Advertisements
New Vixion Facelift 2017

Yamaha New Vixion Facelift 2017, Ekspektasi & Realita!

Jelang kehadiran Yamaha New Vixion Facelift 2017 sesaat lagi… Apa yang bisa kita analisa dari sport 150cc penerus kejayaan Vixion-series satu ini? Does it any good…?

 

Yamaha Vixion-series tak perlu diragukan lagi adalah sosok yang paling berpengaruh dalam perkembangan sport 150cc di Indonesia. Nama “Vixion” tak hanya sebuah kesuksesan besar bagi Yamaha, tapi juga inspirasi bagi produsen lain untuk mengembangkan produknya masing-masing. Setiap perubahan dan perkembangan teknis yang ada di motor naked satu ini, pasti langsung jadi pertimbangan untuk diterapkan di kompetitornya… What an inspiring bike!

Dan di tahun ini, spesial untuk para fans Vixion diluar sana, bersiaplah… Karena Yamaha sedang mempersiapkan versi terbarunya: New Yamaha Vixion Facelift 2017…! Pertanyaannya: Does it any good? Apakah New Vixion Facelift 2017 memenuhi semua ekspektasi sebelumnya…?

 

 

Desain & Detail

 

 

New Vixion Facelift 2017

 

Ekspektasi: Hanya ada satu motor yang mampu menjadi benchmark bagi New Vixion Facelift 2017, yakni Yamaha Xabre! Lho, kenapa bukan CB150R Streetfire atau GSX-S150 yang jadi kompetitornya Kang Eno? Nope…! Karena yang saya ingat selama ini, setiap gebrakan yang dilakukan Vixion-series selalu berada 1 langkah di depan kompetitornya… Dan sosok Xabre yang masuk nominasi Best Bike 2016 ala EA’s Blog cocok jadi standar kedepannya – apalagi untuk sektor detail seperti Suspensi upside down, Velg Y-Spoke, serta Swingarm Alumunium.

Jadi yang kita harapkan disini adalah sosok Xabre yang sisi handlingnya dibagusin, bukan Byson FI yang style-nya dikerenin… Setuju?

 

Sementara untuk sektor desain, tentu EA’s Blog berharap karakter tampilan New Vixion Facelift 2017 nantinya bisa lebih “bersahabat” dibanding Xabre ataupun All-New R15… Maksudnya, sisi tampilannya tak terlalu mengintimidasi, mudah disukai, everlasting, tapi tetap keren dilihat!

Ada Brosist yang berharap desainnya bak All-New Yamaha R15 yang “ditelanjangi” ?? Mungkin keren… Tapi secara konsep, sebagai seorang pecinta Naked-Bike, pastinya bakal banyak celah yang bisa saya bully disana, wkwkwk…

 

 

Realita: Melihat dari bocoran spyshot New Vixion Facelift 2017 yang belakangan ini menghiasi blog tanah air, satu hal yang bisa kita ambil kesimpulan adalah: Jangan terlalu berharap lebih. Meskipun nampak sudah dibekali lampu LED & Speedometer full digital – tapi Suspensi upside down, Swingarm alumunium, serta Velg Y-Spoke nampaknya masih sebatas angan-angan.

Begitupun soal desainnya, meskipun masih terkesan terlalu prematur karena belum banyak foto detailnya, tapi kesimpulan awal EA’s Blog sosoknya malah nampak biasa aja… Nothing special – tak seistimewa kehadiran Vixion perdana tahun 2007 silam, ataupun saat booming New Vixion Lightning medio 2013 lalu. Tapi tenang, saya siap ubah kalimat ini koq… Dengan catatan, kalau memang desainnya dirubah!

 

 

Mesin

 

 

New Vixion Facelift 2017 Engine

155cc, SOHC 4-Valve with VVA Engine

 

Ekspektasi: Thanks untuk All-New Yamaha R15, harapan kita tentunya New Vixion Facelift 2017 bakal dibekali mesin 155cc, SOHC 4-Valve, Fuel Injected, with Variable Valve Actuation (VVA), plus fitur canggih seperti Assist-Slipper Clutch… Apalagi kalau powernya bisa setara sportbike 150cc tersebut: 19,1 HP plus topspeed 148 Km/h lebih – yang artinya bakal menjadi Naked –Bike 150cc paling powerfull saat ini.

 

 

New Vixion Facelift 2017 Engine

Assist-Slipper Clutch

 

Realita: Dibekali dengan power hingga 19,1 HP tentu adalah sebuah hal amat-sangat fantastis! Tapi dibalik itu semua, EA’s Blog punya pertanyaan untuk Brosist sekalian: Perlukah power sebesar itu digunakan di motor naked harian? Jawabannya perlu dan harus, pastinya…! Tapi kalau mau membuka mata lebih luas, yang lebih dibutuhkan motor laiknya New Vixion Facelift 2017 adalah mesin dengan daya tahan tinggi, plus perbaikan kekurangan mesin sebelumnya seperti haus oli & gejala ngelitik.

So, rasanya bakal sangat masuk akal kalau power Yamaha New Vixion Facelift 2017 nantinya diset sedikit dibawah All-New R15… Dan EA’s Blog bakal apresiasi jika pabrikan garputala melakukan hal tersebut. Yang terpenting, generasi Vixion terbaru ini nggak boleh ketinggalan mesin terbaru yang (kelihatannya) menjanjikan, seperti yang digunakan All-New R15. Apalagi kalau ditambah Assist-Slipper Clutch, 2 jempol…!

 

 

Harga

 

 

New Vixion Facelift 2017

 

Ekspektasi: Seperti artikel Ekspektasi vs Realita lainnya yang sudah saya tulis sebelumnya… Yang pasti, kita sebagai konsumen selalu ingin ubahan yang sebagus-bagusnya di generasi terbaru New Vixion Facelift 2017, tapi tidak dibarengi dengan kenaikan harga yang signifikan. Saat ini, banderol New Vixion Advance diset diharga Rp. 25.6 jutaan (OTR Jakarta), so kita harapkan nanti harganya tak lebih dari 26 jutaan saja… Setuju?

 

 

Realita: Jika melihat ubahan detail New Vixion Facelift 2017 yang tak semewah Xabre, maka kita berhak mengharap harganya nanti tak terlalu naik signifikan ketimbang edisi yang dijual saat ini… Karena menurut EA’s Blog, jika generasi Vixion terbaru (yang minim part eksotis) tersebut dijual dengan harga yang lebih tinggi dari pesaing abadinya, New CB150R Streetfire (Rp. 25,9 – 27,2 jutaan) – Maka hal tersebut bakal jadi blunder yang sangat besar bagi pabrikan garputala.

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Loading...

 

Advertisements

13 comments

  • dut

    Kalo menurut ane desain vixion itu simple & compact, tajam ala yamaha, pas liat spyshoot kok kayanya kurang memuaskan yah lebih demen NVA (selera) wkwk 😀 semoga mesinnya tak mengecewakan 😀

  • Ojik

    Menurut ane mesin sama tapi minus di assist&slipper clutchnya demi menekan harga.

  • no name

    minta fitur kayak Xabre/All new R15 tapi harga tidak naik signifikan dari yg sekarang? Are you kidding me kang Eno?

  • ruri

    kita lihat saja nanti….
    bersambung…..

  • shiro

    Vixion kan masuk clan FZ jadi jangan terlalu berharap lagh,kecuali kalo udah dikasih Visor pelangi harganya bisa mlejit 😆

  • Dimdim

    Soal desain IMHO NVA masih sedap dipandang, terbukti cukup di pasang middle cowl,cover headlamp+ cutting sticker di parkiran/ lampu merah masih banyak yg ngelirik.. wkwk
    Cuma spakbor belakang mending dibikin lebih sporty, yg sekarang mah udah lebar masih nyiprat sampe punggung pula..gak fungsi!
    Terus Knalpotnya di chrome.. tampilan josslah!

    Buat fitur Speedo saya lebih suka analog-digital, karena lebih jelas lihat Takometer manual.. untuk digital tambahin gear potition, sama jam

    Nah kalo soal mesin/ performa saya gak butuh Assy sliper,vva bla bla bla.. dohc powerfull laiknya gsx udah cukup, titik! (Walau saat ini gak mungkin). Rela banget harga naik buat develop mesin drpd fitur2 lebay di 150cc.

    Harapan saya Vixion jadi ‘pure’ naked 150cc..

    FYI: Alhamdulillah nva saya gak haus oli kang,

  • Somplak

    Yg jadi masalah yamaha tuh harga…dipasang material yahuud mau dijual berapa…kalo harga diatas cb ya wasalam..mesin sohc kok lebih mahal dari dohc

  • saitama gundul

    ngelihat spyshootnya kok bikin ragu desainnya bakal cakep seperti pendahulunya.
    semoga aja desainnya diubah, malah lebih bagus nva menurut saya

  • Arifindiesel

    Masalah desain memang berbeda setiap orang, hanya saja menurut saya ini bukan vixion/vision, yang melihat kedepan, ini sebuah stagnan atau bahkan kemunduran. Dari posisi kunci pindah ke segitiga atas, warna stang menghitam, footstep belakang dari jaman old vixion masih dipertahankan.
    Selain itu Apakah headlamp LED membatasi desain, sehingga setiap motor desainnya mirip-mirip 2 cluster di atas lampu dekat dan 1 cluster di bawah adalah lampu jauh. #inibukanvision

  • Pas liat spyshot buritan and headlampnya emang kurang gimana gituu.. gak ada efek wow.. tapi setelah beredar spyshot samping,, ternyata lumayan ada efek Wow juga,, IMHO..

    https://cuaprider.wordpress.com/2017/02/25/hot-akhirnya-penampakan-body-samping-yamaha-new-vixion-2017-keren/

  • dazz

    Ga separah caci maki waktu spisut NVL pertama nongol.. 😀

  • one

    Kang law liat spyshot yg beredar kok headlampnya brasa verza ya…

Tinggalkan Balasan