Advertisements
Kekurangan Yamaha New Vixion Facelift

Apa Yang Salah Dari Yamaha New Vixion Facelift?

Banyak perdebatan soal desain Yamaha New Vixion Facelift hingga menimbulkan pro-kontra… Tapi menurut EA’s Blog, kekurangan sang “Raja Sport Indonesia” ini jauh-uh-uh lebih kompleks dari sekadar tampilan.

 

Dalam kurun waktu setahun terakhir, Yamaha merilis 2 sosok sport 150cc yang sangat potensial, yakni Xabre & All-New R15… So, bisa Brosist bayangkan apa yang bakal dilakukan pabrikan garputala untuk produk andalan, the most succesful 150cc ever miliknya, Yamaha New Vixion Facelift 2017? Ekspektasi yang cukup tinggi tentunya amat-sangat wajar… Apalagi jika mengingat apa yang telah dilakukan generasi Vixion-series sebelumnya: Membuat kompetitor kehilangan value – kicking CB150R’s as*s!!

 

Tapi ketika sosok spyshotnya tersebar di sosial media beberapa hari lalu, perdebatan mulai muncul. Ada yang membenci, tapi ada juga yang membela habis-habisan… Bagaimana tanggapan EA’s Blog? Menurut saya, mereka yang bilang sosoknya bagus punya 3 kemungkinan: Entah itu fansboy, takut kehilangan simpati Yamaha, atau kasus yang paling parah adalah oknum bayaran Honda. Karena menurut EA’s Blog, ada sesuatu yang salah dari Yamaha New Vixion Facelift 2017 – bukan cuma dari desain, tapi dari konsep keseluruhan, serta cara Yamaha berfikir.

 

Kekurangan Yamaha New Vixion Facelift

 

Pertama, mari kita bicara soal tampilan… Jika Byson FI desainnya mengarah ke muscle-bike ala India, Xabre nampak intimidating bak motor berpower 1 juta HP, serta All-New R15 yang sporty-as-hell… Kemudian, yang jadi pertanyaan: Kemana arah desain Yamaha New Vixion Facelift? Elegan?? Mungkin itu jawaban paling logis, namun (in fact) justru berseberangan dengan konsep motor Yamaha selama ini yang cenderung sporty… To be honest, bahkan Aerox 155 yang notabene bergenre skutik dan berpower jauh lebih rendah pun terlihat lebih sporty!

Mungkin karena belum ditambah striping kali Kang Eno?? Ibarat cewek baru bangun tidur vs yang udah make-up gitu deh… Mungkin nantinya jadi kelihatan bagus kang. Oh really? Untuk sebuah komentar “pembelaan”, bukankah kalimat tadi justru membuktikan betapa bobroknya desain Yamaha New Vixion Facelift?

 

 

Tapi karena soal desain ini sifatnya tergantung selera, so mau setuju atau nggak, itu bukan masalah… Karena seperti yang dijelaskan di awal tadi, kesalahan terbesar motor ini bukan soal desainnya koq!

 

New Vixion Facelift 2017 2

 

Kedua, dari apa yang bisa EA’s Blog analisa dari spyshot Yamaha New Vixion Facelift, adalah nggak ada sesuatu yang “spesial” di generasi penerus Vixion-series ini… Kalau dulu Vixion edisi awal mampu membuat usernya berbangga hati sambil memamerkan frame twinspar + mesin LC4V ke pengguna MegaPro & Pulsar-series… Kemudian user generasi New Vixion Lightning bisa menyombongkan Kaki-kaki gambot + Tampilan ‘big bike look’ ke pengguna (Old) CB150R…

Sekarang, coba sebutkan apa yang bisa dipamerkan user New Vixion Facelift ke pengguna New CB150R Streetfire? Yup, nothing… nothing at all! Endingnya, mereka berdua sadar saat ini jadi korban perkembangan industri Roda 2 Indonesia, dan akhirnya hidup bahagia bersama-sama – sambil menunggang Yamaha NMAX.

 

Kekurangan Yamaha New Vixion Facelift

 

Ketiga, karena Yamaha New Vixion Facelift sejatinya adalah volume maker di line-up pabrikan garputala… All-New Yamaha R15 bukan sosok motor yang mampu dijual 10-20 ribu unit perbulannya, apalagi Xabre & Byson FI yang seakan jadi ‘anak tiri’. Apa yang sanggup membuat Yamaha bertahan ditengah ganasnya persaingan sport 150cc adalah Vixion-series, Sang Raja Sport Indonesia – yang sedihnya, saat ini kondisinya sedang terseok-seok melawan counter attack dari New CB150R… Jika melihat generasi penerusnya yang seperti ini, entahlah bagaimana nasib segmen sport Yamaha kedepannya.

 

 

Keempat, karena Yamaha New Vixion Facelift nampak sangat meragukan untuk kembali menjadi raja sport Yamaha yang laris-manis puluhan ribu unit perbulannya… So, jangan heran kalau nantinya segmen sport Honda bakal makin menggila secara market share. Dan seandainya hal tersebut terjadi, maka bersiaplah memasuki era stagnansi perkembangan motor sport di Indonesia… Inilah alasan EA’s Blog menyebut sosok Vixion-series sebagai “Inspiring Bike” di Indonesia.

 

Kelima dan sekaligus yang pamungkasnya, adalah karena merknya, Yamaha.

 

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Loading...

 

Advertisements

35 comments

  • RFP

    Bener banget kang nothing special kalo dibandingin sama all new cb150r

  • RFP

    Waaah pertamax nih

  • uterus bermata

    well, kalo menurut ane sih, bisa jadi “render image” yg dibikin creator via Photoshop itu memberikan harapan palsu, ane salah satu korban php render versys 250, trus ane mikir “render itu kan imajinasi bebas si creator, bukan yg dibuat berdasarkan patent” setelah itulah ane gak pernah nanggepin berita dari gambar Photoshop

    • enoanderson

      No, saya pikir Yamaha yang terlalu rendah kasih realita… Karena saya nggak pernah lihat renderannya New Vixion sih, wkwkwkwk

  • Cuwawaw

    R.I.P Yamaha

  • dika davis

    Keenam, bisa jadi ini taktik baru yamaha buat nipu honda dan pihak2 lainnya. Ntar taunya pas vixion yg baru keluar beneran, modelnya beda jauh ama spyshotnya..wkkwkwkw

    Btw kyknya mx king baru pake 155cc vva keren jg ya..bisa ganyang satria ma supra gtr noh.

    • enoanderson

      Wkwkwk, i hope so kang.. Buat MX King sepertinya menjanjikan tuh, kasih power 18 HP plus masih 5-speed kebayang deh, wkwkwk

      • Banteng bodas

        Dulusih waktu new r1 lg test di nurburgring jg pake body r6, cuma kalo ini, kayanya udh fix bodynya begitu soalnya dulu r1 nyomot common part dari r6, lah ini nyomot apaan? Udh kaya ncb jogres ama pulsar terus diseblok air keras, mungkin yamaha lelah kang, yah tapi biar kata udh kang eno sebut diatas, mungkin kalo udh nemplok striping bisa jadi gantengan sekedik, wkkwkwk

    • Pajak

      supra gtr tu motor apa yah? kok ga pernah liat

  • Nur Kholik Sy

    Tapi Dari SpyShoot terlihat kalo Mesin gak Berubah Kang Eno

  • topman

    “yang sedihnya, saat ini kondisinya sedang terseok-seok melawan counter attack dari New CB150R…” sebenernya yg terseok2 adalah ncb buat menjungkalkan nva, tapi skrg yamaha sendiri yg bikin jalan mudah

    btw yg bikin sy ragu spyshoot itu adalah spt facelift, tidak ada yg baru selain bodi… apakah mesin baru 155cc vva tidak membutuhkan knalpot baru?

    • enoanderson

      Harusnya memang CB150R yang terseok-seok, soalnya NVA belum update minor facelift pun masih bisa imbangin… Tapi sekarang?

  • GAMELOFT'BLOG

    Mnrt gue market sport naked 150cc ,cenderung turun,dan trus turun.faktanya,vixion dulu bisa kejual 30-40ribu/bln.bandingkan skrg gabungan vixi&cb g smp 25ribu..
    Bosan mgkin,skrg bralih ke matic lebih nyaman…

  • dden

    Intina mah goreng weh eta, rek alesan can dibajuan atawa geus dibajuan, ari asalna goreng mah da goreng atuh Wa,,
    Justru kuduna leuwih alus lamun teu dibajuan oge geus mencrang,,, naha ari ieu mah hmmmm teuing ah
    Hehe

  • mending turunan GSX-R150 ke GSX-S150 daripada turunan R15 ke Vixion…. mudah-mudahan nanti justru R15 nggak menurun ke Vixion, tapi ke MT15, secara model ini blum pernah lahir

    • Pajak

      ga mungkin nongil sih MT15. mau di taruh dimana tu kelasnya… kecuali matiin vixi (vixi baru ini gatot, trus jualan seret, dimatiin yamaha, baru tongolin MT15)

  • Persaingan apapun kelak akan menghasilkan satu titik jenuh……..dimana jika salah satu rival sudah ngos ngosan, sang juara pun sudah kurang semangat…….

  • king

    tapi tipe naked bike pasarnya mulai menurun dari tahun ke tahun, apalagi setelah muncul NMAX, dan sekarang Aerox 155, dan sepertinya Yamaha cuma menjadikan Vixion sebagai “pelengkap”

  • sue

    ada apa dgn merk yamaha kang?
    sedih bgt paragraf terakhir seolah2 yamaha itu berada di planet pluto yg susah bgt mau sampe ke bumi

  • Hehe

    Saya malah menunggu2 M-Slaz atau Xabre yang baru. Pake VVA dan torsi yang gede gitu biar pantas menyandang nama MT-15. Jadi gak cuman gak menang gaya, tapi menang akselerasi.

    • dan

      Tunggu aja ampe jenggotan, tunggu byson pake vva sekalian pas brojo beneran belinya matic wkwk
      Dasar ilmu tungga tunggu

  • eko.nofrianto

    yang mau dipamerin adalah logo nike nya mang,

    hahahaha
    tapi bener mang, waktu dulu pertama kali ane liat vixion keluar yg headlamp bulet, ampun itu motor ganteng banget, facelift yang pertama yg ubah headlamp…astaga makin ganteng aja… kluar NVL, gilee ini motor dari planet mana bisa ganteng maksimal bentuknya, apalagi tangkinya ouch, kluar NVA masih oke lah revisi headlamp,

    klo yang sekarang NVN (New Vixion Nike) ? entah lah mang, udah mentok banget kayaknya disainernya, apalagi klo liat headlamp’nya, shroud nya sih gak usah diomongin lagi deh

  • joni

    Harakiri buat kang Eno, #ehh buat vixion

  • Dimdim

    Mungkin Yamaha berpikir fans vixi ini udah pada bapak2.. jd di desain sedemikian rupa hingga jadilah “NMP” versi yamaha

  • saya sangat setuju adalah alasan ke 5
    karena mereknya Ya… Maha

    tambahin alasan ke 6
    DPnya ga semurah Jonda

    ke 7
    ini cuman decoy

  • becak

    Sudah saatnya sang raja turun tahta kang, memang desain new vixion 2017 gak ada yg spesial sama sekali ,mungkin hanya mesin nya aja yg kena upgrade, ane malah nunggu gebrakan sijuki utk gsx-s tinggal revisi bagian bocenger n headlamp, ini motor punya potensi yg besar utk jadi kuda hitam di klas 150cc..

  • robby

    saya akui desain ini bener jelek deh,,, masih jauh lebih manis old scorpio 2001 milik keponakan saya…..

  • Aurel herimansyah

    Dah fby terima ajalah, dulu nvl ganti nva gak ganti model protes, sekarang dikasih model shroud panjang kayak pedang protes lagi, maunya apa sih? Gak terima ya tinggal beli aja tuh gsx s murah mantab, kalo gak malu ya beli tuh cebong150er biar jadi ephbeha.

  • fby

    jian lgsng ingat honda liat desain all new vixy. jelek puoll……..mending r15v3 ditelanjangi msh lbh bagus. desain bokong masih kalah macho sm mx king, dr samping msh jg berotot mx king, dr depan…wes mboh lah. parah poll. ya itu repotnya kebanyakan sport naked 150cc, bingung (mt15, xabre,vixy). jikalau si kriting (bakuon!!) liat, virus suzukiphilianya bisa kumat.

  • gus

    dan masih ngeyel dengan sohc + 5 speed. pake vva memang jadi joss, cuman tetep aja kopong itu area mesin.

    su*uki sudah merasakan pahitnya efek desain nyeleneh dan lambat membaca selera pasar

Tinggalkan Balasan