yamaha Blue Core, dan masih menggunakan YMJet FI lawas yang notabene sudah “dibuang” pabrikan garputala… Yamaha NVX 125 sudah komplit mendapatkan fitur mesin terbaru seperti VVA, DiAsil Cylinder & Blue Core.

 

Power 12 HP: Yup, Berkat mesin 125cc terbaru, Variable Valve Actuation (VVA) & Blue Core – Mesin Yamaha NVX 125 diklaim sudah mampu memuntahkan power maksimum hingga 11,8 HP lho Brosist…! Itu artinya power NVX 125 lebih besar ketimbang skuter matik 125cc unggulan dikelasnya, Vario 125 eSP (11,1 HP). Bahkan juga jauh lebih besar ketimbang Aerox 125 yang hanya mampu memuntahkan tenaga maksimum 11,2 HP saja… Dan thanks to VVA, delivery power tadi bakal terasa lebih nendang dari low-mid-high RPM.

 

Yamaha NVX 125 vs Aerox 125

Yamaha NVX 125 vs Aerox 125 – Kerenan mana Brosist??

 

WOW Effect: Dan hal yang paling menarik dari Yamaha NVX 125 adalah kemungkinannya jika diproduksi lokal oleh Yamaha Indonesia (YIMM). Karena seperti yang kita ketahui bersama, PT YIMM nggak hanya mampu memproduksi Aerox 155 secara mandiri… Bahkan mereka juga menjadi basis produksi NMAX 125 untuk pasar Eropa – dimana basis mesinnya kini digunakan oleh NVX 125! Nah, kurang apalagi coba…?

Dan yang lebih menariknya lagi, jika menilik harga Aerox 155 (varian terendah) yang kini dijual seharga Rp. 21,85 jutaan – maka bukan menutup kemungkinan kalau nantinya harga Yamaha NVX 125 bakal berada di rentang harga Rp. 19-20 jutaan (dengan penyesuaian fitur)… Which is head2head langsung dengan Vario 125 eSP! Dan satu hal yang jelas, NVX 125, atau Aerox 125, atau apalah namanya nanti, jelas bakal Kickin’ the As*s Vario 125!

 

 

Langsung kepincut Yamaha NVX 125 setelah membaca artikel EA’s Blog kali ini… Well, langsung aja pantengin blog bocoran info terbaru soal Yamaha, dan ikuti terus perkembangannya ya Brosist. Jangan sampai konsep skutik 125cc yang sangat menjanjikan ini dirusak oleh kekonyolan oknum Yamaha… You-know-who.

 

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

23 comments

  • Dimdim

    Rip Vixion juga kang.. wkwk kalo ada rejeki pengen beliin buat bini

  • Ananda Bilal

    Anjrit kang, setelah Vario 150 digiring ke Honda R&D, kini (calon) korban perang selanjutnya Vario 125

    Sepertinya Honda mau ngamau musti masang i-VTEC (intelegent Variable Valve Timing & Lift Electronic Control) biar Vario-Series bisa “ngebunuh” bahkan saudara sepabrikannya sendiri, juga biar pabrikan lain termotivasi akan kegilaan Honda Reborn kang

    V-TEC Kicked In Yo!

    Ngoahahahahaha 😀 😀

    (Dan terimakasih banyak kang, pertanyaan ane tentang NVX terjawab kumplit, malah dikasih bonusnya seartikel hehehehe)

    • Bedjo

      V-Tec bknnya pny HPM(honda prospect motor bkn 1 groups dgn AHM) kyknya g bs diambil tekhnologinya…

      • eSTeh 12

        Hmm, bukannya HPM & AHM cuma sekedar agen pemegang merek aja ya? Jd yg jd kekuasaan mereka y cm merek honda aja. Teknologinya ya tetep punya honda, terserah honda mau dipakein ke motor/mobilnya. Cmiiw bro

  • joni

    Aerox 125 masa baktinya 10bln, sudah disuntik mati ini mah sinyal bakal keluar aerox125 sebenarnya kang smoga,,, saya punya cerita ttg teman saya yang berani memilih sepeda motor yang gak umum dibeli namanya bang romih beliau orang ulujami Bintaro, beliau berhasil membeli sepeda motor langka bajaj-kawasaki P200NS dan Yamaha Aerox 125, berani tampil beda dan pendirian yang kuat benar-benar lelaki yang extaordinary dan out of the box saluuttt

  • Ojik

    Kalo diperhatiin lama” jadi pengen ya. Dilema ntr antara beli matic lagi apa mau ke bebek super

    • Free_rider

      Ane udah punya mxking d rumah,, power ga usah diragukan.. Cuman skrg lebih realistis aja, kalo pas bawa anak istri, ribetnya bawa motor koplingan itu bikin susah….
      Kalo ngejangkau aerox 155, duit ya ga nutut,,,, kalo nvx125 harganya terjangkau, ane lego mxking d rumah

  • octha

    nice artikel kang
    kang tolong buatkan artikel tentang klasifikasi SIM berdasarkan kapasitas silinder motor dong ,,biar pada ngerti nih tentang peraturan baru SIM
    thanks before

  • Marto

    Saya sudah punya yang Aerox155 S-version setiap malam ga bisa tidur tenang selalu lihatin motor baru kesayangan hahahaha…

  • Dream

    Ini nvx bore down apa stroke down kaya gsxr125 kang eno?

  • sastro

    You know who ?? Lord voldemort,
    wkwkwkwkwkwk

  • amlbuton

    Dek ga rata yah kang?
    Ga bisa ngangkut galon dong

  • senthewere

    You know lah ya

  • hiswell

    Nunggu force 125 dah kalo dirilis dimarih.
    Dek rata saingan var 125

  • Free_rider

    Brarti aerox 125 lama bakalan disuntik mati, trus digantikan nvx125 ini ya kang eno? Ga ngrecokin pasarnya aerox155 kah?

    Kalo iya yimm mw ngeluarin nvx, saya jual mxking di rumah kang…. Smentara pake soulgt punya adek dulu….

  • B460NG

    Saran buat AHM…. mendingan make Model Maxi Scooter ADV, buat next model Vario 150/125 thx

  • Mocin_Lovers

    Daripada NVX (Aerox) 125, mendingan masukin Force 155 yg ada di Taiwan, trus downbore jadi 125 buat ngisi market skutik 125 plus sebagai diferensiasi produk. Jangan kayak Honda Vario yg plek design sama beda cc doang.

  • eSTeh 12

    Bener juga kata yg di atas (kayak apaan aja kata yg di atas ) kalo selain nvx 125 jg ada force (yg bukan bebek) dengan kapasitas silinder yg sama. Kansnya gimana tuh si force matik, kang eno? Dan perbandingannya dgn nvx 125 maupun (discontinued) aerox 125.

  • Poho deui

    Masalah nya cuman satu….
    Berani ngak yamaha indonesia mengeluarkan Aerox125 …?

    Temen saya ngak berani nyemplung ….yah diledekin ” sdh saja pakai rok mini”
    Padahal aerox dan rok, ngak ada hubungannya yah…

Tinggalkan Balasan